Monday, January 15, 2018

13 Manfaat Buah Ketimun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ketimun atau mentimun adalah tumbuhan buah yang begitu mudah ditemui di Negara kita. Tanaman ini tumbuh hampir disetiap daerah di Indonesia. Selain mudah proses perkembang biakannya, tanaman ini juga tidak terlalu rewel saat dipelihara (tidak terlalu membutuhkan perhatian khusus), bahkan buah ini terkadang kita temui tumbuh liar dijalan.

Kandungan gizi serta khasiat yang sangat banyak merupakan alasan bagi banyak orang mengonsumsinya. buah ini sering sekali menjadi pelengkap hidangan baik dirumah maupun dirumah makan. Tak lengkap rasanya jika buah yang satu ini tidak menghiasi makanan.

manfaat mentimun untuk kecantikan dan kesehatan

Kandungan Gizi Dalam Ketimun

Sayuran ini terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, dalam 100 gram mentimun mengandung:

95.23 gram air
15 kcal kalori
0,8 gram protein
Natrium 2 mg
Kalium 147 mg
Karbohidrat 3,6 g
Serat pangan 0,5 g
Gula 1,7 g
Protein 0,7 g
Vitamin A 105 IU, Vitamin C 2,8 mg, Kalsium 16 mg, Zat besi 0,3 mg, Vitamin D 0 IU, Vitamin B6 0 mg, Vitamin B12 0 µg dan Magnesium 13 mg

Manfaat Buah Ketimun Untuk Kesehatan


1. Lindungi Otak Anda

Ketimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang disebut fisetin yang sangat berperan penting dalam kesehatan otak. Selain memperbaiki daya ingat buah ini juga melindungi sel saraf. Fisetin bekerja dengan beralih pada jalur seluler yang terkait dengan proses pengambilan ingatan di otak. Pada sebuah penelitian lain menemukan bahwa senyawa fisetin membantu melindungi neuron otak dari penuaan dan efeknya yang terkait. Ditemukan juga bahwa senyawa ampuh ini memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan pada sel otak.
Makanya, fisetin memiliki sifat yang bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena Alzheimer

2. Kurangi Resiko Kanker Anda

Timun mengandung polifenol yang disebut lignans (pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol), yang dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, rahim, ovarium, dan prostat. Buah ini juga mengandung fitonutrien yang disebut cucurbitacins, yang juga memiliki sifat anti-kanker. Menurut Yayasan George Mateljan : "Para ilmuwan telah menyatakan bahwa beberapa jalur pensinyalan yang berbeda (misalnya, jalur JAK-STAT dan MAPK) yang dibutuhkan untuk pengembangan sel kanker dan kelangsungan hidup dapat diblokir oleh aktivitas cucurbitacins."

3. Perangi Peradangan

Ketimun dapat membantu untuk "mendinginkan" respons inflamasi di tubuh Anda, dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak timun membantu mengurangi peradangan yang tidak diinginkan, sebagian dengan menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi (termasuk siklooksigenase 2, atau COX-2). Jika Anda memiliki peradangan, cobalah untuk mengonsumsi tumbuhan ini.

4. Sifat Antioksidan

Mentimun mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C dan beta karoten yang terkenal. Buah ini juga mengandung antioksidan flavonoid, seperti quercetin, apigenin, luteolin, dan kaempferol, 6 yang memberikan manfaat tambahan.

Sebagai contoh, quercetin adalah antioksidan yang diyakini banyak mencegah histamin membuat makanan kaya quercetin "antihistamin alami". Kaempferol, sementara itu, dapat membantu melawan kanker dan menurunkan risiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

5. Menyegarkan Nafas

Manfaat buah ketimun berikutnya adalah sebagai pengharum nafas. Anda pasti sangat terganggu jika memiliki nafas yang tak segar atau memiliki bau mulut. Menempatkan irisan timun dilangit-langit mulut Anda dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau. Menurut prinsip Ayurveda, mengonsumsi timun juga bisa membantu mengeluarkan kelebihan panas di perut Anda, yang konon merupakan penyebab utama bau mulut

6. Mengatasi Stres

Timun mengandung banyak vitamin B, termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7 (biotin). Vitamin B diketahui membantu meredakan perasaan cemas dan mengantisipasi beberapa efek stres. Sering-seringlah mengonsumsi sayuran bermanfaat ini agar Anda yang sering mengalami rasa cemas yang berujung pada stres bisa sedikit teratasi.

