Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Pilihan Menu Buka Puasa yang Sehat dan Enak

Menjaga kesehatan selama bulan lean sangat penting. Tidak hanya dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup, tetapi Anda juga harus memperhatikan makanan yang dimakan saat puasa dan sahur. Jenis makanan yang Anda konsumsi saat sahur adalah sumber tenaga yang akan digunakan untuk menjalani aktivitas siang hari di bulan puasa. Dan menu berbuka puasa adalah penyeimbang dan pemulihan nutrisi tubuh yang hilang selama menjalankan ibadah puasa. Makanya keduanya harus seimbang.

Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk memasak ketika Anda ingin berbuka puasa daripada saat fajar. Karena itu, siapkan menu buka puasa sehat untuk diri sendiri dan keluarga Anda. Jika Anda tidak yakin jika Anda mencari ide yang berguna untuk menu berbuka puasa, Bacaterus akan merekomendasikan beberapa menu yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi puasa.

1. Kurma

Menu makanan sehat saat berbuka puasa

Ini adalah menu penting untuk puasa. Jika Anda ingin membatalkan posting, Anda tidak perlu makan makanan berat terlebih dahulu. Makan camilan dan permen seperti kurma. Kenapa kamu pergi? Karena kurma mempertahankan banyak manfaat kesehatan positif, seperti mengatasi anemia.

Karena kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi, secara tidak langsung buah ini dapat menjadi suplemen alami bagi penderita anemia. Selain itu, kurma juga mengandung gula alami, yang dapat mengembalikan energi yang hilang saat puasa.


2. Aneka Sup

pilihan menu buka puasa sehat dan enak

Makanan hangat bisa menenangkan perut yang gelisah setelah berpuasa sepanjang hari. Selain itu, sup lebih sehat daripada makanan gorengan. Nah, sup mana yang dianggap berguna untuk digunakan sebagai menu buka puasa? Sup ayam bisa menjadi alternatif dari makanan sehat, yang bisa disajikan dengan melanggar puasa. Ayam akan memberikan asupan protein, yang akan diproses oleh tubuh untuk energi.

Selain sup ayam, Anda juga bisa membuat sup yang mengandung berbagai sayuran, seperti makanan Cina yang disebut Capcay Kuah. Ada berbagai sayuran dalam saus ini, seperti wortel, kembang kol dan sawi. Sementara itu, Anda bisa menambahkan lauk pauk seperti ayam, roti daging sapi, dan jamur ke dalam saus ini.

3. Sup Buah

makanan sehat untuk berbuka puasa

Seperti halnya kurma, sup buah adalah menu yang biasanya digunakan untuk membatalkan puasa sebelum makan makanan berat. Namun, untuk mengubah sup buah menjadi menu cepat yang sehat, Anda harus membuat sup buah sendiri. Didaerah tertentu seperti daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, sop buah dikenal dengan nama "Es Buah".

Homemade Tajil, tentu saja, lebih higienis dan tidak mengandung warna dan rasa buatan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mengukur jumlah gula sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

4. Karedok atau Pechel

menu makanan sehat berbuka puasa

Anda dapat mengatakan bahwa carob atau pecel adalah salad dengan gaya Indonesia. Karedok menyerupai Pecel. Kedua produk tersebut mengandung berbagai sayuran yang dicuci dengan saus kacang. Just Karedok berasal dari Jawa Barat, dan Petsel dari Jawa Timur. Tentu saja, Anda sudah tahu mengapa kedua produk ini dianggap sebagai menu buka puasa yang sehat, bukan?

Ya, keduanya dibuat dengan sayuran yang kaya serat, vitamin dan nutrisi. Selain itu, carob dan pecel dapat dikonsumsi dengan nasi. Namun, jika Anda ingin menyajikan menu makanan ini karena melanggar puasa, itu tidak boleh terlalu tajam sehingga Anda dan keluarga Anda tidak sakit perut.

5. Salad

menu berbuka puasa enak dan sehat

Selama puasa, tubuh akan kekurangan vitamin. Karena itu, saat berbuka puasa, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dengan diet seimbang. Tidak hanya daging dan gula, tubuh juga perlu mengonsumsi sayur dan buah. Namun, makan sayur dan buah secara langsung bisa sangat membosankan, tetapi bagaimana jika Anda mengubahnya menjadi salad?


6. Ikan Bakar

menu sehat berbuka puasa

Menu ini aman untuk diet ramping. Alasannya adalah ikan adalah lauk yang sangat rendah lemak. Untuk mengolah ikan bakar dengan diet sehat untuk mengatasi puasa, Anda dapat menggunakan ikan mas, gurame, tenggeran atau doranga.

