Thursday, October 26, 2017

10 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan manfaat buah pisang yang sangat banyak. Buah ini adalah salah satu buah yang tumbuh di dataran rendah atau tempat–tempat yang beriklim lembab. Buah pisang sangat populer dan hampir semua orang menyukainya. Bahkan saking tingginya peminat buah pisang, beberapa negara menjadi pengekspor pisang secara tetap. Seperti Brazil, Amerika tengah, dan negara–negara di Asia tenggara. Khususnya negara kita, Indonesia yang sangat gemar mengonsumsi buah pisang dan sering dijadikan sebagai bahan dasar makanan tradisional yang banyak kita jumpai dipasar.

Buah pisang mengandung gula pisang yang merupakan gula buah, yaitu terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun. Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energi berupa glukosa. Glukosa darah sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat. Glukosa tersebut terutama diperoleh dari sirkulasi darah otak karena glikogen sebagai cadangan glukosa sangat terbatas keberadaannya.



manfaat buah pisang


Kandungan Energi, Gizi dan Mineral Buah Pisang

  • Karbohidrat 25,8 mg
  • Kalori 99 mg
  • Besi 28 mg
  • Protein 1,2 mg
  • Sodium 1 mg
  • Kalsium 8 mg
  • Kalium 4673 mg
  • Vitamin A 44 mg, 
  • Vit B, B6-B12, C 3 mg
  • Air 72 mg.
  • Serat 0,7 mg
  • Fosfor 2,8 mg
  • Lemak 0.2 mg
Berikut ini penjabaran tentang manfaat buah pisang melalui kandungan gizi dari setiap buahnya :

Nilai energi buah pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori.

Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi buah pisang sebagai cadangan energi karena mereka telah mengetahui manfaat buah pisang yang mereka konsumsi.

Kandungan energi buah pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.

Glukosa darah terutama didapat dari asupan makanan sumber karbohidrat. Buah pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis. Namun, kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Meski demikian, kandungan lemak dan protein buah pisang masih lebih tinggi dari apel, yang hanya 0,3 persen. Karena itu, tidak perlu takut kegemukan walau mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak. (source: wikipedia)

Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi buah pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Buah ini mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, fosfor, magnesium, kalium, zat besi dan juga kalsium. Buah pisang juga kaya akan manfaat.

10 Manfaat buah pisang


1. Mengobati Jerawat
Buah ini ternyata juga dipercaya mamapu mengatasi jerawat. Jerawat yang tumbuh disekitar wajah dan sangat mengganggu, dapat dihilangkan dengan buah pisang. Caranya adalah :
  • Gunakan buah pisang yang sudah matang.
  • Kupas kulitnya, lalu ambil daging buahnya untuk dihaluskan.
  • Setelah halus, tambahkan setengah sendok teh madu murni, dan oleskan pada wajah yang berjerawat.
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Cocok digunakan sebelum mandi

2. Mengobati Penyakit Maag
Ada berbagai macam obat untuk mengobati penyakit maag. Menggunakan buah pisang adalah salah satunya. Manfaat buah pisang untuk mengobati sakit maag sudah terbukti sangat manjur dan diakui dari zaman dahulu kala. Konsumsi buah pisang minimal 1 buah sehari, dapat meredakan sakit maag. Karena buah pisang mengandung zat penangkal asam lambung. Cara yang biasa dilakukan oleh orang dulu adalah memakan pisang saat pagi hari sebelum perut terisi. Namun ada baiknya memakan pisang saat pagi adalah dengan minum 2 gelas air terlebih dahulu.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita penyakit jantung. Salah satunya adalah dengan pisang. Karena mengandung anti oksidan, vitamin c, serta kalium yang berfungsi sebagai penangkal. Juga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi penyakit jantung jika dimakan setiap hari. Jadi, jika ingin jantung Anda sehat, makanlah buah pisang setiap hari, namun tentu saja dibarengi dengan pola makan teratur, olahraga dan.

4. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Datang Bulan
Percayakah Anda jika manfaat buah pisang berikutnya adalah untuk mengurangi rasa nyeri pada saat datang bulan. Banyak wanita yang mengalami rasa nyeri menjelang datang bulan. Terkadang rasa nyeri itu sangat menyiksa dan menyebabkan terganggunya aktifitas. Untuk mengurangi rasa nyeri, buah pisang menjadi salah satu solusinya. Perbanyaklah memakan buah pisang pada saat haid atau menjelang haid. Maka rasa nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya.

5. Melancarkan Buang Air Besar
Tentu akan sangat tersiksa dan tidak nyaman saat kita sulit buang air besar. Hal ini mungkin disebabkan oleh feses yang mengeras. Jika mengalaminya, mungkin anda akan buru–buru ke dokter atau apotik untuk membeli obat. Namun, ada cara alami untuk mengatasinya. Konsumsi buah pisang sesering mungkin agar makanan yang telah dikonsumsi dapat diserap nutrisinya

6. Mengobati Anemia
Manfaat buah pisang berikutnya adalah mengobati penyakit Anemia atau kurang darah. Kekurangan sel darah merah pasti akan menghambat aktifitas setiap hari. Untuk mengatasi anemia, rajinlah mengkonsumsi buah pisang. Minimal 2 buah dalam sehari, karena pisang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi dan sangat cocok bagi penderita anemia.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah
Jika sirkulasi darah tidak lancar atau mengalami gangguan, akan memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti hipertensi, jantung dan stroke. Oleh sebab itu, kita harus menjaga kelancaran sirkulasi darah. Konsumsi buah pisang secara rutin, karena buah pisang mengandung kalium yang cukup tinggi

8. Mengatasi Diabetes
Penyakit diabetes biasanya dialami oleh seseorang yang lanjut usia. Tidak harus ke dokter, ada cara alami untuk mengatasinya. Gunakan buah pisang yang setengah matang. Rebuslah buah pisang tersebut dan makanlah selagi hangat. Anda bisa melakukannya selama 3 kali seminggu

9. Menjaga Kesehatan Mata
Buah pisang memiliki manfaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi yang larut dalam lemak dan merupakan senyawa yang memiliki peran penting untuk mempertahankan posisi membran kornea mata. Kandungan vitamin A tinggi yang dimiliki oleh buah pusang  juga sangat berguna mengurangi bahaya dampak kebutaan dan sangat baik untuk penglihatan setiap hari.
Satu buah pisang sebesar 6 inci, memiliki sekitar 10 mikro gram kadar vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang kemudian diubah menjadi vitamin A untuk lebih melindungi kesehatan mata. Itulah alasan mengapa manfaat buah pisang baik untuk menjaga kesehatan mata.
10. Memperbaiki Fungsi Saraf
Khasiat buah pisang yang terakhir yang kita ulas pada artikel kali ini adalah tentang memperbaiki fungsi saraf pada tubuh yang rusak. Ada zat tertentu pada buah pisang yang ternyata sangat efektif untuk mengembalikan fungsi saraf yang mulai tidak normal. Jadi jika Anda mulai mengalami gangguan fungsi saraf, maka ada baiknya untuk Anda rajin mengonsumsi buah pisang.

Begitu banyak manfaat buah pisang sehingga tak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya. Demikianlah artikel kali ini dari yutips.com tentang manfaat buah pisang. Semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan para pembaca sekalian. Jika artikel ini bermanfaat maka silahkan dishare. Terima kasih