Monday, July 04, 2016

6 Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat bawang merah memang sangat banyak dan sudah sangat populer dikalangan pengobatan alternatif. Penggunaan jenis umbian ini atau dengan nama lainnya barambang, dasun, kucai merah, umbi lapis sebagai ramuan khusus juga sudah banyak dilakukan, baik di Indonesia ataupun di Negara lain.

dasun merah termasuk salah satu jenis rempah yang sangat digemari dan banyak dimanfaatkan di dapur. kucai merah adalah salah satu dari sekian banyak rempah–rempah yang cukup penting di dunia masak–memasak, seperti halnya bawang putih.

manfaat bawang merah untuk menyehatkan tubuh

Sebelum mengetahui tentang manfaatnya, berikut ini kita bahas dulu tentang kandungan yang terdapat pada umbi jenis ini. Untuk nilai per 100 gram bawang merah adalah

Nilai Gizi Per 100 G ( 3.5 Oz)

Energi
166kJ (40 kcal)
Karbohidrat
9.34 g
Gula
4.24 g
Diet serat
1.7 g
Lemak
0.1 g
Jenuh
0.042 g
Monounsaturated
0.013 g
Polyunsaturated
0.017 g
Protein
1.1 g
Air
89.11 g
Vitamin A equiv
0 mg (0 %)
Thiamine ( Vitamin B1)
0.046 mg (4%)
Riboflavin (vitamin B2)
0.027 mg (2%)
Niacin (Vitamin B3)
0.116 mg (1%)
Vitamin B6
0.12 mg (9%)
Folat (Vitamin B9)
19 mg (5%)
Vitamin B12
0 mg (0%)
Vitamin C
7.4 mg (12%)
Vitamin E 
0.02 mg
Vitamin K
0.4 mg
Kalsium
23 mg
Besi
0.21 mg
Magnesium
0.129 mg
Fosfor
29 mg
Kalium
146 mg
Sodium
4 mg
Seng
0.17 mg





Bawang dengan nama latin allium cepa varascanolicum L ini adalah salah satu tanaman umbi lapis yang dapat tumbuh di daerah tropis, sub tropis dan daerah dingin.

Tanaman ini terdiri atas akar, umbu, batang, daun dan bunga.
selain itu, jenis umbi lapis ini juga mengandung asam folat, kalium, serat dan vitamin C.

Jenis umbian ini juga mengandung anti septic dan senyawa alliin yang bersifat bekterisida.
Olahan kucai merah ini yang paling digemari oleh semua orang adalah yang digoreng, karena sangat cocok ditambahkan pada makanan berkuah seperti soto, sup, bakso, bubur ayam dan makanan berkuah lainnya

Manfaat Bagi Kesehatan

Selain menjadi bahan penambah rasa pada makanan, umbian ini juga memiliki beberapa kegunaan untuk kesehatan. Berikut ini adalah 6 khasiat dari bawang merah, diantaranya :

1. Mengobati kolesterol
Ketika kita memakan sate diwarung atau dirumah, perhatikan bumbunya, terdapat bawang mentah, tahukah anda apa alasannya?. bawang yang masih mentah ini mampu menetralisir kolestrol yang terkandung didalam daging sate. Jadi, jangan pernah mengabaikannya apabila terdapat pada bumbu sate yang kita makan. selain itu juga mengandung zat pengatur kadar kolesterol di dalam tubuh.
Sehingga sangat baik dikomsumsi para penderita kolesterol, karena seperti yang kita tahu.
Kolesterol yang tinggi dapat memicu datangnya penyakit lain yang berbahaya, seperti jantung koroner

2. Menurunkan risiko penyakit diabetes
Bawang itu berguna untuk tubuh kita!, yang lebih hebatnya lagi, ternyata jenis umbi lapis ini dapat mengobati penyakit yang susah untuk diobati seperti diabetes, sejak tahun 1923 para peneliti menemukan depressor gula darah dalam kandungan umbian ini, namun baru 40 tahun kemudian atau sekitar tahun 60-an para peneliti menemukan senyawa anti-diabetes pada tanaman ini. Di India para peneliti memberikan jus  ataupun bawang merah yang  masih utuh kepada “kelinci percobaan”. Dan hasilnya mengejutkan yaitu pemberian 25-200 gram terhadap kelinci percobaan tersebut terlihat pengurangan gula darahnya. Jadi intinya semakin banyak mengkonsumsi umbian ini, maka gula darahpun semakin menurun. Jika anda ingin mencegah penyakit diabetes, konsumsilah bahan alami ini secara rutin. Namun setelah 15 menit kemudian, anda harus menyikat gigi dengan bersih untuk menghilangkan sisa–sisa dan aromanya pada mulut. Meski tak setajam bau bawang putih, umbian yang satu ini tetaplah memiliki aroma khas