7. Baik Untuk sistem Pencernaan

Buah ini kaya akan dua unsur paling dasar yang dibutuhkan untuk pencernaan yang sehat yaitu air dan serat. Meminum jus atau dibuat sebagai campuran salad dapat membantu Anda memenuhi jumlah serat ideal yang dibutuhkan tubuh Anda yaitu sekitar 50 gram per 1.000. Timun juga sangat baik untuk penyakit acid reflux.

Kulit timun mengandung serat yang tidak larut, yang membantu menambah curah ke tinja Anda. Ini membantu makanan untuk bergerak melalui saluran pencernaan Anda lebih cepat untuk menghilangkannya dengan baik. Jadi, cukup efektif untuk melancarkan pencernaan jika buah ini dimakan beserta kulitnya.

8. Menjaga Berat Badan Sehat

Mirip dengan Alpukat, ketimun sangat rendah kalori, namun mereka membuat makanan ringan isi (satu cangkir mentimun teriris mengandung hanya 16 kalori). Serat larut didalamnya dapat menjadi tekstur seperti gel di usus Anda, membantu memperlambat pencernaan Anda. Ini membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama dan merupakan salah satu alasan mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengendalikan berat badan.

9. Untuk Kesehatan Jantung

Buah yang satu ini merupakan makanan yang baik untuk kesehatan jantung. sayuran ini mengandung potasium, yang dikaitkan dengan tingkat tekanan darah rendah. Keseimbangan potasium yang tepat baik di dalam maupun di luar sel Anda sangat penting agar tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion bermuatan positif yang harus mempertahankan konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi di dalam daripada di luar sel Anda) untuk menjalankan fungsinya, termasuk berinteraksi dengan natrium untuk membantu mengendalikan transmisi impuls saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

Manfaat Ketimun Untuk Kecantikan


10. Mengencangkan Kulit

Tambahkan jus mentimun dengan beberapa tetes jus lemon, dan menggunakannya sebagai masker wajah. Hal ini akan memperbaiki kulit dan akan menambah kecerahan serta mengencangkan kulit yang mulai mengendur karena efek aging atau penuaan dini.
Mentimun juga bisa Anda gunakan untuk mengobati pori-pori terbuka. caranya yaitu dengan menjadikan sayuran ini sebagai toner wajah dengan mengekstraknya terlebih dahulu. Anda juga bisa mencampurnya dengan cuka sari apel, bubur tomat dan gel Aloe Vera gel agar bisa menjadi lebih efektif

11. Mengurangi bintik Hitam Pada Wajah

Jika ingin menghilangkan noda ataupun bintik hitam pada wajah, maka sebaiknya Anda menggunakan faedah pembersih wajah dari buah timun. Terapkan jus mentimun seluruh wajah untuk mengobati bintik-bintik wajah. Sayuran ini akan memberikan banyak keuntungan bila digunakan sebagai masker wajah. Parutan timun dapat digunakan sebagai unsur utama masker wajah untuk mengobati keriput, jerawat dan masalah kulit lainnya . Untuk proses pembuatannya, bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini :
  • Ambil timun segar, blender untuk membuat pasta halus
  • Tambahkan beberapa tetes jus lemon dan 1 sendok teh madu
  • Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 menit, kemudian cuci dengan air keran dan keringkan.
Untuk cara kedua:
  • Campurkaan beberapa jus kunyit dan jus lemon dengan bubur mentimun segar
  • Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu cuci setelah mengering. 
  • Ini akan bermanfaat untuk mengontrol sekresi minyak pada wajah.

