Monday, April 04, 2016

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat

Bau mulut adalah salah satu faktor yang membuat kepedean kita jadi berkurang. Kita sering dihindari oleh teman-teman kalau mulut kita berbau. Mulut yang mengeluarkan bau tiak sedap akan menjadi ciri sebuah penyakit, misalnya sakit karena gigi berlubang, panas dalam, sariawan, penyakit lambung dan penyakit dalam lainnya.

Bau mulut menjadi masalah yang sering dihadapi semua orang, baik itu pria, wanita, orang tua bahkan anak kecil sekalipun. Masalah ini memiliki dampak buruk bagi kita jika tidak ditangani segera mungkin. Sangatlah tidak enak ketika Anda sedan berbicara dengan seseorang kemudian orang tersebut yang Anda temani berbicara menutup hidungnya karena tidak tahan dengan aroma tak sedap pada mulut Anda.



Apa Sih Penyebab Bau Mulut?


Aroma menyengat pada mulut bisa terjadi karna beberapa hal seperti berikut ini :

#Kurang Asupan Air Minum
Kekurangan cairan pada tubuh atau dehidrasi menyebabkan kurangnya produksi air liur. Tahukah anda bahwa air liur itu berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab masalah aroma tak sedap pada mulut ini.

#Merokok
Semua orang pasti tahu benda yang satu ini, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selama ini kita mengetahui bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit-penyakit ganas seperti kanker, gangguan kehamilan dan lain sebagainya. Namun ternyata rokok juga merupakan salah satu penyebabnya. jika Anda ingin sehat dan terhindar dari masalah ini, kurangi bahkan berhenti merokok sekarang juga.

#Kurang Menjaga Kebersihan Mulut
Ya, salah satu penyebab berikutnya adalah pola hidup Anda yang kurang sehat seperti malas menggosok gigi secara rutin, misalnya tidak menggosok gigi di pagi hari, setiap sehabis makan dan malam hari, akibatnya kebersihan mulut tidak terjaga, banyak sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut sehingga terbawa tidur dan membusuk di mulut Anda. Sehingga ketika Anda bangun di pagi hari, mulut akan mengeluarkan bau tak sedap.

#Alkohol
Minuman yang mengandung alkohol dapat mempengaruhi sistem produksi air liur sehingga memudahkan tumbuhnnya bakteri penyebab bau tak sedap pada mulut

#Makanan dengan Bau Tak Sedap
Ada banyak makanan yang rasanya sangat enak namun efeknya bisa menimbulkan aroma busuk yang sangat menyengat,  seperti jengol, petai dll.

#Ada Gigi yang Berlubang
Bakteri pada gigi yang berlubang juga menimbulkan aroma tidak sedap. Terlebih pada saat sakit gigi, kita malas sekali sikat gigi dan memasukkan makanan sehat lewat mulut dikarenakan menahan rasa sakit pada gigi.

#Sariawan
Saya yakin Anda pasti pernah merasakan bagaimana sakitnya saat mulut terkena sariawan. Biasanya kita akan melihat benjolan berisi nanah pada mulut kita. Benjolan tersebut disebabkan oleh adanya infeksi pada mulut kita dan hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab bau.

#Penyakit lambung dan penyakit dalam lainnya
Jika Anda seorang yang memiliki riwayat sakit maag atau penyakit lambung lainnya, maka sangat beresiko memiliki nafas yang tidak sedap. Ini disebabkan karena bakteri penyebab bau pada lambung keluar bersaan dengan udara saat Anda bernafas atau berbicara. Olehnya itu, sesering mungkin untuk mengontrol nafas Anda selama memiliki penyakit lambung jika ingin mengobrol dengan seseorang


Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut?

Diatas, tadi sudah dijelaskan tentang penyebab sehingga mulut berbau yang mungkin tidak Anda sadari. Lalu bagaimana cara mengatasinya bila kita sudah terlanjur aroma mulut memalukan ini? Berikut ini adalah 7 cara yang bisa Anda praktekkan dirumah diantaranya

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Segala sesuatu yang awalnya sudah kotor pastilah tida akan bagus dampaknya. Begitupun dengan mulut kita. Jika kita rajin menjaga kesehatan mulut maka aroma nafas tak segar pastilah bisa kita atasi. Rajin Menyikat gigi setiap habis makan dan sebelum tidur.

2. Gunakan Teh Hijau & Daun Sirih

Kedua bahan alami ini terbukti sangat ampuh mengatasi aroma nafas tak sedap. Kandungan anti oksidan yang tinggi menjadi salah satu alasan kenapa teh hijau mampu mengatasi bau mulut yang ta sedap. Daun sirih bahan alami yang sudah dipercaya Khasiat dan manfaatnya sejak jaman nenek moyang kita untuk menghilangkannya. Kumurlah daun sirih setelah makan maka akan mengurangi nafas tak segar anda. Kombinasikan kedua bahan ini untu mendapatkan hasil yang maksimal

3. Mengonsumsi Buah-Buahan

Cobalah menghilangkan masalah ini anda dengan mengonsumsi buah yang banyak mengandung air seperti buah jambu, buah naga dll. Buah yang banyak mengandung air akan mempengaruhi proses produksi air liur dan air liur inilah yang nantinya akan menetralisir aroma tak sedap pada mulut Anda

4. Hindari Rokok & Alkohol

Rokok dan alkohol dapat menimbulkan terjadinya periodontitis yang memperburuk kebersihan mulut. Alkohol mempengaruhi produksi air liur yang menimbulkan semakin cepatnya bakteri berkembang dalam mulut, karena alkohol dan rokok sangat mengganggu kesehatan kita. Orang yang sering merokok dan meminum alkohol tentu saja akan memiliki aroma nafas tak sedap.

5. Kopi Hitam

Percayakah anda kalau kopi hitam mampu untuk menghilangkan bau mulut?. Ada beberapa riset membuktikan bahwa kopi hitam mampu menetralisir bau. Ambil 1 sendok kopi hitam yang sudah ditumbuk halus  lalu masukkan kedalam mulut. Pahit memang, tapi ini sudah terbukti manjur untuk menghilangkannya. Kopi hitam sering juga menjadi trik bagi penjual ikan kering yang membawa dagangannya.

6. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur mampu membunuh kuman penyebab bau mulut. Gunakan setelah anda selesai menggosaok gigi, Selain membuat mulut bersih, nafas anda juga akan jadi segar. Penggunaan obat kumur juga bisa dilakukan sebelum tidur. Jika Anda mencoba tips ini, maka yakinlah bahwa rasa percaya diri akan selalu menemani hari-hari Anda.

7. Atasi Dengan Permen Karet

Mungkin semua sudah tau dengan cara ini. Permen ataupun permen karet juga merupakan jurus jitu yang sangat ampuh untuk menghilangkan nafas tak sedap.Jika Anda tidak sempat untuk menyikat gigi, cobalah untuk mengunyah permen keret. Permen karet memiliki Mint yang berfungsi sebagai penyegar dan akan membuat nafas Anda jadi segar sehingga bau yang mengganggu akan hilang.


Bau mulut memang bukanlah masalah serius bagi mereka yang tidak peduli, namun akibat bau multu itu sendiri bisa menyebaban Anda dikucilkan dan dijauhi oleh orang-orang disekitar Anda. Untuk itu, selalu perhatikan kesehehatan gigi dan mulut agar masalah aroma mulut ini bisa dicegah dan tidak mengganggu aktivitas Anda.

Demikianlah tips tentang 7 cara menghilangan bau mulut yang sudah saya share untuk pembaca semua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

2 comments