Sunday, March 27, 2016

11 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

Buah kelengkeng adalah salah satu jenis buah yang tidak asing lagi bagi kita. Buah ini berasal dari Cina selatan yang beriklim subtropics. Buah lengkeng masih termasuk family dari buah rambutan dan buah leci. Meski rasa, bentuk serta warna kulitnya tentu saja berbeda dari kedua buah tersebut. Buah ini memiliki rasa yang lebih unik. Pohon lengkeng dapat tumbuh di ketinggian 350 meter  sampai 900 meter di atas permukaan laut, dan banyak dibudidayakan di pulau Jawa.

Daerah yang cocok untuk membudidayakan buah lengkeng adalah daerah yang memiliki iklim basah, agak basah, dan sedang. Namun pohon lengkeng juga membutuhkan sinar matahari. Oleh sebab itu pohon ini tidak boleh terlindung oleh pohon lain saat ditanam.

manfaat buah lengkeng untuk kesehatan

Meski buah lengkeng sedikit lebih besar daripada kelereng, namun pohonnya sangatlah tinggi, besar dan batang kayunya kuat. Akarnya juga sangat kuat, sehingga tidak mudah tumbang walau diterjang angin yang cukup kencang. Daunnya rimbun dan memiliki banyak cabang.

Varietas Buah Kelengkeng

Berdasarkan varietasnya, lengkeng terbagi atas dua, yaitu lengkeng kopyor dan lengkeng batu. Kelengkeng kopyor harganya agak murah karena kualitasnya dibawah lengkeng batu. Lengkeng batu adalah lengkeng dengan kualitas terbaik. Buahnya besar, daging buahnya juga tebal. Kulitnya berwarna cokelat muda dan terasa agak kasar.

Jenis Buah Kelengkeng

Selain berdesarkan varietas, lengkeng juga memiliki perbedaan dari segi jenis kelamin, yaitu :
1. Lengkeng betina
lengkeng ini hanya memiliki putik (alat kelamin betina pada tumbuhan) yang akan menjadi bakal buah

2. Lengkeng jantan
berbanding terbalik dengan lengkeng betina, lengkeng ini hanya memiliki benang sari (alat kelamin jantan pada tumbuhan) yang akan menghasilkan sperma untuk proses penyerbukan

3. Lengkeng hermafrodit
lengkeng ini memiliki satu bunga yang mengandung putik dan benang sari. Sehingga lengkeng jenis ini kadang berbuah, dan kadang juga tidak

4. Lengkeng berbunga betina dan jantan
lengkeng jenis ini memiliki dua buah bunga dalam satu pohon. Lengkeng betina memiliki putik, dan lengkeng jantan memiliki benang sari.


Buah lengkeng adalah buah yang kecil, tetapi kaya akan manfaat, khususnya untuk kesehatan. Seperti mempercepat penyembuhan suatu penyakit dengan cara mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh racun yang masuk ke dalam tubuh. Mengendalikan zat besi yang ada di dalam tubuh sehingga tidak terjadi anemia. Menenangkan dan meningkatkan fungsi saraf otak, mengurangi rasa lelah dan stress berkepanjangan sehingga mencegah datangnya insomnia (susah tidur). Baik dikonsumsi untuk mereka yang ingin diet karena lengkeng memiliki kalori yang cukup rendah. Meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang flu penyebab demam. Dan yang paling penting adalah buah lengkeng berfungsi mengurangi risiko kanker dan stroke
Karena pohon lengkeng memiliki akar yang kuat dan mampu menyimpan cadangan air, maka pohon lengkeng tidak akan mati kekeringan. Banyak Negara yang mengimpor buah lengkeng ke Indonesia. Buah lengkeng impor lebih besar daripada buah lengkeng yang ada di Negara kita sendiri. Namun entah mengapa, buah lengkeng local rasanya  jauh lebih manis dan segar.


11 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan


Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah lengkeng :

1. Baik Untuk Kerja Jantung dan Limpa
Dengan mengurangi stres dan kelelahan, kelengkeng meringankan kerja jantung dan limpa. Buah enak ini juga sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan stroke.

2. Mengoptimalkan Kinerja Sistem Syaraf
Buah kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kandungannya juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan
Bersama dengan polifenol, kelengkeng dapat menagkal dan melaan radikal bebas dalam tubuh serta  mencegah timbulnya kerusakan sel. Buah ini juga bisa mengurangi risiko terserang beberapa tipe penyakit kanker.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah
Ini mengapa buah kelengkeng bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia. Selain itu, lengkeng terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

5. Dianjurkan Untuk Diet
Kelengkeng memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat rendah. Setengah mangkuk lengkeng hanya mengandung 35 kalori, pilihan yang tepat untuk diet.

6. Mengobati Gigitan Ular
Menurut penelitian dan juga melihat beberapa kasus tentang gigitan ular, buah kelengkeng mampu menghisap racun dan mempercepat poses penyembuhan luka

7. Menjaga Keindahan Rambut
Zat saponin yang dikandung biji kelengkeng adalah bahan dasar shampo yang dapat membuat rambut menjadi indah.

8. Sebagai Pemasok Sumber Energi Tubuh
Meskipun memiliki lemak dan kalori yang rendah, kelengkeng mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok energi dan meningkatkan stamina.

9. Kaya kandungungan Vitamin C 
Banyak sekali kegunaan Vitamin C untuk menusia, termasuk meningkatkan ketahanan dan juga melindungi tubuh dari demam dan flu. Sumber vitamin C pada buah kelengkeng akan menambah daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah sakit

10. Meremajakan Kulit
Kelengkeng bagus untuk kulit karena mengandung material ­anti-aging. Utamanya, buah ini mencegah kerutan kulit di dekat mata, meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mencerahkan warna kulit.
Jadi jika ingin awet muda maka buah ini sangat dianjurkan bagi Anda

11. Untuk Ibu Hamil
Jika Anda sedang hamil, tentu Anda akan membutuhkan tenaga extra karena beban tubuh menigkat. Tahukah Anda jika buah ini mampu menambah energi dan menigkatan stamina untuk ibu hamil. Ibu hamil akan lebih mudah untuk beraktifitas apabila memiliki banyak energi untuk bergerak karna manfaat buah kelengkeng ini.

Buah lengkeng sudah cukup terkenal di Indonesia, namun masih belum banyak yang mengetahui manfaat buahnya. Jika sudah mengetahui manfaatnya, masihkah Anda menolak untuk makan buah ini?. Terima kasih untuk membaca artikel manfaat buah dari kumpulan tips terkini tentang manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan. Terima kasih ❤❤❤

3 comments