10 Alasan Kenapa Merokok Tidak Baik Bagi Kesehatan

Merokok merusak tubuh dan kesehatan Anda dengan berbagai cara. Selain efek kesehatan yang merugikan pada perokok, merokok membahayakan janin dan orang-orang di sekitar perokok. Biaya merokok dalam hal sumber layanan kesehatan dan biaya ekonomi lainnya tidak dapat diremehkan.

Merokok bagi para pemula adalah sebuah keisengan belaka, namun beberapa kasus sering terjadi pada para pemula adalah berdampak kecanduan dn akhirnya menyebabkan sulit untuk melepaskan diri dari jeratan rokok yang jahanam (sedikit lebay ^_^).

Merokok Tidak Baik Bagi Kesehatan



Hal yang paling menyedihkan adalah banyaknya kasus anak dibawah umur yang merokok. Mereka tidak sadar akan bahaya yang menghampiri. Kesehatan itu penting dan sangat mahal nilainya. Tidak ada seorangpun yang ingin sakit, namun apalagi megalami penyakit akibat dari asap rokok.

Berikut ini beberapa alasan kenapa rokok perlu dihindari, diantaranya yaitu:

1.  Penyakit Jantung dan Penyakit Darah

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit melaporkan bahwa merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke dua kali lipat menjadi empat kali lipat. Merokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang menyebabkan berkurangnya pengiriman darah ke jaringan tubuh. Merokok juga meningkatkan risiko pelemahan dan pembengkakan pembuluh darah, yang dikenal sebagai aneurisma. Pecahnya aneurisma bisa menyebabkan stroke atau kematian mendadak.

2.  Penyakit paru-paru

Laporan September 2003 dari CDC mencatat bahwa 49 persen perokok saat ini memiliki bronkitis kronis dan 24 persen memiliki emfisema. Di antara mantan perokok, 24 persen memiliki emfisema dan 26 persen memiliki bronkitis kronis. Risiko kematian akibat penyakit paru obstruktif kronis, atau COPD, adalah 12 sampai 13 kali lebih tinggi di antara perokok dibandingkan dengan bukan perokok.

3.  Tulang Lemah

Perokok wanita memiliki tingkat osteoporosis dan patah tulang pinggul yang lebih tinggi setelah menopause. Menurut sebuah studi pada 1997 yang dipublikasikan di "BMJ," 1 dari 8 fraktur pinggul di kalangan wanita disebabkan oleh merokok. Pada usia 60, risiko patah tulang pinggul pada perokok wanita adalah 17 persen lebih tinggi daripada orang yang tidak merokok dan 71 persen lebih tinggi pada usia 80 tahun.

4.  Kanker

Asap rokok mengandung banyak bahan kimia, termasuk lebih dari 50 yang diketahui menyebabkan kanker, lapor American Lung Association. Perokok memiliki tingkat kanker yang lebih tinggi, termasuk paru-paru, perut, kandung kemih, mulut dan kerongkongan. Merokok bertanggung jawab atas sekitar 90 persen kasus kanker paru-paru. The American Cancer Society melaporkan bahwa pada tahun 2013, hanya sekitar 16 persen orang dengan kanker paru-paru bertahan 5 tahun atau lebih.

5.  Bahaya sekunder

Asap rokok menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. American Cancer Society mencatat bahwa asap rokok bertanggung jawab atas lebih dari 45.000 kematian akibat penyakit jantung dan sekitar 3.400 kematian akibat kanker paru-paru pada bukan perokok di A.S. setiap tahunnya. Anak-anak yang terpapar asap rokok memiliki lebih banyak infeksi telinga dan pilek dan peningkatan risiko sindrom kematian bayi mendadak, jelas American Lung Association.

6.  Masalah Gigi, Mulut dan Tenggorokan

Gigi bernoda dan berkurangnya sensasi bau dan rasa yang umum terjadi pada perokok. Merokok menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Merokok juga meningkatkan risiko kanker mulut, bibir, lidah dan tenggorokan kira-kira lima kali lipat hingga sepuluh kali lipat, menurut teks medis "Epidemiologi dan Pencegahan Kanker."

7.  Komplikasi Kehamilan

Wanita yang merokok selama kehamilan memiliki kejadian kelahiran prematur yang lebih tinggi, bayi dengan berat lahir rendah dan kelahiran mati, menurut Departemen Kesehatan dan Layanan A.S.. Wanita yang merokok juga cenderung mengalami infertilitas. Pun bagi wanita hamil perokok pasif akan sangat membahayakan janinnya jika berada disekitar atu lingkungan orang-orang perokok (perokok pasif).

8.  Asma

Merokok dan asap rokok merupakan pemicu serangan asma. Melanjutkan merokok dengan asma secara signifikan dapat memperburuk kondisi dan membuatnya lebih sulit dikendalikan. Di antara anak-anak prasekolah, paparan asap rokok meningkatkan risiko asma, laporan Badan Perlindungan Lingkungan A.S.

9.  Biaya perawatan kesehatan

CDC memperkirakan bahwa penyakit yang berhubungan dengan merokok menghabiskan biaya $ 96 miliar per tahun dan bahwa A.S. kehilangan sekitar $ 97 miliar biaya produktivitas karena penyakit pekerja terkait dengan merokok.

10.  Kematian dini

Semua efek kesehatan negatif dari merokok berdampak pada harapan hidup. Pria yang merokok meninggal 13,2 tahun lebih awal daripada orang bukan perokok dan wanita meninggal 14,5 tahun sebelumnya, CDC memperingatkan.

Itulah 10 alasan kenapa merokok tidak baik bagi kesehatan, Jika ada tambahan mungkin bisa dilanjutkan dikolom komentar. Terima kasih
Load Comments

Iklan Atas yutips.com

Iklan tengah yutips.com 1

Iklan tengah yutips.com 2

Iklan bawah yutips.com

Subscribe Our Newsletter