Monday, August 22, 2016

Cara Mudah Mengatasi Jerawat di Punggung dan Dada

Mengatasi Jerawat di punggung dan dada merupakan jenis artikel menarik dan banyak blog ataupun website yang membahasnya. Jika sebelumnya yutips.com sudah membahas tentang cara mengatasi jerawat secara luas dan tips mengatasi jerawat dengan menggunakan buah tomat, yang mana kedua artikel tersebut sudah menjelaskan beberapa cara penanganan khusus untuk mengatasi jerawat.

Jerawat memang sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri pada seseorang yang memilikinya. Jerawat bisa terdapat pada bagian tubuh manapun.

mengatasi jerawat punggung dan dada


Untuk artikel kali ini, yutips.com akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi jerawat yang terdapat pada punggung. Jerawat pada punggung mungkin tidak terlihat, namun tetap saja mengganggu. Mungkin saja pada aktivitas sehari–hari yang kita lakukan, orang disekeliling tidak mengetahui bahwa kita memiliki masalah kulit pada bagian punggung yaitu jerawat.

Jerawat pada punggung mungkin tidak begitu mengganggu aktivitas Anda. Anda mungkin saja tetap bisa enjoy  menikmati rutinitas harian Anda. Namun ada saat dimana jerawat ini akan terlihat. Salah satu contoh apabila Anda melakukan kegiatan olah raga seperti renang. Hal ini mungkin tidak begitu bermasalah bagi Anda yang tidak begitu peduli dengan kesehatan kulit, namun terkadang orang disekeliling atau orang disekitar kita akan merasa risih untuk dekat dengan kita.

Penyebab Munculnya Jerawat Di Punggung dan Dada

Penanganan masalah jerawat pada punggung berbeda dengan cara menangani jerawat diwajah. Sebelum mengulas cara menganinya, baiknya kita tahu dulu penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab munculnya jerawat pada punggung.

1. Keringat.
Faktor utama yang menyebabkan tumbuhnya jerawat di area sekitar punggung adalah keringat. Rutinitas yang kita lakukan termasuk berolah raga akan mengahasilkan keringat. Keringat membuat punggung jadi lembab sehingga memudahkan bakteri pemicu jerawat muncul apalagi jika Anda kurang menjaga kebersihan tubuh

2. Penggunaan pakaian yang tidak tepat
Pakain yang tidak tepat seperti pakaian yang terlalu ketat, sempit dengan bahan yang tidak menyerap keringat akan memicu pertumbuhan jerawat.

3. Memakai Pakaian kotor
Mungkin Anda biasa menggunakan pakaian yang sudah kotor karena terlalu tergesa–gesa sehingga Anda tidak sadar bahwa pakaian yang Anda pakai adalah sumber penyebab jerawat.

4. Penggunaan minyak rambut
Minyak rambut yang kita pakai kadang ikut pada tetesan keringat dan terbawa hingga kepunggung.  Jenis kulit sensitif akan mudah terkena jerawat pada punggungnya jika campuran minyak rambut dan keringat tidak segera dibesihkan

5. Menggunakan kondisoner
Kondisoner memang disarankan untuk menjaga kesehatan rambut. Kondisioner berfungsi untuk menghaluskan rambut. Namun ternyata ada beberapa jenis kulit yang tidak cocok dengan penggunaan kondisioner sehingga mengakibatkan timbulnya jerawat. Hati–hati dengan produk kondisioner

6. Pemakaian pelembut dan pewangi pakaian
Penggunaan pewangi dan pelembut pakaian ternyata juga menjadi penyebab tumbuhnya jerawat. Ada beberapa orang yang sangat sensitif dengan penggunaan pewangi dan pelembut pakaian.  Bahan yang terkandung dalam pelembut dan pewangi pakaian dapat menyebabkan iritasi pada kulit sehingga akan mudah menimbulkan jerawat

7. Sering memakai tas atau ransel
Penggunaan ransel akan menutupi akan menutupi daerah punggung dan pundak. Dengan beban yang berat pada tas atau ransel akan menyumbat keluarnya keringat sehingga memicu timbulnya jerawat.

8. Tempat tidur tidak bersih
Faktor lelah dan rasa malas akan membuat Anda langsung tidur tanpa memebersihkan tempat tidur terlebih dahulu. Tempat tidur yang kurang bersih adalah sarang bakteri dan kuman. Anda yang biasa tidur tanpa busana akan lebih mudah terkena bakteri.

9. Obat yang mengandung Androgen dan Lithium
Hindari penggunaan obat yang mengandung banyak Androgen dan lithium yang tinggi mampu memicu timbulnya jerawat di punggung


Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung dan Dada

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab timbulnya jerawat pada punggung dan dada maka kita dengan mudah akan mengantisipasi munculnya jerawat. Namun bagaimana dengan anda yang sudah terlanjur memiliki jerawat pada bagian dada dan punggung?.  Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat punggung dan dada Anda.

1. Menjaga kebersihan tubuh

Permasalahan munculnya jerawat pada dasarnya adalah kurang menjaga kebersihan kulit. Kulit yang tidak bersih kemudian bercampur dengan keringat adalah tempat yang sangat disukai oleh bakteri termasuk bakteri pemicu jerawat. Olehnya itu, rajinlah membersihkan kulit punggung dengan mandi menggunakan sabun Anti bakteri atau sabun kesehatan

2. Sering Membersihkan Tempat Tidur

Tempat tidur yang kurang bersih juga merupakan penyebab tumbuhnya jerawat di punggung. Seringlah membersihkan atau mengganti seprai tempat tidur Anda secara berkala agar kebersihannya terjaga. Anda yang sering tidur dengan pakaian yang minim atau tanpa busana sama sekali akan lebih mudah terkena jerawat jika tempat tidur Anda tidak bersih.

