Saturday, April 16, 2016

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Gigi dan mulut adalah organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam proses konsumsi semua jenis makanan dan minuman yang masuk  ke dalam tubuh. Olehnya itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting.

Gigi kita akan menghancurkan makanan-makanan tersebut sebelum diproses lebih lanjut di dalam pencernaan. Agar gigi dan mulut kita tetap bisa berfungsi dengan baik, kita harus selalu menjaga kebersihannya. Serta menjauhkannya dari penyakit yang dapat membuat kita jadi kesulitan ketika ingin makan, minum ataupun berbicara.

tips agar gigi dan mulut sehat


Mulut adalah organ pertama yang akan melakukan aktifitasnya dalam proses pencernaan makanan. Mulut akan dibantu oleh lidah yang berfungsi membolak–balik makanan dan gigi yangberfungsi menghancurkan (mengunyah) setiap makanan yang masuk menjadi lebih kecil agar lebih mudah ditelan.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Gigi dan mulut akan dibantu oleh kelenjar ludah atau kelenjar air liur dalam memproses makanan. Puncak gigi atau mahkota gigi terdapat pada setiap penampang gigi yang tampak dari luar seperti leher gigi.

Leher gigi adalah pembatas antara mahkota dan akar gigi yang terlindung di dalam gusi. Sedangkan akar gigi adalah bagian gigi yang tertanam di dalam rahang.

Lapisan paling keras pada puncak gigi dan berfungsi melindungi disebut email gigi.

Jika email gigi rusak, maka secara otomatis, gigi pun akan rusak pula. Gigi manusia berjumlah 32 buah, yang tumbuh mulai tumbuh pada saat bayi diusia 6 atau 7 bulan.

Ada juga yang mengalami pertumbuhan gigi yang lambat, yaitu di usia 2 tahun baru muncul gigi pertamanya. 
Karena gigi dan mulut adalah organ terpenting dalam proses pencernaan, sudah seharusnya kita menjaga kebersihannya dan menghindari penyakit yang bisa saja muncul secara tiba–tiba. Contohnya sariawan, bibir pecah-pecah, plak atau karang  gigi, bau mulut, kanker gigi dan gigi berlubang.

Sariawan dan bibir pecah–pecah disebabkan kurangnya komsumsi vitamin C. Untuk mengatasi bibir pecah–pecah perbanyaklah mengonsumsi  buah–buahan berwarna kuning, sedangkan untuk mengatasi sariawan, anda bisa menggunakan buah tomat mentah yang dibelah terlebih dahulu lalu digosokkan pada gusi yang terdapat sariawan.

Rasanya memang agak perih, namun mengobati sariawan dengan cara ini dijamin akan lebih mudah untuk sembuh. Plak atau karang gigi adalah pengapuran pada gigi yang disebabkan kurangnya menjaga kebersihan gigi sehingga kuman semakin menumpuk dan mengeras.

Jika karang gigi semakin banyak, maka anda bisa membersihkannya dengan bantuan dokter gigi atau ahli gigi (dalam ilmu kesehatan, proses pembersihan karang gigi dikenal dengan istilah scalling) .

Kanker gigi dan gigi berlubang disebabkan oleh kuman dari sisa–sisa makanan yang terdapat pada gigi jika gigi tidak dibersihkan secara benar. Apalagi jika anda gemar mengomsumsi makanan yang manis seperti ice cream ataupun cokelat.

Apabila gigi telah berlubang, maka anda akan rentan mengalami sakit gigi jika tidak segera dilakukan penambalan. Jika terbilang parah dan terus menerus mengeluh sakit gigi, maka sebaiknya gigi tersebut dicabut agar tidak menyebar ke bagian gigi lainnya.

Bau mulut juga menjadi salah satu masalah mulut yang paling sering dialami seseorang, selain disebabkan oleh gigi berlubang, bau mulut juga dapat dialami jika sering mengomsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti jengkol, atau bawang putih yang banyak dalam makanan tertentu.

Untuk mengobati bau mulut, gunakan garam yang telah dilarutkan dalam segelas air hangat untuk berkumur, sering–seringlah minum air putih, dan mengunyah permen pedas untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Selain itu, ada satu lagi yang perlu diperhatikan, yakni warna gigi yang kuning yang tentu saja mengganggu dan membuat kita enggan tersenyum, gigi kuning biasanya dialami para perokok akibat konsumsi nikotin yang berlebih.

Atasi gigi kuning dengan menggunakan pasta gigi dari soda kue yang dicampur dengan jeruk nipis agar gigi tampak lebih putih berkilau. Untuk Lebih Jelasnya silahkan baca artikel cara mengatasi bau mulut.

Demikian artikel kali ini tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut agar Anda menjadi semakin percaya diri jika memiliki gigi yang sehat serta nafas segar