Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Kanker Payudara dan Bagaimana Ciri-Cirinya

Apa itu kanker payudara? Kanker payudara adalah jenis kanker yang menyerang wanita di kelenjar susu. Tetapi meskipun kanker ini hanya ditemukan pada wanita, ada juga pria yang menderita kanker payudara, tetapi dalam skala yang lebih kecil atau dalam jumlah 1 hingga 1000.

Kanker payudara dimulai ketika sel-sel payudara mulai tumbuh tak terkendali. Sel-sel ini biasanya membentuk tumor yang hanya bisa dilihat dengan sinar-X atau terasa seperti benjolan. Jika tumor ganas, sel-sel dapat tumbuh (menyerang) jaringan di sekitarnya atau menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh yang jauh.
Sel-sel di hampir semua bagian tubuh bisa menjadi ganas dan menyebar ke area lain.
kanker payudara dan ciri-cirinya

Di mana kanker payudara dimulai?
Kanker payudara dapat dimulai dengan berbagai bagian payudara. Sebagian besar jenis kanker payudara dimulai dalam tabung yang membawa susu ke puting (kanker saluran). Beberapa jenis juga biasanya dimulai pada kelenjar yang menghasilkan ASI (kanker lobular). Tetapi ada jenis kanker payudara lain yang kurang umum.

Sejumlah kecil kanker dimulai pada jaringan payudara lainnya. Kanker ini disebut sarkoma dan limfoma dan tidak benar-benar dianggap kanker payudara. Namun banyak yang beranggapan bahwa hal tersebut hanya mitos.


Tidak semua jenis kanker payudara pada tahap awal memiliki benjolan sebagai tanda awal. Anda dapat menemukan fitur spesifik di akhir posting ini. Banyak jenis kanker payudara terdeteksi dengan skrining mammogram yang dapat mendeteksi kanker pada tahap awal, sering sebelum dapat dirasakan dan sebelum gejala berkembang. Ada gejala lain kanker payudara yang harus Anda perhatikan dan beri tahu dokter Anda.

Penting juga dipahami bahwa sebagian besar benjolan payudara tidak berbahaya dan tidak ganas. Tumor payudara yang tidak ganas memiliki pertumbuhan abnormal, tetapi tidak menyebar di luar payudara dan tidak mengancam jiwa. Tetapi beberapa tumor jinak dapat meningkatkan risiko wanita terkena kanker payudara. 

Setiap benjolan atau perubahan payudara harus diperiksa oleh penyedia layanan kesehatan untuk menentukan apakah itu jinak atau ganas (kanker) dan apakah itu dapat mempengaruhi risiko kanker di masa depan.

Bagaimana kanker payudara menyebar

Kanker payudara dapat menyebar ketika sel-sel kanker memasuki darah atau sistem limfatik dan dipindahkan ke bagian lain dari tubuh.

Sistem limfatik adalah jaringan pembuluh limfatik (atau limfatik) yang ditemukan di seluruh tubuh yang menghubungkan kelenjar getah bening (akumulasi kecil sel seperti kacang dari sistem kekebalan tubuh). Cairan bening di pembuluh limfatik, yang disebut getah bening, mengandung produk sampingan dan limbah, serta sel-sel sistem kekebalan tubuh. Pembuluh limfatik membawa cairan limfatik dari dada.

Dalam kasus kanker payudara, sel-sel kanker dapat memasuki pembuluh limfatik dan mulai tumbuh di kelenjar getah bening. Sebagian besar pembuluh limfa susu mengalir ke:
  1. Kelenjar getah bening di bawah ketiak (kelenjar aksila)
  2. Kelenjar getah bening di sekitar klavikula (supraklavikula [di atas klavikula] dan kelenjar getah bening subklavia [di bawah vertebra serviks]
  3. Kelenjar getah bening di dada dekat sternum (kelenjar getah bening internal kelenjar susu)
  4. Jika sel-sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, ada kemungkinan besar bahwa sel-sel dapat melewati sistem limfatik dan menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh Anda.

Semakin banyak getah bening yang dimiliki sel kanker payudara, semakin besar kemungkinan mereka ditemukan di organ lain. Karena itu, mendeteksi kanker pada satu atau lebih kelenjar getah bening sering memengaruhi rencana perawatan Anda. Anda biasanya memerlukan pembedahan untuk menyingkirkan satu atau lebih kelenjar getah bening untuk melihat apakah kanker telah menyebar.