Untuk membuat hidangan ini lebih sehat, Anda tidak perlu membakarnya dengan minyak. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak. Sementara itu, Anda bisa menggunakan cabai, jus lemon, merica, dan beberapa kecap asin untuk membumbui ikan. Juga, jangan membakar ikan sampai mereka terbakar. Karena daging ikan berkarbonasi dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

Membuat salad yang sehat dan bergizi itu mudah. Pilih sayur dan buah segar, kemudian potong kecil-kecil agar mudah dikonsumsi. Kemudian tambahkan minyak zaitun, tambahkan mayones dan aduk rata. Oh ya, Anda dapat menambahkan isian lainnya, misalnya tuna atau telur rebus, ya. Kebenaran sederhana?

7. Nasi merah atau kentang rebus

pilihan menus sehat berbuka puasa

Bagaimana dengan sumber karbohidrat saat puasa? Anda bisa mendapatkan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh Anda dari beras merah atau kentang rebus. Karena kandungan kalori dalam beras merah atau kentang rebus tidak sebanyak di nasi putih.

Karena itu, kedua jenis makanan ini sering dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. Bahkan jika Anda tidak menurunkan berat badan, Anda masih bisa makan nasi merah atau kentang rebus, berbuka puasa.

8. Tumis sayuran

makanan sehat dan enak untuk menu berbuka puasa

Apa sayuran kesukaanmu? Apakah bayam, sawi, tauge atau bayam? Semua sayuran ini bisa disajikan dengan bumbu sederhana. Untuk menggoreng sayuran, Anda hanya perlu garam, merica, bawang dan bawang putih.

Gunakan minyak zaitun saat menggoreng sayuran. Jika Anda penggemar rasa pedas, tambahkan beberapa irisan cabai dan goreng sayuran ini. Sayuran goreng adalah makanan yang sangat sehat yang disajikan jika puasa.

9. daging panggang

Menu Buka Puasa yang Sehat dan Enak

Tidak ada salahnya jika Anda terkadang ingin makan daging saat berbuka puasa. Namun, pastikan Anda memotong semua lemak dan kulit dari daging sebelum memprosesnya. Untuk menu yang cepat dan sehat, Anda harus memilih daging tanpa lemak. Lalu, jika dagingnya dipanggang seperti steak.


10. Oatmeal

menu berbuka puasa sehat dan enak

Oatmeal adalah makanan praktis dan sehat yang dapat digunakan untuk puasa. Selain itu, makanan ini juga bisa disajikan untuk makanan. Oatmeal adalah makanan yang kaya serat. Jika waktu puasa Anda sangat dekat dengan tarawih, Anda bisa makan bubur ini dengan berbuka puasa.

Oatmeal akan memberi Anda perasaan penuh. Jadi makanan ini bisa menopang perut Anda setelah puasa seharian penuh. Bahan yang berguna untuk gandum adalah buah-buahan segar, madu, susu skim dan granola.
Nah, bagaimana dengan bumbu? Karena Anda ingin memasak daging sapi panggang yang sehat, Anda harus menggorengnya dengan minyak zaitun, bukan margarin atau mentega. Untuk bumbu, Anda bisa mengandalkan jus lemon, lada dan sedikit garam. Sementara itu, untuk membuat saus daging, gunakan tomat segar, saus cabai dan jus lemon.

11. Ayam Panggang / Masak / Pepes

makanan sehat saat berbuka puasa

Ayam bisa diolah menjadi sup atau hidangan sup. Ayam tidak hanya bisa dimasak dengan cara dipanggang, direbus atau dibumbui dengan bahan-bahan segar. Sebisa mungkin, hindari memasak ayam goreng, terutama jika Anda menggunakan tepung berlebih untuk memasak ayam, seperti yang dijual di restoran cepat saji.

Untuk menyiapkan diet sehat hingga mengganggu puasa, Anda bisa memproses ayam dengan cara yang disebutkan di atas. Berikan kulit ayam karena mengandung banyak lemak.

Kemungkinan menu berbuka diatas tidak bisa dipenuhi semuanya dalam sehari, namun setidaknya salah satu dari menu tersebut bisa hadir di meja makan Anda bersamaan dengan menu berbukapuasa lainnya.


Itulah 11 Pilihan Menu Buka Puasa yang Sehat dan Enak, jangan malas untuk melakukan diet sehat, bahkan jika Anda sedang berpuasa. Alasannya adalah kita juga harus menjaga kesehatan kita sehingga kita bisa berpuasa selama sebulan. Demikian artikel kesehatan kali ini dari yutips.com. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Post a Comment for "11 Pilihan Menu Buka Puasa yang Sehat dan Enak"

Berlangganan via Email