Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sakit Kepala Sebelah Kambuh, Atasi Dengan Obat Migrain Alami Ini

Sakit kepala sebelah mungkin merupakan salah satu penyakit yang cukup menjengkelkan. Bagaiman tidak, penyakit ini biasanya akan muncul tiba-tiba tanpa gelaja terlebih dahulu. Meskipun hanya menyerang setengah bagian kepala saja namun penyakit ini tentulah akan menghambat aktivitas yang kita jalankan.

Sakit kepala sebelah atau Migrain ini biasanya ditandai dengan gejala-gelaja seperti muntah, mual dan juga sensitif terhadap suara dan pengaruh cahaya. Hal ini merupakan gejala umum yang bisa dideteksi darai awal ketika atau sebelum mengalami penyakit migrain ini.

Migrain adalah penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat khusus untuk sakit kepala sebelah in sendiri. Dan lagi, obanya pun terbilang cukup mudah didapatkan di apotik atau toko obat bahkan warung kecil juga biasa menyediakan obat ini. Namun ada baiknya jika Anda tidak begitu bergantung pad obat-obatan kimia jika cara alami pengobatan sakit kepala sebelah ini bisa menjadi alternatif.


Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Sebelah [Migrain]

Dibawah ini merupakan beberapa cara alternatif atau cara alami yang bisa digunakan jika Anda merasakan sakit kepala sebelah tak tertahankan.

1. Oleskan Minyak Peppermint

minyak peppermint untuk sakit kepala sebelah


Minyak peppermint dipercaya memiliki banyak khasiat yang sangat bermanaat untuk kesehatan. Minyak pappermint juga banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan yang terdapat pada pepermint ini sendiri sudah terbukti secara klinis dan sudah tidak diragukan lagi. Karenanya, banyak yang merekomendasikan penggunaannya untuk menyembuhkan sakit kepala sebelah.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Hanya dengan mengoleskan pada bagian kepala yang sakit saja kemudian tunggu beberapa saat maka sakit kepala sebelah pun akan hilang dan hanya tertinggal rasa dingin dari minyak pepermint tersebut.


2. Menghirup minyak lavender

minyak lavender untuk migrain


Wangi aroma lavender sangat menenangkan. Laverder merupakan salah satu aroma terapi yang bisa dijadikan sebagai obat Anti stress
Minyak esensial lavender adalah obat alami lain untuk migrain yang bisa Anda coba.

Menurut sebuah studi dari European Journal of Neurology, orang yang menghirup aroma minyak lavender ketika migrain akan sembuh lebih cepat daripada orang yang menggunakan plasebo (obat kosong / tanpa zat aktif).

Minyak lavender memiliki efek menenangkan dan menyeimbangkan kadar serotonin dalam tubuh. Dengan cara ini, migrain bisa hilang karena stres.

Anda dapat menggunakan minyak lavender dengan menghirup atau mengoleskannya ke kulit. Namun, sebelum mengoleskannya ke kulit, pastikan tidak ada alergi terhadap minyak atsiri. Cara memeriksa alergi, yaitu dengan mengoleskan minyak esensial ke area pergelangan tangan bagian dalam.


3. Minumlah air jahe hangat

jahe hangat untuk sakit kepala


Jahe adalah obat alami untuk migrain yang bisa Anda coba di rumah. Hasil penelitian menyatakan bahwa minum teh jahe kering dapat mengurangi keparahan migrain.

Setelah minum air jahe hangat, Anda bisa minum obat sumatriptan migrain untuk meredakan gejala sakit kepala.


