Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Kurang Minum Susu? Waspadai Gejala Kekurangan Iodin di Usia Remaja

Kurang Minum Susu? Waspadai Gejala Kekurangan Iodin di Usia Remaja

Berikut ini adalah penjelasan tentang apa saja yang terjadi ketika Anda yang berada dalam usia remaja mengalami kekurangan Iodin pada usia remaja dikarenakan kurangnya meminum susu.

Seperti yang kita ketahui, susu adalah minuman yang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh didalamnya. Kemungkinan yang kita ketahui hanya kalsium saja kandungan yang terdapat dalam segelas susu, namun ternyata beberapa manfaat kandungan lainnya bisa didapatkan dalam segelas susu murni. Salah satunya adalah "Iodin".

Pada kesempatan ini, yutips.com akan memberikan sebuah studi kasus tentang pentingnya "Iodin" dalam susu yang sangat baik bagi remeja.

manfaat minum susu untuk remaja

Jill Bembridge tidak terlalu cemas saat dia menemukan benjolan kecil di leher putrinya Faye. Dia mengira putrinya kedinginan. Bahkan salah seorang temannya mengatakan itu bukan tumor biasa.

"Dia pensiunan dokter, namanya Pete Lansley. Katanya tumor itu pertanda Fey kekurangan yodium. Tidak pernah terlintas di benak saya," kata Gill.

Ibu dua anak ini kaget ketika efek jangka panjang dari kekurangan yodium bukan hanya gumpalan, tapi bahkan gangguan jiwa, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Khusus untuk wanita muda, mereka juga membutuhkan lebih banyak yodium agar payudara dan ovariumnya tumbuh dengan baik.

Menurut laporan WHO, kekurangan yodium juga berkaitan erat dengan IQ atau IQ yang rendah, kelelahan yang parah, keguguran, dan gangguan tiroid yang berperan penting dalam proses perkembangan. Jika kekurangan yodium parah, itu juga dapat menyebabkan kehilangan ingatan dan kemandulan.

Ketika ditanya tentang buktinya, Dr. Lansley menggambarkan benjolan di leher seorang anak berusia 9 tahun yang juga ditemukan pada anak remaja tetangganya di wilayah Yorkshire. Benjolan tersebut terletak tepat di tengah leher dan akan bergerak naik turun saat Anda mengunyah.

Dr. Lansley.

Dia menambahkan: "Pada tahun enam puluhan saya bekerja di Turki dan saya melihat banyak remaja menderita kondisi ini, tetapi saya tidak pernah berpikir saya akan melihatnya di Inggris."

Namun studi yang dipublikasikan The Lancet pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa 70% remaja di Inggris mengalami kekurangan yodium, padahal hanya satu dari lima anak yang memiliki kadar yodium sangat rendah.

Jadi bagaimana remaja di Inggris mengalami kekurangan yodium? Yodium bisa didapat dari kerang, rumput laut, cod, dan kerang. Tapi yang paling umum di Inggris adalah keju dan yogurt.

Barulah pada tahun 1970-an konsumsi susu di dalam negeri menurun drastis akibat alergi dan perubahan selera di masyarakat. Namun, susu organik yang diproduksi di peternakan Inggris mengandung yodium 40 persen lebih sedikit daripada susu yang diproduksi di peternakan rata-rata.

Untungnya, setelah membawanya ke dokter dan memberinya suplemen yodium, benjolan di leher Fey perlahan menghilang hanya dalam waktu satu bulan. Selanjutnya, Jill memutuskan untuk mempelajari susu putrinya dan makanan kaya yodium lainnya.

Menurut Ahli Gizi Leona Victoria Jagade, DNC, yodium merupakan salah satu dari tiga nutrisi yang harus diberikan kepada anak agar tumbuh cerdas. Ia mengatakan kepada detikHealth beberapa waktu lalu: "Cara termudah untuk mengisinya adalah dengan menggunakan garam beryodium, tapi jangan berlebihan."

Anak usia 0 sampai 1 tahun bisa makan 1 gram garam setiap hari, lalu untuk anak 1 sampai 6 tahun bisa diberikan 2-3 gram garam sehari.

Saya yakin setelah membaca studi kasus di atas, Anda akan langsung minum susu karena sudah mengetahui apa saja risiko kekurangan yodium.

Demikian artikel kali ini tentang Gejala kekurangan Iodin diusia remaja yang malas meminum susu. Semoga artikel kesehatan ini bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan sebaik-baiknya. Terima kasih
Load Comments

Berlangganan via Email