Namun, tidak semua wanita dengan sel kanker di kelenjar getah bening mengembangkan metastasis, dan beberapa wanita yang tidak memiliki sel kanker di kelenjar getah bening mengembangkan metastasis pada usia lanjut.

Ciri-Ciri Kanker Payudara

Berikut ini adalah beberapa ciri / karakteristik yang bisa Anda perhatikan pada payudara Anda yang memungkinkan terjadinya kanker payudara.

1. Tonjolan / penebalan di sekitar dada

Kehadiran benjolan di dada harus dimulai dengan kontrol. Memiliki benjolan ini adalah tanda awal bahwa Anda menderita kanker payudara. Stadium awal kanker payudara ditandai dengan benjolan di ketiak dekat dada.

Meskipun tidak 100% dari benjolan ini menunjukkan bahwa Anda menderita kanker, Anda setidaknya harus waspada, dimulai dengan apa yang terasa kecil atau mengganggu, Anda harus pergi ke dokter secara langsung.

Untuk menentukan tumor mana yang lebih mungkin menjadi kanker payudara dan mana yang tidak, berikut adalah beberapa karakteristiknya
Tanda-tanda kemungkinan benjolan kanker
  • Benjolan itu terasa berat
  • Paket ini tidak bijaksana; tidak mudah untuk dikatakan
  • Benjolan tetap di dada; Tidak bergerak
  • Hanya ada satu benjolan
  • Tidak ada benjolan di dada yang sama di sebelahnya
  • Kulit dada kusam
  • Benjolan disertai oleh sekresi
  • Benjolan kecil itu menjadi ganas
  • Soft com
  • Kemasan terpisah; mudah dibedakan
  • Benjolan bergerak di dada
  • Ada beberapa benjolan di dada.
  • Ada benjolan di dadanya di sebelahnya.
  • Benjolan menghilang setelah siklus menstruasi.
Selain benjolan, penebalan dada di bawah ketiak juga wajib bagi Anda untuk segera mencari tahu dan berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasakannya.

2. Ada kerutan di sekitar dada

Adanya kerutan di dada dan area kulit lainnya biasanya dirasakan oleh orang yang lebih tua, tetapi tentu saja akan berbeda jika Anda mengalami atau mendapatkan karakteristik awal kanker payudara, kerutan dapat dideteksi di bagian payudara tertentu.
Kulit payudara normal tanpa kerutan cenderung rata dan rata (kecuali area puting).
Kerutan dari tanda kanker payudara ini bisa dirasakan dengan menyentuh permukaan payudara. Permukaan ini biasanya kasar dan karakteristik daerah dada, warnanya cukup hitam, dan kerutan ini hanya mempengaruhi beberapa daerah.

3. Payudara tampak kemerahan dan bengkak.

Jika Anda melihat perubahan signifikan pada warna kulit di sekitar dada, seperti kemerahan, pembengkakan, atau hitam / gelap di satu sisi atau di area tertentu di dada Anda, maka Anda harus mulai membahas masalah ini dengan dokter Anda, karena ini adalah masalah yang cukup serius.

kemerahan
Coba perhatikan kulit di sekitar area dada di depan cermin, lihat apakah ada warna yang tidak biasa di bagian atas, bawah atau samping. Tanda merah ini biasanya akan terasa hangat saat disentuh, seperti panas, tetapi ini tipikal untuk area tertentu.

bengkak
Selain itu, ada benjolan, karakteristik kanker payudara juga biasanya meradang, biasanya, peradangannya cukup lunak saat disentuh.

4. Perubahan ukuran dan bentuk payudara

Jika Anda melihat ada kelainan pada salah satu bentuk payudara Anda, Anda harus mulai khawatir, karena ini adalah karakteristik keempat kanker payudara. Namun tidak hanya dalam bentuk, ukuran payudara juga merupakan gejala umum.
Dari 34 besar sebelumnya, hanya 32 (ukuran contoh)
Dari apa yang dinyatakan sebelumnya, kini ditolak.
Perubahan ukuran dan bentuk ini dapat terjadi pada satu payudara atau keduanya. Jadi ada baiknya jika Anda melihat satu perubahan atau keduanya perubahan dalam hal bentuk dan ukuran, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda.

5. Gatal, nyeri bersisik dan ruam pada puting susu

Ciri khas berikutnya dari kanker payudara adalah gatal-gatal, terkelupas dan nyeri, serta ruam pada ASI. Faktor lain yang dapat menjadi ciri kanker payudara adalah munculnya rasa gatal, yang tidak terduga di daerah dada. Gatal ini dapat terjadi dalam skala kecil dan tidak terlalu tidak menyenangkan untuk diiritasi, karena sulit diatasi, dan intensitasnya sudah sangat tinggi.