4. Lalukan Yoga

yoga sehat untuk sakit kepala


Orang mungkin tidak mengetahui migrain alami ini secara luas. Ya, gerakan dan postur yoga dan pernapasan yang tepat dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

Hasil studi menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi frekuensi, durasi, dan keparahan gejala migrain. Yoga juga diyakini dapat mengurangi kecemasan dan stres di daerah yang terkena migrain dan dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Meskipun tidak ada penelitian lain yang dapat membuktikan bahwa yoga dapat mengobati migrain, yoga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Cobalah pijatan kulit kepala

pijat kulit kepala saat sakit kepala


Pijat kulit kepala dapat bertindak sebagai obat migrain alami yang kuat. Langkah ini dapat membantu mengurangi ketegangan di area kepala dan sirkulasi darah. Lakukan dengan pijatan ringan. Pijatlah dikedua sisi kepala. baik itu yang sakit maupun yang tidak.

Memijat kepala tidak hanya akan mengurangi rsa sakit, tapi juga akan memberikan efek rileks serta mengembalikan mood yang buruk saat mengalami sakit kepala.

6. Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3

makanan yang mengandung omega 3


Peradangan dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk mengurangi efek peradangan pada tubuh, makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi.

Penelitian tentang migrain yang diterbitkan dalam Jurnal Keperawatan dan Kebidanan Iran menunjukkan bahwa orang yang jarang mengonsumsi lemak omega-3 akan mengalami migrain lebih banyak daripada mereka yang rutin mengonsumsi lemak omega-3.

Makanan yang mengandung sumber asam lemak omega-3 yang dapat digunakan sebagai pengobatan untuk migrain alami adalah berbagai jenis ikan (tuna, mackerel, sarden), telur, bayam, dan lainnya.

Namun, Anda harus ingat untuk berhati-hati ketika menggunakan beberapa bahan alami obat adik kita di atas. Jika Anda alergi, segera hentikan penggunaannya.

7. Makan makanan yang kaya magnesium

makanan kaya magnesium


Kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan sakit kepala dan serangan migrain dengan mudah.

Beberapa jenis makanan kaya magnesium yang bisa Anda makan, termasuk almond, selai kacang, kacang mede, susu, telur, oatmeal, biji wijen, dan biji bunga matahari.

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen magnesium oksida. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium oksida dapat membantu mencegah migrain.

Selain itu, mengambil suplemen yang mengandung magnesium juga dapat mencegah migrain yang timbul karena kram perut selama menstruasi, juga dikenal sebagai sindrom pramenstruasi (PMS).

8. Lakukan akupresur

akupresur untuk sakit kepala sebelah


Akupresur adalah pengobatan terapi alternatif yang dilakukan dengan memberikan tekanan ke beberapa titik tubuh menggunakan jari untuk menghilangkan rasa sakit. Metode ini dianggap sebagai obat migrain alami.

Dalam satu studi, akupresur dikatakan efektif dalam mengobati sakit kepala kronis. Kemudian penelitian lain mengungkapkan bahwa akupresur dapat membantu meringankan mual dan muntah sebagai salah satu gejala yang berhubungan dengan migrain.

Kedelapan cara diatas sebenarnya sudah diuji dan sudah dibuktikan mampu untuk mengatasi migrain. Namun jika ada beberpa bahan diatas yang menurut Anda tidak cocok atau Anda mengalami alergi terhadap bahan tersebut, sebaiknya segera hentikan penggunaannya karena justru akan bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda nantinya.

Jika setelah menggunakan metode dan bahan Alami pengobatan sakit kepala sebelah diatas namun sakit kepala sebelah Anda belum juga reda, sebaiknya segera periksakan ke Dokter. Cara ini merupakan alternati pengobatan dan bukan menjadi pilihan utama. Namun sebagian orang lebih memilih menggunakan cara ini karena merupakan cara alami dan terbukti manjur untuk mengatasi migrain (sakit kepala sebelah).

Demikian artikel kesehatan kali ini tentang pengobatan alami yang bisa dilakukan saat mengalami sakit kepal sebelah atau migrain. Jika menurt Anda artikel ini bermanfaat, silakan dibagikan melalui tombol berbagi dibawah. Terimakasih

Post a Comment for "Sakit Kepala Sebelah Kambuh, Atasi Dengan Obat Migrain Alami Ini"

Berlangganan via Email