Monday, March 07, 2016

Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Obesitas Secara Cepat

Obesitas atau Adipositas adalah kelebihan berat badan atau berat badan yang tidak normal. Hal ini umumnya dialami oleh orang dewasa dan orang tua. Namun tidak bisa dipungkiri, anak-anak dan remaja pun sudah cukup banyak yang mengalaminya.

Masalah ini disebabkan oleh penumpukan jumlah kalori yang dikonsumsi secara berlebihan dan melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan untuk proses pembakaran hingga menjadi lemak di dalam tubuh. Contohnya mengonsumsi makanan cepat saji yang pada dasarnya memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi.

cara mencegah obesitas


Adipositas ditandai dengan gejala seperti mudah lelah sering menguap keringat berlebih, sulit bernafas atau nafas pendek akibat penumpukan lemak dibagian leher dan dada. Mendengkur, infeksi pada kulit, insomnia dan selalu merasa gerah juga termasuk gejala awalnya. Problem berat badan ini juga dapat disebabkan oleh faktor genetik (jika anda memiliki keturunan yang adipositas maka risiko memiliki masalah ini akan lebih tinggi.

Gaya hidup yang tidak sehat (rajin mengonsumsi obat-obatan tertentu yang justru membuat tubuh anda menjadi besar karena lemak yang tertimbun , serta kurangnya aktifitas fisik atau olahraga) juga menjadi faktor kegemukan ini.
Seseorang yang mengalami berat badan abnormal akan rentan terhadap serangan penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes dan jantung. Selain itu, menjadi seseorang yang mengalami bobot tubuh berlebih memiliki beberapa risiko, contohnya  mengalami nyeri pada bagian lutut diakibatkan oleh beban berat tubuhnya.

Depresi akibat perasaan minder dan malu karena berat badannya yang berlebihan dibandingkan orang–orang pada umumnya. Nyeri punggung akibat penumpukan lemak pada bagian tulang belakang, kesulitan bergerak atau beraktifitas akibat beban tubuh terlalu berat adalah bagian dari efek adipositas.
Peningkatan tekanan darah, memicu naiknya asam lambung karena lemak yang menumpuk menekan lambung, dan terjadinya varises karena dinding pembuluh darah pada tubuh menjadi lemah. Untuk menghindari dan mencegah kemungkinan obesitas, ada beberapa cara yang bisa anda tempuh.


Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Obesitas


1. Mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak

Dengan ini tentu akan mudah menghindari kegemukan namu bukan berarti hanya dengan mengonsumsi ini saja. Setidaknya Anda harus juga menghindari makanan yang memiliki kalori cukup tinggi. Seperti makanan cepat saji yang mudah ditemui di mall atau supermarket cafe dll. Makanan cepat saji biasanya akan lebih mudah mendatangkan lemak dan tentu saja akan menimbulkan beberapa dampak buruk lainnya pada kesehatan.


2. Mengurangi ngemil ditengah malam

Ngemil tengah malam terbukti cukup efektif untuk menambah berat badan. Namun pada kondisi yang tak terkendali, ini bisa saja menjadi sumber penyakit yang berbahaya. Adipositas menjadi salah satu ancaman serius jika Anda tidak mengontrol ngemil Anda. Jika memang Anda kelaparan tengah malam, Ada baiknya Anda mengonsumsi buah yang mengenyangkan seperti Alpukat, atau Pisang.


3. Rajin Berolah Raga

Rutin melakukan aktifitas fisik yaitu olahraga secara teratur adalah hala yang tidak bisa diabaikan jika ingin mengatasi promblem kegemukan Anda. Minimal lari pagi atau senam ringan saat bangun tidur. Akan lebih baik jika Anda bisa melakukan olahraga renang atau aerobik dengan bergabung menjadi anggota di salah satu  fitness centre tertentu. Olahraga berfungsi membakar lemak di dalam tubuh


4. Menjaga pola makan yang teratur

Salah satu dampak buruk ketika pola makan tidak tertata rapih selain berat badan tak normal adalah munculnya penyakit Maag. Makan teratur sangatlah bermanfaat untuk menjaga pola hidup sehat kita. Makan yang teratur dan sehat idelanya adalah 3x sehari yaitu, sarapan, makan siang dan makan malam. Jangan menunda makan saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang.


Tips Tambahan


  • Hindari konsumsi obat-obatan yang mungkin saja mengandung bahan kimia berbahaya. Khususnya obat penambah berat badan yang mengandung hormon estrogen pengikat lemak yang  bisa saja membuat tubuh Anda jadi terlihat bengkak. Terutama pada bagian pipi
  • Tidur yang cukup. Jangan terlalu sering begadang. Namun jangan sampai tidur terlalu lama
  • Hindari makanan yang mengandung keju, garam, alcohol, mentega, gula, minyak dan juga soda. Bahan-bahan tersebut mengandung lemak dan kalori yang dapat membuat Anda mengalami kegemukan secara instan
  • Mengonsumsi jamu tradisional untuk menurunkan berat badan atau menjaga agar berat badan tetap normal, namun harus tetap memperhatikan dampak yang ditimbulkan pada jamu tersebut. Jika terjadi kelainan setelah mengonsumsi jamu, maka sebaiknya menghentikan cara ini.


Gaya hidup yang tidak sehat  tentunya akan memicu timbulnya obesitas. Obesitas sangat perlu untuk diwaspadai karna merupakan pemicu beberapa penyakit mematikan. Cegah dan atasi obesitas sebelum terlambat agar Anda bisa hidup sehat dan normal.

1 comments so far