Wednesday, March 16, 2016

8 Cara Ampuh Mencegah Dan Mengobati Kutu Air Dengan Cepat

Cara Mengatasi Kutu Air Secara Alami


Selain panu dan jerawat, masalah kulit yang juga sering dialami manusia adalah kutu air.

Kutu air adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yan memicu terjadinya infeksi. Namun bukan hanya jamur, kutu air juga dapat disebabkan oleh kulit sensitive yang sering terkena air atau kondisi yang lembab serta air yang kotor. Kutu air biasanya muncul dibagian kaki atau di sela–sela jari kaki. Jika seseorang terserang kutu air, maka kulit kaki akan terasa gatal atau perih, membuat kita selalu ingin menggaruknya.
cara mengobati kutu air


Karena terlalu sering digaruk, kulit kaki akan mengelupas dan berdarah sehingga kulit kaki akan terlihat buruk. Jika  keadaan ini diabaikan, maka kulit kaki yang terkena kutu air akan mengeluarkan nanah dan bau yang tidak sedap yang akan membuat kita merasa jijik. Kondisi kaki yang mengalami kutu air tentu akan membuat kita jadi terganggu dalam beraktifitas. Selain membuat kulit kaki kita erasa perih jika terkena kaos kaki ataupun alas kaki lainnya, rasa gatal yang terus menerus juga akan membuat kita merasa tidak nyaman.

Penyebab Kutu Air

Kutu air tentunya disebabkan oleh jamur pembawa kutu air itu sendiri. Jamur kutu air mirip dengan jamur pembawa kurap, namun secara spesifik, ada beberapa penyebab kutu air yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Kurang menjaga kebersihan kaki
Kadang membersihkan kaki sering dianggap enteng. Namun tahukah Anda bahwa jamur sangat cepat berkembang diaerah yang lembab dan kotor

2. Kaos kaki dan sepatu
Jika Anda termasuk orang yang malas dengan kebersihan, maka mungkin faktor pembawa kutu air yang Anda miliki berasal kaos kaki kotor yang sudah terinfeksi oleh jamur.

3. Air kotor
Kebanyakan penderita kutu air adalah kaum perempuan terutama ibu-ibu yang aktif didapur. Aktivitas dapur yang disinyalir menimbulkan penyakit ini adalah cuci piring. Terkadang setelah mencuci piring, banyak yang mengabaikan kebersihan kakinya sehingga

Gejala Kutu Air

Sebelum mengatasi kutu air, ada baiknya jika kita ketahui dahulu tentang gejala atau tanda kutu air. Secara umum gejala kutu air adalah sebagai berikut:
  • Kuku kaki menjadi tebal dan beberapa kasus warna kuku berubah.
  • Kulit merah dan gatal
  • Pada kasus kutu air parah, kulit akan terasa perih, nyeri ketika terkena air
  • Untuk kutu air parah lainnya, bisa terjadi borok atau berkerak
  • Terjadi pengelupasan kulit pada sela-sela jari kaki
Gejala diatas merupakan gejala pada tiap kasus yang beda. Apabila terdapat salah satu ciri diatas, Anda harus mulai waspada, karena penyakit kutu air mungkin telah menjangkiti Anda.


Cara Mengobati Kutu Air Dengan Cepat


Setelah kita bahas tentang gejala dan penyebab kutu air, nah sekarang kita bahas tentang cara mengatasi kutu air tersebut. Agar kulit kaki terbebas dari kutu air, berikut adalah beberapa cara mengatasinya:

#Mengatasi kutu air dengan Salep Anti jamur
Gunakan salep khusus yang bisa dibeli di apotik untuk mengobati kutu air agar tidak semakin parah. Selama menggunakan salep. sebelum menggunakan salep ini, sangat disarankan untuk :
  • mencuci kaki terlebih dahulu kemudian 
  • lap kering kaki dan sela jari kaki
  • oleskan secara menyeluruh salep pada area kaki yang berjamur
  • lakukan pada malam hari sebelum tidur
Cara ini terbukti sangat efektif jika dilakukan malam hari. Ini karena aktivitas malam tidak sering bersetuhan dengan air

#Mengobati kutu air dengan pasta gigi 
untuk membuat kulit yang luka akibat kutu air menjadi cepat kering. Oleskan pasta gigi saat malam hari sebelum tidur. Lakukan cara ini setiap malam untuk mendapatkan hasil terbaik

#Obati kutu air dengan larutan garam
Untuk menngobati kutu air, bisa juga menggunakan air hangat yang ditambahkan sedikit garam. Campuran garam dan air hangat akan membunuh kuman dan jamur penyebab kutu air. Caranya adalah, gunakan air tersebut untuk merendam kaki anda selama kurang lebih 30 menit. Bisa dilakukan setiap malam sebelum tidur, atau pada saat belajar agar kaki terasa rileks dan tidak kaku

#Atasi kutu air dengan Teh
Untuk mengurangi rasa gatal pada kaki akibat kutu air, bisa juga dengan menggunakan teh. Teh yang digunakan adalah teh celup yang dicampur dengan air hangat. Air tersebut juga digunakan untuk merendam kaki. Kandungan asam tannic pada teh akan menghilangkan rasa gatal pada kaki

#Mengatasi kutu air dengan jeruk nipis. Jeruk nipis juga bisa mengobati kutu air dan tumit pecah–pecah. Pertama, cuci bersih kaki anda dengan menggunakan air hangat, lalu gosoklah kaki anda menggunakan jeruk nipis yang masih setengah matang. Lakukan terus selama seminggu berturut–turut.

Cara Mencegah Kutu Air

"Mencegah lebih baik daripada mengobati". Pepatah yang bisa kita gunakan juga untuk mencegah kutu air. Untuk mencegah kutu air, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

#Rajin mengganti dan mencuci sepatu serta kaos kaki.
Kaos kaki dan sepatu yang telah lembab dan kotor akan memunculkan jamur penyebab kutu air. Ka
Karena penyakit kutu air dapat menular dengan cepat, sebisa mungkin hindari bertukar alas kaki dengan penderita kutu air. Bertukar sepatu atau kaos kaki membuat penyebaran jamur penyebab kutu air jadi semakin cepat. kalaupun harus memakai kaos kaki dari orang lain, sebisa mungkin untuk memakai bedak anti jamur pada kaki Anda atau salep khusus sebelum memakai kaos kaki

#Gunakan sandal saat beraktivitas di dapur
Jika anda harus beraktivitas tempat yang lembab, seperti mencuci piring atau mencuci pakaian, jangan lupa menggunakan alas kaki untuk mencegah menempelnya jamur penyebab kutu air pada kaki Anda

#Cuci kaki dan brsihkan sela jari-jari kaki
Mencuci kaki buka hanya sekedar menyiram kemudian menggosoknya saja, namun harus memperhatikan setiap sela jari kaki dan menggosoknya. Disarankan untuk menggukan sabun ketika menggosok kaki. Jika kulit Anda termasuk kulit yang sangat sensitif dan mudah terkena kutu air, sebaiknya setelah mencuci kaki, keringkan segera kaki beserta sela jari-jarinya untuk menghindari tumbuhnya jamur karena lembab.

Semua cara diatas sudah dibuktikan khasiat serta manfaatnya. Namun jika terjadi kasus yang parah dan cara pengobatan diatas sudah mulai tidak efektif lagi, maka segeralah ke dokter specialis kulit untuk perawatan lebih intensif. 
Demikianlah artikel dari yutips.com kali ini tentang cara ampuh mengatasi kutu air. Semoga bermanfaat.