Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal dan Jenis Olahraga Yang Baik Saat Berpuasa

Puasa adalah bentuk ibadah yang dilakukan oleh semua Muslim di dunia. Berpuasa berarti membatasi keinginan, serta kekurangan makanan dan minuman dari matahari terbit hingga terbenam. Selama bulan Ramadhan, ada saat-saat ketika rintangan untuk berolahraga muncul saat kita menjalankan ibadah puasa. Namun sebenarnya ada 7 jenis latihan ringan yang bisa Anda lakukan saat puasa. Olahraga yang terdiri dari 7 jenis latihan ringan yang dapat dilakukan selama puasa sangat dianjurkan bagi umat Islam yang berpuasa.

Kesehatan tubuh adalah hal yang paling penting. Sebelum latihan, terutama saat puasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilewatkan. Kita perlu mengikuti diet teratur saat sahur dan berbuka puasa, memenuhi kebutuhan untuk minum dengan makanan, dan mencoba makan ketika kita mendekati Peraturan, dan tidak menunda waktu berbuka puasa. Lakukan latihan di pagi hari, beberapa jam setelah matahari terbit dan sholat subuh, atau siang hari sebelum berbuka puasa. Perhatikan juga pola tidur kita untuk memastikan periode istirahat yang cukup dan untuk terus melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum pelatihan.

Olahraga memungkinkan tubuh tetap bugar dalam berbagai kondisi. Terutama selama puasa, olahraga ringan masih diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Sebagian besar dari kita tidak menyadari bahwa melakukan latihan ringan setelah matahari terbit dan / atau sebelum puasa dapat menyeimbangkan dan tetap bugar bahkan dengan perut kosong. Selanjutnya, beberapa jenis latihan / olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa serta tips tentang jadwal dan bagaimana melakukan olahraga yang baik akan dijelaskan pada artikel kesehatan yutips.com berikut ini.

Olahraga yang baik saat puasa

1. Lari kecil / treadmill
olahraga saat berpuasa

Salah satu jenis olah raga yang baik sat puasa adalah berlari. Berlari dengan intensitas cahaya sangat bagus dalam puasa. Kita bisa joging beberapa jam setelah matahari terbit di pagi dan / atau sore sebelum istirahat. Jogging di pagi hari memungkinkan kita untuk tidak merasa terlalu lelah, karena tubuh masih memiliki banyak energi setelah makan. Joging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran fisik selama puasa, tetapi tetap meningkatkan intensitas joging ringan untuk menghindari dehidrasi berlebihan.

2. bersepeda
jenis olahraga saat berpuasa

Bersepeda adalah sejenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat puasa. Bersepeda selama puasa dapat dilakukan di pagi hari atau setelah matahari terbit dengan sepeda jenis statis atau dinamis. Butuh sekitar 45 menit untuk tetap bugar. Bersepeda dalam waktu sekitar 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita dan 350 kalori untuk pria.

3. Bowling
jenis olahraga saat berpuasa

Bowling adalah olahraga yang membentuk permainan. Latihan ini membantu kita rileks dan menjaga stamina. Bowling adalah latihan yang mudah yang juga bisa kita lakukan saat puasa. Kita bisa bermain bowling untuk mengantisipasi gangguan puasa, menjaga keseimbangan gerakan tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh.

4. berenang

Sebagai jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik, kita bisa memilih berenang sebagai olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa. Kita bisa menghabiskan waktu berbuka puasa, berenang selama sekitar 30 menit. Telah terbukti bahwa berenang selama 30 menit membakar 360 kalori untuk wanita dan 420 kalori untuk pria. Namun saat berenang, hati-hati jangan sampai air masuk ke mulut Anda, yang bisa mengganggu puasa. Makanya sebenarnya jenis olahraga ini tidak begitu dianjurkan karena berpotensi membatalkan puasa.

5. Jalan Santai
Berjalan adalah alternatif lain dari olahraga ringan yang bisa dilakukan selama puasa. Kita dapat dengan cepat berjalan bersama kolega pada waktu dan tempat yang tidak terbatas. Berjalan cepat, yang memakan waktu sekitar 30 menit, akan membantu kita menjaga keseimbangan tubuh selama puasa. Jalan cepat sebelum berbuka puasa.

6. Yoga
Selain bisa membuat pikiran tetap rileks, yoga juga merupakan bentuk latihan lembut yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Prosesi yoga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan akan membantu memasok otak dengan oksigen dan membantu kita berpikir jernih, merasa santai dan nyaman selama puasa. Yoga dapat dipraktikkan kapan saja selama puasa. Pilih tempat yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga secara optimal.

7. Turun tangga
Ini sepertinya sepele, tetapi olahraga naik turun tangga ternyata jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa. Latihan ini relatif ringan, tetapi dapat menyebabkan dehidrasi jika kita tidak melakukannya dengan prosedur yang baik. Naik turun tangga selama sekitar 10 menit akan membantu mengurangi kalori dalam tubuh sebesar 178 kalori. Lakukan latihan ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

Tips Olahraga saat berpuasa

Setelah tadi kita sudah ketahui apa saja jenis olahraga yang baik saat puasa, berikut ini adalah tips yang sebaiknya dilakukan agar olahraga yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik tanpa hambatan selama menjalankan ibadah puasa.

