Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Tips Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil - Saat sedang hamil, wanita tentunya sering mengeluh sakit pinggang. Hal tersebut memang biasa terjadi bagi, namun sebaiknya kita tidak boleh menganggap remeh hal tersebut. Jika Anda adalah seorang wanita hamil dan sering mengeluh sakit pinggang maka akan baik bagi Anda jika segera mengobatinya. Kesehatan ibu yang sedang hamil sangat penting karena sangat berpengaruh dengan janin yang dikandungnya.
Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
Sakit pinggang saat hamil


Lalu, bagaimana caranya agar tidak tersiksa karena sakit atau nyeri pinggang saat hamil?

Anda tidak perlu khawatir karena secara umum, sakit pinggang ini bisa dicegah dan diobati dengan cara, sebagai berikut:


#Latih Sikap tubuh Anda
  • Beban pada perut semakin lama akan semakin berat, ini karena bayi dalam kandungan semakin
  • Saat mengalami perkembangan itu, perut Anda akan semakin membesar ke depan. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa posisi tubuh yang baik agar Anda mampu menyesuaikannya agar pinggang Anda tidak terasa sakit. Berdiri tegak adalah sikap tubuh yang baik, selain itu Anda perlu mengangkat atau menarik dagu tinggi-tinggi. Selalu pastikan bahwa pundak dan punggung Anda selalu bersandar ke belakang dan tetap rileks. Kemudian jangan lupa untuk mengatupkan lutut.
  • Berhati - hatilah dalam memilih posisi dan sikap berdiri sert sikap duduk yang baik. Saat ingin duduk di kursi ada baiknya mencari kursi yang mampu menopang punggung. Anda juga bisa mencari bangku kecil untuk menyandang kaki Anda.
#Angkat Beban Sesuai Kemampuan
  • Hindari melakukan angkat benda berat selama kehamilan dan ikuti tips ini ketika sedang mengangkat barang. Meluruskan punggung kemudian menekuk lutut dan angkat menggunakan tenaga kaki.
  • Dekatkan objek dengan tubuh Anda, dan menghindari menggangkat menggunakan otot punggung. 
  • Jika Anda harus memutar, putar seluruh tubuh Anda. 
  • Jangan sampai pinggang Anda berputar. Segeralah meminta bantuan saat Anda kesulitan mengangkat benda.
#Gunakan pakaian yang pas dan mendukung kehamilan
  • Pakailah sepatu bersol rendah tetapi tidak datar, dan kenakan juga celana khusus hamil dengan garis pinggang rendah dan dapat mendukung perut saat bekerja
  • Sebaikya gunakan baju daster ketika dirumah.
  • Hindari pemakain Jeans atau pakaian ketat lainnya yang dapat menghalangi ruang gerak Anda
#Tidur miring
  • Pertumbuhan Janin yang semakin hari semakin membesar memberikan daya beban yang tinggi pada perut Anda sehingga Anda diwajibkan memiliki tenaga ekstra untuk hal itu.
  • Di masa akhir kehamilan, Anda harus tidur miring dengan menghadap ke kiri atau ke kanan sehingga rahim tidak memberikan tekanan pada vena cava, vena utama yang terletak di sisi kanan perut yang membuat darah Anda beredar. 
  • Untuk membantu menjaga tulang belakang tetap dalam posisi baik, sangat disarankan untuk menempatkan bantal di bawah perut atau diantara kaki.
  • Tidur dengan posisi miring akan mengurangi beban pada otot perut dan panggul.
#Olahraga
  • Olahraga teratur bisa memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas otot. Berolahraga juga bisa mengurangi stres pada tulang belakang Anda. 
  • Jenis olahraga yang aman untuk kebanyakan perempuan hamil yakni bersepeda (disarankan sebelum kandungannya masih berumur 5 bulan kebawah), Jalan (lakukan setiap pagi dan sore hari), berenang.
  • Dokter atau ahli terapi fisik dapat merekomendasikan jenis latihan lainnya untuk memperkuat daerah punggung dan juga perut
#Yoga Khusus Ibu Hamil
  • Beberapa Ahli kandungan professional sangat menyarankan ibu hamil untuk melakukan yoga. 
  • Selain bermanfaat untuk menyehatkan, yoga juga mampu mengatasi stress Anda saat hamil
#Berendam Air Hangat
  • Berendam dengan air hangat juga sangat baik untuk mengobati sakit pinggang Anda. Ini karena sensasi rasa hangat mampu memberikan efek rileks dan menyegarkan sehingga rasa sakit pada pinggang bisa teratasi. Lakukan dengan rutin apabila ingin meyembuhkan sakit pinggang.
#Pijatan
  • Alternatif terakhir yang bisa dilakukan jika mengalami sakit pinggang saat hamil adalah dengan pijat. Anda perlu membutuhkan tenaga orang lain saat sakit pinggang mengganggu aktivitas. Minta tolonglah kepada suami atau orang terdekat untuk melakukan pijatan khusus agar sakit pinggang bisa teratasi. Tapi memijat haruslah dengan hati - hati agar sakit pinggang cepat redah bukan malah semakin parah. 
Jika Anda tidak sanggup menahan rasa sakit yang Anda rasakan pada pinggang Anda dan terpaksa untuk mengonsumsi obat, mintalah resep pada dokter Anda, karena beberapa obat akan berdampak buruk pada kehamilan Anda. 

Sakit pinggang memang merupakan masalah yang umum terjadi pada ibu hamil. Namun, meskipun begitu, bukan berarti hal tersebut dapat kita abaikan begitu saja. Jika Anda mengalami sakit pinggang yang disertai dengan nyeri pada area panggul Anda, khususnya sebelum minggu ke-37 masa kehamilan Anda, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter Anda, karena hal ini dapat menjadi pertanda bahwa Anda harus menjalani persalinan secara prematur.
    Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari sakit pinggang saat hamil. Cara ini sudah sering dilakukan dan sudah terbukti mampu mengatasi nyeri pinggang. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare, terima kasih

    Post a Comment for "Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil"

    Berlangganan via Email