Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 7 Tanda Anak Yang Juga Mencintai Anda

Sebagai Orang tua tentunya hal yang paling kita sayangi adalah anak dan menurut orang tua,, anak adalah segalanya. Orang tua terkadang ak pernah merasa lelah saat mengurus anak. Tak pernah mengeluh  dan justru semkain hari semakin menctintai anaknya.

Bagaimana dengan sebaliknya, apakah anak juga sayang kepada orang tuanya. Banyak yamng mengatakan bahwa bayi tidak dapat mengekspresikan ketika mereka cinta kepada orang tuanya. Pendapat tersebut adalah salah besar. Bagaimana dengan Anak yang sudah mampu berbicara?. Pada Balita, ia akan sering bercerita kepada Anda.


tanda anak yang juga mencintai
Pada bayi, mungkin Anda tidak akan menyadari bagaimana cara mereka mengekspresikan perasaan cintanya kepada Anda. Berbeda dengan Anak yang sudah mulai bisa berbicara. Dan memang pada kondisi bayi, kita diwajibkan untuk terus memantau perkembangannya, tidak hanya memberinya makan, mengurus popok dll. Namun hal yang lebih penting adalah mempelajari apa yang disukai dan apa yang tidak disukai sang bayi.


Bayi biasanya mulai memperlihatkan persaannya ketika berumur 8-11 bulan. Dimasa tersebut, sebaiknya Anda selalu bersamanya. Jika Anda termasuk wanita karier yang super sibuk, sebaiknya untuk lebih banyak meluangkan waktu dimasa-masa tersebut. Karena pada saat itulah sibayi akan mulai mencari-cari orang terdekatnya.

Berikut ini adalah beberapa tanda pada bayi yang mencintai Anda namun terkadang tidak pernah Anda sadari.


1. Bayi menatap mata Anda

Ketika bayi sedang menatap mata Anda, sebenarnya ia sedang berusaha keras mengingat wajah Anda. Tak ada hal lain yang ia pahami tentang dunia ini, tetapi ia menyadari bahwa kehadiran Anda penting untuknya. Jangan mengalihkan perhatian Anda jika bayi terlihat sangat serius menapat Anda. Ajak dia berbicara. Berkomunikasi dengan bayi akan membuatnya juga semakin mencintai Anda. Sering mengajaknya mengobrol sekalipun bayi belum bisa berbicara, setidaknya ajarkan dia untuk mengenali Anda sebagai ibunya.


2. Bayi selalu memikirkan Anda

Ketika si kecil berusia sekitar 8-12 bulan, ia akan mulai mencari-cari saat Anda tidak ada dan langsung tersenyum saat Anda kembali. Perasaan seperti ini mungkin saja tidak pernah Anda sadari. Hal ini sangat natural terjadi dan mungkin belum bisa Anda pelajari diawal-awal. Namun jika Anda tetap memperhatikan perkembanagannya, maka pasti Anda akan sadar bahwa memang si bayi sudah mulai merasa kehilangan saat tidak melihat Anda.


3. Balita Anda tantrum

Semua amukan dan tangisannya jangan diartikan sebagai ia tak lagi mencintai Anda. Ia tidak akan sedemikian marah jika ia tidak memercayai Anda sepenuhnya. Tantrum memang kadang menjengkelkan, namun hal tersebut merupakan salah satu expresi anak ketika merasa tidak disayangi. Ingat!!! disayangi bukan berarti harus dimanjakan. Karena memanjakan Anak justru akan membuatnya semakin menjadi-jadi saat mengamuk (tantrum)


4. Ia selalu mencari Anda saat sedih

Andalah orang pertama yang ia cari saat ia terjatuh atau bersedih. Anak-anak di usianya mungkin belum mengerti makna "aku mencintaimu", tetapi tindakan mereka berbicara lebih keras daripada kata-kata. Hal ini kadang tidak disadari oleh Anda sebagai seorang ibu. Padahal jika anak sedang bersedih, ia akan menceritakan kesedihannya kepada orang yang ia percaya. Dan jangan pernah mengabaikan mereka ketika mereka berbicara atau bercerita kepada Anda.


5. Si kecil memberikan hadiah

Orangtua mana yang tidak bahagia menerima hadiah dari balita mereka, entah itu berupa bunga yang ia petik di pinggir jalan atau hasil pekerjaannya mewarnai. Patut diingat bahwa setiap kali si anak memberikan hadiah, selalu ucapkan "terima kasih" agar si kecil juga terlatih mengucapkan kata yang sama.


6. Si kecil mencari perhatian

Di usia pra-sekolah, si kecil sudah mulai bersikap kooperatif dan ia akan selalu berusaha untuk membuat kedua orangtua terkesan. "Lihatlah aku" akan selalu sering Anda dengar di usianya saat ini. Anak juga akan senang menunjukkan kebolehannya dimata orang tua. Olehnya itu, bunda harus senantiasa mendampingi si kecil agar dia juga merasa disayangi.


7. Ia menceritakan rahasianya

Berbahagialah jika si kecil di usia sekolah selalu bercerita kepada Anda, termasuk tentang hal-hal yang membuatnya malu. Itu berarti ia memercayai Anda, meski ia sering menolak dipeluk atau dicium di depan orang lain. Anak yang pemalu pun akan tetap berbagi rahasia kepada orang yang paling mereka percayai. Makanya, jadilah seorang ibu yang dapat dipercaya dengan selalu memperlihatkan kepada mereka bahwa Anda juga mempercainya. Percaya satu sama lain akan membuat hubungan bayi dan anak semakin harmonis dan tentunya akan semakin menumbuhkan rasa cinta sang Anak kepada Anda.



Sudah dapat dipastikan bahwa ke tujuh ciri diatas merupakan tanda bahwa anak juga mencintai kita, dan kita sebagai orang tua jika bayi haruslah selalu memperhatikan mereka agar mereka tahu bahwa kita juga mencintainya. Ada kalalnya sang bayi / anak sangat membutuhkan Anda. Bukan saat dia sedih saja, namun saat dia bahagia. Misalnya saja si anaka ingin bercerita, mengeluh dll. 

Bayi terkadang tidak terlalu mampu mengekspresikan persaan yang dimilikinya. Makanya Sebagai orang tua, sebaiknya selalu mempelajari tingkah laku anak saar mulai berkembang.

Bantu mereka menemukan duniaya dengan tetap bersama dan saling menyayangi. Jangan sekali-sekali membentak anak / bayi Anda. Karena hal tersebut akan selalu mereka rekam dan menjadi trauma di masa mendatang.


Demikian artikel kali ini tentang 7 tanda bagaimana Anak mencintai Anda.

Post a Comment for "Kenali 7 Tanda Anak Yang Juga Mencintai Anda"

Berlangganan via Email