Sunday, April 03, 2016

Inilah Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar kebal Terhadap Penyakit

Semakin hari semakin banyak saja jenis penyakit yang bermunculan.
Apalagi perubahan cuaca juga sangat sering terjadi membuat jumlah bakteri dan virus penyebab penyakit berkembang biak dengan cepat.

Jika daya tahan tubuh menurun, maka penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh dan akan membuat seseorang merasa lemah dan aktifitasnya akan terganggu. Makan inti dari pembahasan artikel kali ini adalah tentang bagaimana caranya agar tidak mudah sakit.

cara menjaga daya tahan tubuh


Namun tentu saja tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menangkal atau menghadapi penyakit yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Kemampuan tersebut disebut immunitas.

Penyakit yang paling sering menyerang seseorang yang lemah imunnya adalah masuk angin atau flu. Ini adalah jenis penyakit standar yang bisa menyerang.

Immunitas berasal dari bahasa latin “immunis” yang artinya pembebasan atau kekebalan. Istilah ini kemudian berkembang menjadi perlindungan terhadap suatu penyakit. Jika seseorang menjadi kebal terhadap interaksi benda asing dan tubuhnya, maka orang tersebut termasuk memiliki system imun yang kuat.

Kekebalan bawaan atau kekebalan yang dimiliki seseorang sejak lahir disebut kekebalan nonspesifik yang terbagi atas dua jenis yaitu kekebalan internal dan kekebalan eksternal.

Kekebalan internal melindungi dari dalm tubuh, sedangkan eksternal melindungi dari luar tubuh atau permukaan tubuh.

Kekebalan internal terdiri atas sel natural killer, protein antimikroba, dan sel fagositik yang akan melawan zat asing yang telah mampu melewati kekebalan eksternal.
Sel Neutrofil yang juga berada dalam system kekebalan internal akan memakan dan menghancurkan virus yang masuk ke dalam jaringan tubuh.

Selanjutnya, kekebalan eksternal terdiri atas kulit dan kelenjar yang disebut epithelium atau zat pelindung tubuh. Contohnya keringat yang bersifat asam yang berubah menjadi racun untuk membunuh bakteri.

Selain kekebalan nonfisik, ada juga yang disebut dengan kekebalan spesifik yang bergantung pada respon imun yang member rangsang terhadap mikroorganisme. Salah satu sel yang berperan penting pada sistem kekebalan spesifik adalah sel Limfosit.

7 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sel ini adalah sel darah putih yang dihasilkan melalui sumsum tulang merah dan dikenal aktif dalam melawan virus dan bakteri serta serta mampu menghancurkan jamur dan cacing yang terinfeksi di dalam tubuh manusia meski dalam jumlah yang cukup besar. Agar daya tahan tubuh manusia kebal terhadap penyakit , anda dapat mencoba beberapa langkah berikut :

1. Rajin mengomsumsi buah dan sayur setiap hari
Karena buah dan sayur mengandung anti oksidan yang bisa melindungi tubuh dari penyakit. komsumsi buah–buahan yang segar. Untuk sayuran, jangan memasaknya terlalu lama karena dapat menghilangkan vitaminnya.

2. Konsumsi bawang putih
Meski baunya agak menyengat, namun ternyata bawang bawang putuh memiliki anti oksidan yang mampu melawan virus. mengunyah bawang putih setiap hari mampu mengurangi risiko hipertensi dan kanker

3. Konsumsi ikan laut
Jika selama ini lebih suka makan daging ataupun telur, mulai sekarang biasakanlah untuk mengomsumsi ikan laut. Ikan mengandung omega 3 yang mampu menjaga tubuh agar tetap bugar. Contohnya ikan tuna. Ini bukan berarti larangan untuk mengonsumsi ikan air tawar, namun kenyataannya ikan laut memiliki nilai protein tinggi selain kandungan omega 3 nya

4. Perbanyak minum air putih
Untuk mencegah kurangnya cairan di dalam tubuh (dehidrasi) siapkan selalu air minum dalam botol yang mudah dibawa kemana–mana. Seperti yang kita tahu, kurang minum dapat menurunkan konsentrasi dan focus. Beberapa penelitian membuktikan, minum air putih dipagi hari setelah bangun pagi sangat bermanfaat untuk pencernaan dan menjaga sistem metabolisme tubuh.

5. Komsumsi yogurt
Yogurt mengandung lactobalisus proktektus yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terbentuknya sel kanker. Selain itu, yogurt juga memilik banyak manfaat lain untuk kecantikan dan menjadi sumber nutrisi bagi otak

6. Olahraga
Anda pasti akan sangat setuju jika olahraga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh kita. olahraga berfungsi untuk melatih semua persendian, otot ataupun melatih seluruh tubuh. tubuh yang sering terlatih akan menjadi tubuh yang sehat dan tidak akan mudah terserang penyakit. Anda pasti bisa membedakan riwayat kesehatan orang yang sering berolahraga, berolahraga tapi jarang dan tidak berolahraga sama sekali. Untuk itulah, jika ingin sehat dan tidak mudah sakit, rajinlah berolahraga.

7. Jangan Merokok
Berbagai macam penyakit akan sangat mudah menyerang tubuh seorang perokok. dampak berbahaya rokok sudah sering kita temukan di sekitar kita. rokok merupakan pembunuh No 1. Tubuh seorang perokok sangat rentan terhadap penyakit terutama penyakit paru-paru. Efek terburuk bagi perokok adalah kanker paru-paru, kanker luring yang merupakan jenis kanker mematikan. Stop merokok demi kesehatan Anda.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat merupakan tameng dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang. Menjaga kebersihan juga merupakan faktor pendukung untuk tetap hidup sehat.