Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Kerontokan Rambut Seletelah Melahirkan

Rambut rontok setelah melahirkan merupakan hal yang sangat normal. Hampir semua wanita yang melahirkan harus menderita kerontokan rambut. Ini disebabkan oleh penurunan hormon androgen yang meningkat selama kehamilan.

Kehamilan adalah masa terbaik untuk rambut sehat. Saat Anda hamil, rambut Anda akan tumbuh dengan mudah dan tidak rontok karena kadar hormon androgen yang berperan dalam kesuburan rambut meningkat secara dramatis. Namun, setelah lahir, kadar androgen turun secara dramatis, yang dapat menyebabkan penurunan kesehatan rambut, menyebabkan kerontokan rambut.

Bagaiaman dengan Anda yang baru saja melahirkan. Melahirkan atau beranak atau memiliki Anak mungkin adalah impian tersebesar bagi seorang wanita. Namun hal ini membutuhkan proses yang cukup melelahkan yaitu sekitar 9 (sembilan) bulan lebih (untuk waktu yang normal). Namun disatu sisi, terdapat masalah lain yang kadang membuat wanita yang telah bersalin sedikit terganggu yaitu kerontokan rambut setelah bayi lahir.

Bagi wanita yang baru saja melahirkan, jangan khawatir karena masalah ini masih bisa diatasi. Rambut rontok setelah lahir tidak akan menyebabkan alopecia karena rambut akan kembali normal setelah itu.

Bagaiman mengatasi masalah kerontokan rambut saat melahirkan ini. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda terapkan jika masalah korontokan rambut ini muncul setelah bersalin.

Cara Mengatasi Kerontokan Rambut Seletelah Melahirkan


Langkah 1

Mengatasi kerontokan rambut setelah melahirkan
Jangan ikat rambut Anda terlalu keras. Hindari mengepang rambut atau menggunakan ikal yang sangat sempit karena ini akan mengencangkan kulit kepala dan menyebabkan kerontokan rambut. Beberapa pakar kesehatan dan ahli menyarankan untuk tidak terlalu mengencangkan ikatan pada rambut. Ini sangat berpotensi menyebabkan awal kerontokan rambut. Jika memang harus mengikat rambut, usahakan agar tidak terlalu kencang dan gunakan bahan yang bisa membuat Anda merasa nyaman.

Langkah 2

mengatasi kerontokan rambut setelah melahirkan

Makan makanan bergizi dan makan lebih banyak buah dan sayuran yang mengandung flavonoid dan antioksidan. Flavonoid dan antioksidan merangsang pertumbuhan rambut sehingga mengurangi kerontokan rambut.

Langkah 3

atasi rambut rontok setelah bersalin

Sertakan B, Vitamin E, dan Kompleks C dalam diet Anda. Nutrisi yang ditemukan dalam vitamin B, Vitamin E dan C dapat mengurangi kerontokan rambut sehingga rambut Anda terlihat sehat dan kuat. Dengan menggunakan manfaat vitamin utamnya vitamin C adalah cara yang tepat untuk memberikan nutrisi pada tambut Anda. Sehingga rambut Anda akan menjadi sehat dan terhindar dari kerontokan baik sebelum atau setelah melahirkan.

Langkah 4

rambut rontok setelah melahirkan bayi

Shampoo menggunakan sampo yang mengandung biotin atau silika. Kandungan biotin atau silika dalam shampo akan membuat rambut sehat, kuat dan tidak rontok. Pilih jenis shampoo yang juga cocok untuk kulit kepala Anda, karena beberpa kasus yang terjadi, kebanyakan pengguna shampoo yang tidak cocok justru menyebabkan kerontokan dan itu sangat fatal.

Langkah 5

mengatasi rambut rontok setelah bayi lahir

Gunakan sisir yang memiliki lebih banyak ruang di antara gigi. Sisir gigi jarang mengurangi kerontokan rambut. Jangan menggunakan sisir yang rapat. Karena jika rambut Anda kusut ketika disisir, sisir yang rapat justru akan manarik rambut dan membuat rambut jadi patah bahkan bisa menjadi awal kerontokan. Sangat disarankan untuk menggunakan sisir yang jarang atau spasi lebar.

Langkah 6

Atasi kerontokan rambut

Minimalkan penggunaan alat-alat rambut seperti pengering rambut atau pengeritingan. Sebaiknya gunakan handuk atau kain kering untuk mengeringkan rambut Anda. Jika Anda terpaksa menggunakan pengering rambut, gunakan pada suhu rendah, sekitar 10 hingga 15 cm dari rambut.

Langkah 7

mengatasi kerontokan rambut setelah melahirkan normal

Pilih gaya potong rambut sesuai selera Anda. Dengan ini, Anda akan lebih suka rambut dan dengan senang hati mengobatinya. Potongan rambut biasa akan bebas dari ujung bercabang. Karena tahukah Anda bahwa rambut bercabang adalah salah satu ciri rambut yang tidak sehat dan harus dihindari. Olehnya itu, dengan memotong rambut selain untuk memaksimalkan penampilan juga bermanfaat untuk mengatasi rambut bercabang yang bisa berakibat pada kerontokan.

Langkah 8

cara alami mengatasi kerontokan rambut

Hindari stres setelah melahirkan, tetap berpikir positif. Stres adalah penyumbang terbesar penyebab kerontokan rambut. Jangan pernah berfikir yang tidak-tidak tentang apapun. Sekarang Anda sudah punya bayi dan bayi Anda adalah salah satu obat stress yang paling ampuh. Ajak bayi Anda berkomunikasi untuk mengmbalikan mood dan membuat Anda menjadi nyaman kembali.


Kerontokan rambut sehabis bersalin ini normal. Ada yang mengalami dan ada juga yang tidak. Namun yang tidak mengalami masalah ini hanya sebagian kecil saja. Hal ini bukan berarti Anda tidak merawat kesehatan kulit kepala dengan benar, namun ini dikarenakan karena beberapa faktor termasuk hormon.

Demikina artikel kesehatan ibu hamil dari yutips.com kali ini tentang cara yang aman dan mudah untuk Mengatasi Kerontokan Rambut Seletelah Melahirkan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Post a Comment for "Mengatasi Kerontokan Rambut Seletelah Melahirkan"

Berlangganan via Email