Wednesday, June 07, 2017

9 Tips Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim saat bulan Ramdhan. Namun puasa tidak hanya diperuntukkan bagi umat muslim saja, karena beberapa agama lain juga mengajarkan umatnya untuk berpuasa seperti Kristen, Katolik, Hindu dan Budha. Namun cara berpuasa tiap Agama ini pun berbeda.

Pada artikel kali ini, kita tidak akan membahas soal tata cara tiap agama melakukan puasanya. Kali ini kita akan membahasa tentang tips menjaga badan tetap bugar saat berpuasa dengan mengatur pola gizi yang seimbang agar tetap sehat selama berpuasa.
pusa sehat



Apakah penting menjaga pola gizi saat berpuasa?, tentu saja jawabannya "iya, sangat penting". Gizi yang seimbang membantu Anda untuk tetap berenergi sehingga mampu melakukan aktivitas secara lancar dan tentunya tetap sehat selama berpuasa. Energi yang cukup yang dihasilkan oleh makanan dan minuman yang mengandung nilai gizi yang baik juga akan menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa.

Tahukah Anda jika saat berpuasa (bagi umat Islam) tubuh tidak akan disuplay oleh makanan saat subuh (saat sebelum matahari terbit) sampai Maghrib (saat matahari tenggelam) dan hal ini berlangusng selama kurang lebih 14 jam. Lantas mengapa banyak orang yang tetap mampu beraktivitas seperti biasanya sekalipun mereka sedang berpuasa?. Ini mungkin karena nilai gizidari makanan yang mereka makan saat sahur memiliki nilai gizi yang sangat tinggi sehingga mampu menopang aktivitasnya dan membuatnya tetap sehat berpuasa.

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pola gizi saat berpuasa dimulai dari pemilihan jenis makanan saat sahur kemudian saat berbuka puasa.

#Saat Sahur

1. Pilih Jenis Makanan Yang Berupa Karbohidrat Kompleks
Kenapa memilih karbohidrat, karbohidrat adalah makanan pokok yang harus dimiliki oleh tubuh untuk tetap melakukan aktivitas. Karbohidratlah yang nantinya akan berubah menjadi glukosa dan mejadi energi. Karbohidrat sangat penting bagi tubuh. Saat sahur pilihlah jenis karbohidrat kompleks bukan karbohidrat sederhana seperti sirup atau kue yang manis, melainkan karbohidrat yang berupa Nasi, ubi, jagung dan sejenisnya. Kobohidrat kompleks juga memiliki sifat penahan rasa kenyang yang lama sehingga baik dikonsumsi saat sahur.

2. Jenis Lauk Yang Berprotein Tinggi
Pemilihan lauk juga penting. Lauk dengan nilai protein tinggi tentu akan sangat baik bagi tubuh saat melakukan aktivitas. jenis lauk yang baik dan meiliki nilai protein tinggi seperti daging sapi, ikan, telur, tempe, tahu dan sejenisnya. Penting juga untuk diperhatikan tentang cara megolah lauk tersebut. Jangan sampai pada proses pengolahannya mengurangi nilai protein dari lauk tersebut. Misalnya saat memasak daging, usahakan agar tidak sampai menghilangkan protein yang terdapat pada daging tersebut. Proses memasak yang terlalu lama biasanya akan menghabiskan nilai protein pada daging.


3. Hindari Makanan Yang Pedas dan Berlemak
Makanan yang pedas akan mengakibatkan iritasi lambung dan mengganggu pencernaan. Sedangkan makanan yang berlemak dapat memicu produksi asam lambung sehingga mengakibatkan penyakit maag.

4. Konsumsi Sayuran Dan Buah
Sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang berpuasa untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah. Ini penting untuk menjaga keseimbangan gizi yang diperlukan oleh tubuh disiang hari saat berpuasa. Kandungan vitamin dalam buah akan membantu Anda tetap bertenaga saat beraktivitas. Pilihlah jenis buah yang banyak mengandung air seperti apel, semangka, jeruk, melon, anggur dan sejenisnya. Sayuran yang kita konsumsi tentunya akan membuat kita tetap sehat selama berpuasa

5. Perbanyak Minum Air Putih
Hal yang tidak kalah penting saat sahur adalah perbanyak minum air putih. Usahakan air putih yang Anda minum sesuai dengan standar yang diperlukan oleh tubuh yaitu sekitar 2 liter atau lebih. Air putih akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi saat berpuasa dan tetap mempertahankan kelembaban kulit. Jadi bagi Anda para wanita yang takut kulitnya kering selama berpuasa, maka memperbanyak minum air putih adalah pilihan yang tepat untuk kesehatan tubuh dan kulit Anda.

6. Tambahkan Multivitamin Jika Diperlukan
Ada baiknya Jika Anda yang memang adalah seorang pekerja keras dan melakukan aktivitas yang sangat menguras tenaga, sebaiknya mengonsumsi multivitamin agar tetap menstbilkan energi Anda.

7. Minum Obat Sakit Maag
Banyak orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan alasan terkena sakit maag. Tips ini sebenarnya tidak begitu dianjurkan karena ada beberapa penelitian mengatakan bahwa sakit maag dapat disembuhkan dengan berpuasa. Namun jika Anda memang sangat bermasalah dengan sakit Maag Anda maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi obat maag saat sahur demi menjaga kelancaran ibadah puasa Anda.

#Saat Berbuka

8. Berbukalah Dengan Yang Manis
Kenapa berbuka dengan yang manis itu dianjurkan?. Tahukah Anda jika tubuh kita mengalami penurunan metabolisme tubuh. Nutrisi yang disimpan tubuh saat santap sahur akan terus berkurang seiring dengan aktivitas yang kita lakukan. Selama 14 Jam tubuh kita tidak mendapatkan asupan Nutrisi. Makanya Asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang manis sangat penting bagi tubuh saat berbuka puasa untuk mengisi kembali kalori yang hilang selama sehari berpuasa. Makanan dan minuman yang manis merupakan sumber kalori yang sangat baik dan mudah diserap oleh tubuh. Sehingga energi yang hilang selama sehari berpuasa segera tergantikan setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang manis.

9. Tetap Jaga Porsi Makanan
Saat berpuasa, hasrat untuk menikmati banyak menu makanan akan selalu terbayang dipikiran. Ketika Anda sudah berbuka dengan Makanan minuman yang manis, sebaiknya jangan langusng mengonsumsi makanan utama. Mengonsumsi terlalu banyak makanan saat berbuka puasa akan membuat pencernaan bekerja keras sehingga akan membuat perut Anda akan jadi begah dan melilit. Ada baiknya setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang manis sebaiknya Anda sholat Maghrib terlebih dahulu lalu kemudian menimati menu utama berbuka puasa Anda namun tetap dengan porsi yang wajar. sebagaimana dalam Al-Quran surah Al A'raf ayat 31 yang berbunyi "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." Dengan pola makan yang sehat, seimbang dan wajar, maka sehat selama berpuasa akan menjadi kenyataan.

Tips Tambahan

  • Tetap Berolah RagaLakukan olah raga ringan sehabis sholat subuh. Anda bisa melakukan olah raga yang ringan sperti jalan kaki, bersepeda dan sejenisnya. Olah raga penting untuk tetap memperbaiki kebugaran tubuh. 
  • Saat berbuka atau sahur, jangan terburu-buru saat mengunyah makanan.
  • Hindari makanan kalengan dan makanan mie instan.

Demikianlah Tips agar tetap sehat selama berpuasa dari kumpulan tips terkini, semoga bermanfaat. dan jika bermanfaat silahkan dishare. Terima kasih ☺