3. Mengobati luka sobek
Penggunan bahan ini untuk luka sobek mungkin jarang Anda jumpai. Namun ternyata jenis umbi ini sangat manjur untuk mengatasi luka sobek. Ada beberapa zat pada jenis tumbuhan ini yang dapat mengeringkan luka dengan cepat.
Jika kaki atau anggota tubuh yang lainnya terluka, tergores benda tajam , atau mungkin sedikit sobek, anda tidak perlu panik dan buru–buru ke dokter. Gunakan saja bawang merah. Caranya adalah :
  • Cuci luka hingga bersih dengan air hangat
  • Keringkan dengan tissue atau kain lap yang lembut
  • Ambillah 3 siung serta gula pasir secukupnya, haluskan
  • Setelah halus, usapkanlah kedua campuran tersebut pada luka yang sobek. Lalu tutup dengan kapas kemudian diplester
Cara pengobatan jenis ini sangat tradisonal. Namun sangat manjur untuk mengobati luka sobek. Pengobatan ini bukan berarti tidak berisiko. Jika Anda memiliki riwayat penyakit gula atau diabetes sebaiknya jangan mencampurkannya dengan gula pasir.
.
4. Mencegah penyakit kanker
kucai merah mengandung sulfur yang mampu memerangi masuknya sel kanker ke dalam tubuh.
Dengan rutin mengkomsumsinya, maka anda akan terhindar dari risiko kanker yang cukup berbahaya seperti kanker payudara dan kanker paru–paru

5. Mengatasi sakit tenggorokan
Umbian ini ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit pada tenggorokan. Batuk, pilek dan sakit pada tenggorokan dapat diatasi dengan menggunakannya, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan :
  • Ambillah 2 atau 3 siung
  • Cuci bersih dan haluskan
  • Tambahkan irisan jahe dan ½ sendok madu alami
  • Tambah juga ½ gelas air hangat
  •  Minumlah 2 kali sehari
Untuk sakit tenggorokan yang cukup parah, bisa menambahkan 1 sendok sari jeruk nipis pada campuran tersebut.

6. Mengobati sembelit
Penyakit sembelit dapat dialami seseorang akibat kurangnya komsumsi serat. Bawang merah adalah salah satu rempah yang mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga jika dikomsumsi secara rutin maka akan melancarkan buang air besar. Tidak hanya itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk menyingkirkan racun yang dapat menghambat proses kerja usus, jika dikomsumsi dalam keadaan mentah. Baunya yang sangat menyengat mungkin membuat anda malas untuk memakannya secara mentah, tapi hal ini sangat efektif untuk mengobati sembelit secara alami

Manfaat Lainnya

Selain beberapa faedah diatas, juga telah ditemukan khasiat lain dari jenis umbi ini. Diantaranya yaitu:

*Meredakan batuk pada anak
Cuaca dingin biasanya sangat berpengaruh dan mengganggu aktivitas. Apalagi jika kita orang Indonesia yang memiki iklim tropis yang tidak terbiasa dengan cuaca dingin. Cuaca yang dingin akan lebih berpeluang untuk menyerang Anak - anak karena biasanya meraka belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi sehingga mudah terserang penyakit batuk flu. Gunakan parutan bawang merah lalu campurkan dengan minyak telon, usapkan kebagian punggung dengan sedikit pijatan.

*Mengobati Perut Kembung Pada Anak
Anak kecil sangat sering mengalami perut kembung, Namun jangan khawatir, karena campuran umbi lapis ini dan minyak telon bisa mengatasi perut kembung anak. Hanya dengan menghaluskannya kemudian campurkan dengan minyak telon lalu usapkan kedaerah perut (utamakan diarea sekitar pusar). Cara ini merupakan cara tradisional yang masih digunakan sampai sekarang dan masih terbukti khasiatnya

Risiko

Bawang merah adalah jenis umbian yang sangat banyak keistimewaannya bagi kesehatan tubuh, namun bukan berarti tidak memiliki risiko bagi kesehatan. Risiko yang ditimbulkan antara lain :

#Memicu Maag Akut
Jika Anda termasuk penderita Maag kronis atau , maka waspadalah jika Anda sedang mengonsumsinya pada kondisi mentah, karena karbohidrat yang terdapat didalamnya mengandung gas dan menyebabkan perut kembung.

#Memunculkan Risiko Alergi
Alergi pada bawang bisa menyebabkan mata gatal, ruam, badan jadi kemerahan, mual, muntah dan rasa kurang nyaman pada daerah lambung. Namun hal ini hanya dialami oleh sebagian orang saja.


Itulah beberapa khasiat bawang merah yang telah penulis rangkum dari berbagai sumber. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.