Monday, January 01, 2018

10 Manfaat Pepaya Untuk Kecantikan

Siapa yang tidak akrab dengan buah yang satu ini. “The Fruit of the Angels” atau buah malaikat, nama yang diberikan oleh Christopher Columbus setelah menemukan dan memakan buah ini. Pepaya populer di seluruh dunia dan untuk alasan yang baik serta manfaatnya yang sangat banyak.

Buah tropis ini kaya akan vitamin A, C, E dan K, dan memiliki khasiat antioksidan. Ini juga mengandung magnesium, potasium, niasin, karoten, protein, serat dan enzim yang disebut papain yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

manfaat pepaya untuk wajah dan rambut



Bukan hanya daging buah, bahkan bibit pepaya pun banyak memiliki manfaat kesehatan.

Pepaya memiliki beberapa komponen yang sangat bagus untuk kulit dan rambut Anda. Inilah sebabnya mengapa enzim buah ini banyak ditemukan pada produk kosmetik, kecantikan dan perawatan rambut.

Manfaat Pepaya Untuk Kecantikan


1. Mencerahkan Kulit
Salah satu manfaat kecantikan pepaya yang paling efektif adalah mencerahkan kulit sehingga kulit terlihat bercahaya. Itu karena buah ini mengandung sifat pemutihan alami.

Selain itu, sifat pembersihannya membantu membersihkan kulit dari kotoran. Vitamin C di dalamnya juga membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Gosok bagian berdaging dari irisan tipis pepaya matang di wajah, leher, tangan dan kaki Anda. Biarkan sampai kering, lalu bersihkan dengan air dingin. Lakukan ini 3 atau 4 kali seminggu.

Pilihan lainnya adalah membuat face pack dengan mencampur ½ cangkir pepaya matang lalu tumbuk dengan 1 jus lemon. Pijat campuran di seluruh wajah dan leher Anda. Biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Lakukan ini setidaknya sekali seminggu.
Selain itu, Anda bisa memadukan 1 cangkir pepaya hijau dan 1 sendok teh minyak vitamin E, madu dan yogurt biasa menjadi pasta. Secara perlahan, pijat pasta ke kulit Anda. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

2. Menghidrasi / melembabkan Kulit 
Pepaya kaya akan kandungan air yang membantu menjaga kulit tetap lembut, halus dan lembab. Bila dicampur dengan benar, bisa digunakan sebagai masker wajah yang sangat baik untuk melembabkan kulit Anda. Berikut pengaplikasiannya
  • Campurkan ½ cangkir pepaya matang menjadi pasta halus. 
  • Anda juga bisa menambahkan sedikit madu mentah. 
  • Oleskan pasta di seluruh wajah dan leher Anda. 
  • Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan hati-hati dengan air dingin dan keringkan kulit Anda.
Jangan lupa untuk sertakan pepaya matang dalam makanan Anda. Ini sangat membantu proses peremajaan kulit.
Anda juga bisa mencampurkan buah ini seperti atau menyiramnya dengan bahan hidrasi lainnya seperti semangka dan mentimun untuk menjadikannya sebagai pelemab alami.

3. Menyamarkan Tanda Penuaan Dini
Vitamin A dalam pepaya membantu menghilangkan sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Asam alfa hidroksil di dalamnya membantu melarutkan sel kulit mati untuk mencegah tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus. Vitamin C dan E dalam pepaya meremajakan kulit Anda untuk membantu Anda menikmati kulit yang tampak lebih muda. Berikut penerapannya
  • Panaskan secukupnya pepaya matang.
  • Campur beberapa tetes madu mentah dan 1 sendok makan susu.
  • Aplikasikan di wajah dan leher Anda.
  • Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.
  • Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.
  • Selain itu, makanlah pepaya setiap hari untuk menunda tanda-tanda penuaan.

4. Mengurangi Jerawat
Manfaat pepaya berikutnya adalah mengurangi jerawat. Enzim papain dalam pepaya memiliki sifat pembersih kulit yang membantu menyingkirkan kotoran penyumbat pori-pori. Ini membantu mencegah tumbuhnya jerawat. Selain itu, efek pengelupasan pepaya menghilangkan sel kulit mati untuk membantu membersihkan penyumbatan pori-pori.
Berikut cara meraciknya :
  • Ekstrak jus dari beberapa potongan pepaya mentah. 
  • Oleskan jus pada kulit yang terkena dengan menggunakan bola kapas. 
  • Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku. 
  • Gunakan obat ini sekali sehari untuk menghilangkan jerawat.
Anda juga bisa menggosokkan sepotong pepaya mentah lembut pada kulit yang terkena selama 10 menit. Kemudian, bersihkan dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini satu kali sehari.
Untuk mencegah jerawat, jerawat dan noda, sertakan pepaya mentah dan matang dalam makanan Anda.

5. Mengurangi Bintik Pada Wajah
Pepaya juga bermanfaat untuk meringankan bintik-bintik kulit dan menghilangkan sel kulit mati Anda karena beberapa enzim yang dikandungnya.