3. Scrubbing

Pengangkatan sel–sel kulit mati pada kulit akan mencegah berkembangnya bakteri pemicu jerawat. Lakukan scrubing dengan butiran–butiran halus secara teratur misalkan sekali seminggu. Penggunaan scrub mampu meminimalisir perkembangbiakan bakteri dan mengatasi iritasi pada punggung namun jangan terlalu sering melalakukan scrub karena tidak baik untuk kelembaban kulit. Penggunaan scrub yang baik adalah seminggu sekali. Tahapan scrubbing ini hanya dilakukan jika kondisi jerawat belum parah atau meradang atau kondisi jerawat belum sampai pada level jerawat batu. Jika sudah pada tahapan jerawat batu maka penggunaan scrub tidak di anjurkan karena scrub bisa menyebabkan infeksi pada peradangan.

4. Menggunakan Buah Tomat

Buah tomat adalah buah yang menjadi alternative lain untuk mengatasi jerawat. Buah tomat digunakan untuk menggantikan scrub. Untuk cara pengaplikasiannya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan buah tomat matang
  • Haluskan dengan blender
  • Setelah halus, oleskan pada bagian punggung atau dada yang berjerawat
  • Biarkan hingga mengering lalu bilas dengan menggunakan Air hangat
  • Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu selama 2 sampai 3 minggu untuk hasil yang maksimal

5. Menggunakan kulit jeruk

Jeruk adalah buah yang mengandung begitu banyak vitamin C. Jeruk  memiliki begitu banyak manfaat yang bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.  Bagian pada jeruk yang kita manfaatkan untuk mengatasi jerawat dipunggung adalah pada bagian kulitnya. Kulit jeruk ini dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat dipunggung. Untuk cara penggunaanya adalah :
  • Ambillah kulit jeruk yang telah mengering
  • Rendam kulit jeruk kedalam wadah berisi air bersih
  • Kemudian haluskan menggunakan blender
  • Campurkan beberapa sendok susu bubuk kemudian aduk secara merata
  • Diamkan selama 20-25 menit
  • Oleskan pada punggung dan dada yang berjerawat
  • Biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih
  • Untuk hasil maksimal, lakukan setiap hari selama 2 minggu

6. Memakai putih telur

Telur adalah sumber protein yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Telur juga sering digunakan untuk perawatan wajah. Salah satu khasiat telur bagi kesehatan kulit adalah mempu menghilangkan jerawat, caranya adalah sebagai berikut:
  • Pisahkan kuning dan putih telur
  • Oleskan putih telur kedaerah kulit yang berjerawat (punggung/dada/wajah)
  • Diamkan selama 20-25 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Lap kering menggunakan handuk bersih
  • Lakukan setiap hari sebelum mandi (layaknya memakai lulur) selama seminggu

7. Memakai Buah Lemon

Buah lemon merupakan jenis buah yang mampu mengatasi jerawat sampai tak tersisa. Noda hitam atau flek bekas jerawat mampu diatasi dengan manfaat buah lemon. Ini karena buah lemon memiliki kandungan vitamin C, vitamin B, fosfor dan karbohidrat. Untuk pengaplikasiannya sebagai pembasmi jerawat adalah sebagai berikut
  • Ambil 1 buah lemon segar yang sudah matang
  • Extrak atau peras buahnya dan campurkan dengan setengah gelas air bersih
  • Gosokkan pada daerah yang berjerawat menggunakan kapas atau kain halus yang bersih
  • Diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan air bersih
  • Lakukan selama 2-3 minggu setiap hari sehabis mandi

8. Menggunakan Aspirin

Aspirin adalah obat demam atau sakit kepala yang umum digunakan. Namun tahukah anda kalau ternyata Aspirin mampu mengeliminasi jerawat. Ini karena aspirin mengandung anti inflamasi (mengurangi peradangan). Cara pengaplikasiannya:
  • Haluskan 10 butir Aspirin dengan cara menumbuknya sampai benar-benar halusAtau Campurkan dengan air sekitar setengah gelas
  • Kemudian oleskan merata pada daerah punggung atau dada yang berjerawat
  • Diamkan selama 15-20 menit
  • Bilas dengan air hangat lalu basuh lagi dengan air dingin
  • Lap dengan handuk bersih
  • Lakukan cara ini setelah mandi setiap hari selama seminggu

Ingatlah untuk tidak memencet jerawat dibagian tubuh manapun, karena akan dapat meyebabkan masalah kulit baru seperti luka permanen atau bopeng, yang justru akan lebih rumit penanganannya.

Demikianlah artikel tentang penyebab dan cara megatasi jerawat punggung dan dada yang sudah saya rangkumkan untuk Anda. Tips diatas memerlukan keseriusan dan kesabaran karena tips ini bukanlah cara yang instan, cara ini membutuhkan proses. Namun kabar baiknya adalah tips diatas sudah terbukti manjur dan sangat aman penggunaannya, tanpa efek samping. Tidak seperti dengan penggunaan bahan kimia yang berbahaya yang bisa merusak kulit. Cara diatas 100% aman karena ini merupakan cara alami mengatasi jerawat punggung.