Bersisik. Ada juga jenis serpihan pada kulit kelenjar susu, yang sangat mengganggu karena sakit ketika dibersihkan atau dipertahankan. Sisik pada bagian mana pun dari kulit secara alami harus mendapat perhatian lebih, karena kulit manusia secara alami tidak akan bersisik, terutama jika terjadi di area dada.
Letusan. Terutama untuk ruam yang muncul hanya di sekitar puting susu, jika ruam terjadi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

6. Keluarnya cairan secara tiba-tiba

Cairan Puting Ketika, tanpa alasan yang jelas (bukan menyusui), cairan keluar dari puting susu, maka ini adalah salah satu gejala kanker payudara Anda.

Cairan yang keluar dari puting bisa berwarna putih dan transparan, agak tebal atau cair.
Jika puting susu melepaskan cairan cokelat atau bahkan membentuk cairan darah merah, ini adalah tahap kronis di mana Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Anda kemungkinan besar akan mengalami gejala awal kanker payudara.

Tetapi secara umum, cairan apa pun yang keluar dari puting tanpa alasan yang jelas harus memberi perhatian khusus, konsultasikan dengan dokter.

7. Rasa sakit tidak hilang di bagian payudara tertentu.

Payudara bisa terasa sakit ketika Anda mengalami menstruasi atau ketika Anda sedang hamil. Tapi tentu saja rasa sakit bisa hilang bersamaan dengan akhir siklus yang Anda lalui.

Jadi bagaimana jika rasa sakitnya tidak hilang? Jika tidak hilang, cobalah untuk melihat apakah bagian yang sakit berada pada posisi yang sama atau tidak. jika pada bagian yang sama lebih cenderung menjadi gejala kanker payudara yang harus Anda waspadai.

Apa yang harus dilakukan jika timbul rasa sakit?
Jangan menekan atau menempel dengan penghilang rasa sakit 'minyak'
Segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan yang lebih rinci.
Jangan biarkan terlalu lama, karena itu akan sangat berbahaya.

8. Puting Terlihat Masuk kedalam

Puting pada umumnya akan naik, meskipun lebih kecil, setidaknya akan sejajar dengan kulit. Namun keanehan yang harus Anda perhatikan saat dia menerjang dan tidak tepat.
Apakah hanya dari puting?
Tidak. Justru, semua bagian payudara yang menukik di dalam Anda harus mewaspadai gejala kanker payudara, bahwa lebih banyak kontrol harus dilakukan agar tidak lebih berbahaya.
Puting yang 'tersembunyi' di dalamnya dapat terjadi di satu bagian atau kedua bagian sekaligus.
Ingat!! Tidak hanya puting susu, bagian lain selain puting susu juga bisa tenggelam dalam tanda yang harus Anda perhatikan sehingga tidak memiliki dampak kronis.
8 karakteristik di atas adalah gejala awal kanker payudara, tetapi tentu saja, jika kanker telah menyebar, tentu tidak hanya memiliki efek pada lingkungan fisik di sekitar payudara. Ini adalah tanda-tanda dan efek kanker payudara yang diketahui terlambat ((Cancer.ca, Tanda dan Gejala Kanker Payudara, diakses 18 Oktober 2014)) atau ketika kanker telah menyebar dan mempengaruhi bagian lain dari tubuh kita.

Informasi tambahan

Beberapa pengaruh lain yang mungkin menjadi karakteristik kanker payudara dan layak dipertimbangkan termasuk:
  • Sakit tulang
  • Mual
  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan
  • Penyakit kuning
  • Penumpukan cairan di sekitar paru-paru (efusi pleura)
  • Sulit untuk bernafas
  • Sakit kepala parah dan tidak cepat pulih
  • Batuk
  • Pandangan kabur
  • Lemah

Setelah mengetahui ciri ciri kanker payudara, ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter terkait untuk menemukan solusi atas tanda yang anda alami. Ini agar bisa mendapatkan panduan dan tips yang lebih lengkap.

Demikian artikel tentang kanker payudara dan ciri-cirinya. semoga bermanfaat. Terima kasih.

Post a Comment for "Apa Itu Kanker Payudara dan Bagaimana Ciri-Cirinya"

Berlangganan via Email