1. Berolah raga sebelum berbuka puasa
tips olahraga saat berpuasa

Sesekali, cobalah ngabuburit dengan berolahraga. 1-2 jam sebelum berbuka puasa adalah waktu yang dipilih oleh banyak orang yang berpuasa. Agar lebih seru, Anda bisa mengajak teman atau anak-anak bermain olahraga bersama. Olahraga umum sebelum melanggar posting adalah futsal, bola basket atau golf.

2. Olahraga Sebelum Sahur
Jika Anda tidak punya waktu untuk berlatih sebelum berbuka puasa, cobalah untuk tidak kehilangan olahraga sebelum matahari terbit. Memilih latihan sebelum matahari terbit bahkan lebih sulit karena Anda harus bangun pagi. Namun, ini lebih baik daripada menahan dahaga untuk berolahraga setelah matahari terbit.

Keputusan untuk tidak tidur, Anda bisa tidur lebih awal. Pergilah tidur setelah kembalinya taraviha dan singkirkan kebiasaan tidur larut malam. Latihan yang sering dilakukan sebelum matahari terbit adalah latihan kardiovaskular di atas treadmill atau sepeda.

3. Kurangi waktu pelatihan
Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk pelatihan setiap hari? 90 menit, 60 menit atau 30 menit? Saat memasuki bulan puasa, Anda harus mengurangi waktu latihan harian Anda. Jika Anda biasanya berlatih selama 60 menit saat berpuasa, Anda hanya perlu berlatih selama 45 menit. Ini dilakukan agar tubuh tidak terlalu lelah.

4. Hindari olahraga yang dapat membatalkan puasa.
Apakah ada olahraga yang dapat membatalkan posting? Ada, misalnya, berenang. Hindari olahraga ini saat puasa. Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda bisa berenang sambil berenang. Jika ingin berlatih sebelum berbuka puasa, sebaiknya jangan memilih berenang.

5. Jangan memandang olahraga sebagai komitmen
Salah satu tips puasa yang harus Anda lakukan adalah bersantai dan melepas lelah. Nikmati setiap olahraga yang Anda latih. Jangan pernah merasa bahwa olahraga adalah suatu keharusan, karena dapat membuat Anda merasa tertekan. Di bulan puasa, Anda tidak perlu bertunangan setiap hari jika tidak bisa. Berolahragalah sebanyak mungkin, baik itu 2 atau 3 hari.

6. Pilih gym yang baik
Selama bulan yang lapar, tips olahraga yang disarankan Bacaterus memilih untuk berolahraga di tempat yang dingin, seperti gym, di bawah pohon rindang, atau di tempat lain dengan pendingin udara. Tips ini bisa mencegah rasa haus yang berlebihan.

7. Jangan berolahraga sebelum tidur
Ingatlah bahwa Anda harus bangun pagi untuk tiba di waktu fajar. Berolahraga sesaat sebelum tidur dapat menyebabkan insomnia. Karena itu, jangan berolahraga sebelum tidur. Kiat-kiat ini juga berlaku dari Senin hingga Jumat. Jika Anda ingin berlatih, Anda harus melakukannya setelah bangun.

8. Hidrasi tubuh Saat Sahur dan Berbuka
Olahraga selama puasa dapat menyebabkan penurunan tajam cairan di tubuh. Pada hari-hari biasa, Anda dapat minum air segera setelah latihan, tetapi ini tidak berlaku untuk puasa. Untuk menjaga tubuh dari dehidrasi, penuhi kebutuhan cairan tubuh, mengganggu puasa dan sahur.

Sepanjang malam, Anda dapat membantu tubuh terhidrasi dengan mengonsumsi air minum yang cukup, yaitu 2 gelas pada waktu perut kosong, 4 gelas pada malam hari dan 2 gelas pada waktu fajar. Metode ini cukup efektif untuk mencegah dehidrasi, sehingga ia dapat aktif berolahraga.

9. Seimbangkan dengan Makanan yang tepat
Dengan demikian, Anda bisa terus berolahraga saat puasa, memilih makanan yang tepat. Tingkatkan asupan serat dan protein Anda saat fajar. Makanan kaya protein bisa membuat cadangan energi sehingga Anda bisa berolahraga sambil berpuasa.

10. Pilih olahraga yang Sesuai kebutuhan dan kemampuan
Tips olahraga cepat lain kali - pilih olahraga yang paling sesuai untuk Anda. Jika Anda biasanya berlatih olahraga ekstrem yang belum pernah Anda mainkan sebelumnya, hindari kebiasaan ini. Lakukan saja olahraga yang biasa Anda lakukan.


Beberapa olahraga ini dapat dilakukan selama bulan puasa Ramadhan. Hal paling penting untuk digunakan saat berolahraga selama puasa adalah tetap berpikir positif dan menjauh dari kemalasan, yang sering terlihat. Berikan saran kuat untuk olahraga dengan 7 jenis latihan mudah yang bisa Anda lakukan saat puasa. Jangan berpuasa sebagai alasan Anda dapat mengganggu aktivitas fisik Anda saat tidak puasa. Olah raga cepat, menyenangkan, dan bahagia!

Post a Comment for "Jadwal dan Jenis Olahraga Yang Baik Saat Berpuasa"

Berlangganan via Email