Ini bisa membantu mengobati bintik hitam, bintik jerawat, bintik coklat serta siku dan lutut yang gelap. Selain itu, pepaya akan memberi warna pada kulit Anda dan memperbaiki kulit Anda. Anda bisa terapkan cara berikut ini
  • Campur ¼ cangkir pasta pepaya mentah, 1 sendok makan jus lemon dan ½ sendok makan madu mentah.
  • Oleskan pada kulit yang terkena.
  • Biarkan sampai kering, lalu bersihkan dengan air dingin.
  • Gunakan masker wajah ini 3 atau 4 kali seminggu untuk mengurangi noda apapun diwajah cantik Anda.

6. Mengobati Keriput dan Crow's Feet
Anda juga bisa menggunakan pepaya untuk mengurangi munculnya keriput dan juga Crow's feet. Apa sih crow's feet itu? Ya, crow's feet adalah sebuah istilah yang digunakan untuk kerutan yang berada pada sisi luar lipatan mata dengan bentuk guratan-guratan dan mirip dengan cakar burung gagak.

Pepaya memiliki sifat antioksidan yang membantu mengurangi kemunculan crow's feet di sekitar sudut luar mata serta keriput di sekitar mulut atau dahi.

Selain itu, vitamin C dalam pepaya membantu melawan radikal bebas yang merusak kolagen dan elastin kulit.

Gosokkan sepotong kecil pepaya mentah dengan lembut di sekitar area mata selama 5 menit sekali sehari untuk menyingkirkan crow's feet. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.
Pilihan lainnya adalah mencampur 1 sendok makan pulp pepaya matang dengan sedikit minyak zaitun. Oleskan pada area yang terkena dan biarkan selama 20 menit. lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal

7. Menyembuhkan Tumit Pecah-pecah
Cracked heels / tumit pecah-pecah menyebabkan tumit menjadi merah atau keriput, kulit mengelupas, gatal, pendarahan akibat retak dan nyeri. Pepaya matang dapat mengobati tumit retak dan kering, terutama karena sifat pelembabnya.
Berikut cara pengaplikasiannya
  • Giling 1 cangkir pepaya matang menjadi pasta yang halus.
  • Oleskan pada tumit yang baru dibersihkan dan diamkan selama 15 menit.
  • Cuci kaki Anda dengan lembut dengan air hangat dan keringkan.
  • Oleskan beberapa minyak zaitun dan kenakan sepasang kaus kaki dalam semalam.
  • Lakukan ini setiap hari sebelum tidur untuk menikmati tumit lembut dan halus.

8. Menghilangkan Rambut Wajah yang Tidak Diinginkan
Untuk menghilangkan rambut wajah yang tidak sedap dipandang mata, Anda bisa menggunakan pepaya mentah. Bila digunakan secara teratur, enzim papain dalam pepaya mentah dapat melemahkan folikel rambut di wajah Anda untuk mencegah pertumbuhan kembali. Pepaya matang juga mengandung enzim ini namun lebih tinggi pada pepaya mentah.
  • Campur ½ cangkir pasta pepaya mentah dan ½ sendok teh bubuk kunyit.
  • Oleskan pasta ini ke area yang terkena dan biarkan mengering sendiri.
  • Scrub dari pasta, lalu bilas wajah Anda dengan air hangat.
  • Lakukan ini sekali seminggu.

9. Menyehatkan Rambut
Selain kulit, pepaya sangat bermanfaat untuk rambut Anda. Buah ini kaya akan beberapa mineral, vitamin dan enzim yang bisa meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut.

Ini bahkan bisa membantu menambahkan ketebalan, volume dan menjadikan rambut Anda bersinar serta mengendalikan kebotakan. Pepaya juga mengandung protein yang membantu mengurangi pecah pada ujung rambut.

Untuk membuat masker rambut pepaya, campurkan 1 cangkir pepaya matang, pisang matang dan yogurt beserta 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan masker ini ke rambut yang lembap. Tutupi rambut Anda dengan tutup shower selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan masker rambut ini sekali seminggu untuk menikmati rambut sehat.
Selain itu, rutin makan pepaya. Anda bisa memasukkan pepaya mentah dan matang ke dalam makanan Anda.

10. Kontrol ketombe
Untuk mengobati dan mengendalikan ketombe, pepaya sangat bermanfaat. Beberapa enzim dalam pepaya membantu mencegah penumpukan minyak dan kotoran pada kulit kepala, yang merupakan salah satu penyebab ketombe.
  • Campurkan 1 pepaya mentah sampai benar-benar tidak ada benjolan.
  • Tambahkan ½ cangkir yogurt dan aduk rata.
  • Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut untuk lebih bersinar.
  • Biarkan selama 30 sampai 40 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.
  • Akhirnya, keramas rambutmu.
  • Gunakan obat ini satu atau dua kali seminggu untuk mengobati ketombe.


PERINGATAN

Enzim dan asam alfa hidroksil dalam pepaya dapat mengiritasi kulit, terutama kulit sensitif. Selalu menerapkan tes pada siku Anda untuk memastikan apakah pepaya cocok untuk kulit Anda

Demikianlaha artikel kali ini tentang 10 manfaat pepaya untuk kecantikan. Jika bermanfaat, silahkan di share

2 comments