12. Menghilangkan Lingkar Hitam Pada Mata

Kelimpahan antioksidan dan silika dalam mentimun dapat membantu lingkaran hitam yang perlahan memudar. Meskipun jenis sayuran ini tidak dapat menyembuhkan lingkaran gelap Anda secara permanen, pastinya dapat membuat kulit di sekitar mata Anda tampak lebih ringan untuk sementara. Kulit di sekitar mata kita sering ditemukan berubah warna, dan lingkaran hitam ini merusak wajah tercantik.

Timun telah menjadi salah satu bahan berkhasiat untuk mengrliminasi mata panda. Cara ini sudah dipakai sejak lama dan terus digunakan sampai saat ini. Entah cara ini sebagai metode yang bersifat untuk membuat mata istirahat atau hanya untuk menghilangkan mata panda, tapi keduanya memang sangat efektif. Berikut ini beberapa alasan mengapa memakai timun untuk menghilangkan mata panda.
  • Timun mengandung bahan alami berupa senyawa flavonoid yang bisa menjadi zat antioksidan. Zat mampu melawan perubahan warna di area mata. Senyawa akan mulai terserap dari bagian pori-pori. Sehingga lingkar hitam pada mata bisa hilang secara alami.
  • Timun juga memberikan efek dingin yang benar-benar bisa membuat mata Anda menjadi segar dan sangat santai. Rasa dingin serta nyaman mampu membuat otot di sekitar bagian mata menjadi lembut. Kemudian dari perubahan otot inilah yang akan berusaha membantu kulit di sekitar mata menjadi lebih segar dan nyaman. Efek menyegarkan bisa membuat mata kita jauh lebih tenang dan santai.
Cara untuk memakai timun untuk menghilangkan mata panda memang bisa dikerjakan dengan sangat mudah.
  • Pilih jenis timun yang segar. 
  • Bersihkan timun terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan siap untuk diterapkan pada daerah mata.
  • Potong tipis bagian timun sesuai dengan keinginan Anda (inilah nantinya yang akan diterapkan pada mata Anda) 
  • Terapkan secara langsung pada bagian mata dan pasti Anda akan merasa sangat segar terutama di bagian mata dan kulit di sekitarnya.
Untuk hasil yang maksimal, gunakan terapi dengan timun ini menjelang tidur siang atau saat Anda bersantai. Bersantai sambil dengar musik mungkin lebih asyik untuk menerapkan cara ini. Efek segar dari timun akan langsung terasa saat Anda mulai melakukan cara perawatan mata panda ini karena pengaruh kandungan air sejak yang dimilik oleh mentimun. Selain perasaan rileks dan segar, terapi ini tentunya akan mengatasai lingkar hitam pada mata Anda

13. Mengatasi Kantung Mata

Timun ternyata juga membantu menurunkannya di bawah kantung mata. Untuk cara penerapannya juga sangatlah mudah, bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus kesalon kecantikan dengan mengeluarkan biaya yang cukup mahal.
  • Ambil sedikit mentimun dingin dan buat pasta halus dengan menggilingnya. 
  • Sekarang tambahkan minyak lavender atau minyak chamomile ke dalamnya bersamaan dengan beberapa madu. 
  • Campurkan dengan baik dan buat menjadi pasta yang halus. 
  • Sekarang terapkan ini di bawah mata Anda dengan menggunakan jari-jari Anda dengan ringan. 
  • Biarkan ini sekitar 10-15 menit dan lap dengan lap basah. Ini akan banyak membantu dalam mengurangi kantung mata.



Ada banyak cara untuk menikmati mentimun, seperti dibuat sebagai campuran jus, salad atau yang paling seperti ditemukan pada masyarakat kita adalah sebagai bahan dasar rujak. Untuk menikmati rasa mentimun pada jus, silahkan Anda melakukan kreasi sendiri dengan mencampurkannya dengan buah lain kesukaan Anda agar rasanya semakin mantap.

demikianlah 13 manfaat buah ketimun yang sangat baik untuk kesehatan serta menjaga kecantikan kulit. semoga bermanfaat.

16 comments