Saturday, April 23, 2016

7 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Cantik

Cara Merawat kulit kering, kusam atau berminyak merupakan hal yang wajib diketahui oleh setiap pria ataupun wanita yang ingin kulitnya tetap cantik. Salah satu bagian tubuh yang mudah terlihat dan menarik perhatian adalah kulit.

Memiliki kulit putih, halus, lembut, bersih dan bercahaya adalah impian semua orang. Dengan memiliki itu semua maka kecantikan kita akan terpancar.

Perawatan kulit wajah


Dengan melakukan perawatan khusus maka keinginan kita untuk memiliki kulit yang sempurna akan dapat terwujud.

Tidak perlu melakukan perwatan yang mahal. Anda hanya perlu melakukan beberapa tips yang nanti akan penulis berikan kepada Anda.

Perawatan kulit haruslah berdasarkan dengan jenis kulit serta masalah yang dialami oleh kulit. Anda harus bisa mengetahui jenis kulit Anda, hal-hal yang tidak disukai oleh kulit Anda, dan faktor lainnya yang bisa mengakibatkan masalah pada kulit. Kulit manusia umumnya dibedakan berdasarkan dua jenis yaitu kulit kering dan kulit normal.

baca juga : cara mengatasi dan merawat kulit berminyak

Penyebab Kulit Kering Dan Berminyak

Beberapa faktor penyebab kulit jadi terlihat kusam dan tidak sehat adalah :

#Kurangnya kelembaban kulit yang disebabkan oleh minimnya komsumsi air putih.
air putih sangatlah penting untuk menjaga dan menstabilkan kelembaban kulit. kulit akan tapak kerng dan kusam jika terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Jarang mandi juga termasuk salah satu penyebab kurangnya kelemababan pada kulit. Ibarat bunga yang tidak jarang disiram pasti akan layu. Begitupun halnya dengan kulit Anda
    #Begadang
    Begadang atau kurang tidur merupakan salah satu faktor penyebab kulit kering dan kusam. Tidak Hanya menyebabkan kulit kering dan kusam tapi juga sang menyebabat berdampak buruk bagi kesehatan yaitu dapat menyebabkan Anemia. Olehnya aitu, jika Anda benar - benar sayang dengan kulit Anda dan ingin menjadikannya tetap cantik, halus, mulus, indah dan bercahaya, stop begadang
      #Hindari Kopi
      Kopi juga merupakan salah satu penyebab kulit kusam dan kering. Cafein yang terdapat pada kopi dapat menyebabkan dehidrasi kulit sehingga menimbulkan efek kering pada kulit.
        #Alkohol
        Sering minum alkohol juga dapat merusak kelembaban kulit. Keseringan mengkomsumsi minuman beralkohol akan menyebabkan kurangnya PH pada kulit. Hal inilah yang nantinya kan menjadikan kulit jadi kering dan kusam
          #Rokok
          Pria ataupun wanita yang merokok akan terlihat lebih tua. Ini karena pengaruh rokok terhadap yang mengikis kelembaban kulit sehingga kulit akan kusam, kering dan tidak bercahaya
            #Faktor keturunan
            Faktor ini juga sangat berpengaruh terhadap kualitas kecantikan pada kulit Anda. Jika memang Anda termasuk keturunan kulit kering maka Anda harus lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengurus kulit Anda dibandingkan dengan pemilik kulit normal
              #Faktor makanan
              Jika dicermati, makanan memang sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Jenis makanan yang sangat tidak disukai oleh kulit adalah jenis makanan cepat saji seperti gorengan. Gorengan dapat menimbulkan masalah pada kulit yaitu timbulnya jerawat.
                #Penggunaan makeup dengan bahan kimia
                Penggunaan Makeup dengan bahan kimia ataupun dengan bahan racikan tanpa petunjuk dokter akan sangat berbahaya berbahaya bagi kesehatan kulit Anda.

                Tips Perawatan Kulit Kering dan Berminyak

                Agar kulit Anda tetap terjaga kelembaban dan kecantikannya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar kulit tetap cantik dan bebas dari minyak

                1. Gunakan make up yang memiliki kandungan bahan - bahan alami
                Mineral make up memberikan perlindungan sempurna pada wajah dan memberikan kesempatan pada kulit anda untuk bernapas. Jadi, Make up yang hanya memeliki sedikit kandungan bahan kimia akan jauh lebih baik untuk kulit anda. penggunaan make up khusus ini memang sangat disarankan. Namun jika Anda ragu, maka apa salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau pakar kecantikan agar Anda dapat informasi serta penanganan yang lebih baik terhadap kulit Anda.

                2. Komsumsi jenis makanan dan minuman yang sehat
                Kulit yang sehat dimalai dengan perwatan dari dalam tubuh. Minumlah air sebanyak mungkin untuk menjaga kelembaban tubuh dan mencerna banyak anti-oksidan seperti terdapat pada teh hijau dan makanan yang kaya akan vitamin A, C, E dan beta karotin. Anti-oksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel kulit. Salah satu contoh buah baik dikomsumsi adalaha buah naga, karna manfaat buah naga untuk kecantikan sangat banyak.

                3. Gunakan krim mata setiap hari secara teratur
                Tahukah anda kalau kulit disekitar mata kita sangatlah tipis. Oleh karena itu, lindungi mata anda dengan menggunakan krim mata yang mengandung SPF30. Area mata cenderung lebih sering jadi perhatian ketika Anda sedang berbincang dengan seseorang.

                4. Gunakan sunscreen
                Pilih moisturizer yang memiliki fungsi ganda, selain melembabkan juga melindungi dari paparan sinar matahari. Pilih sunscreen dengan kandungan SPF 30. Gunakan pada wajah meskipun saat musim hujan atau saat anda berada diluar ruangan sekalipun hanya beberapa menit. Sunscreen sangat baik digunakan untuk melindungi kulit dari paparan ataupun radiasi sinar matahari. Jika Anda termasuk orang yang takut kulitnya terbakar karena paparan sinar matahari, maka sebaiknya sering-seringlah memakai sunscreen Agar kulit Anda dapat terlindungi secara optimal.

                5.Lakukan exfoliate secara teratur
                Exfoliator adalah salah satu cara yang jitu jika dilakukan secara teratur. Jika anda memiliki jenis kulit kombinasi atau berminyak, gunakan exfoliator seperti glycolic atau asam salisil. Khusus untuk anda yang memiliki jenis kulit normal atau sensitif, anda bisa menggunakan formula microdermabrasion exfoliator untuk hasil terbaik. Maka perhatikan jenis kulit Anda terlebih dahulu sebelum melakukan exfoliate (pengelupasan kulit) ini. Hal ini sangat penting karena kecantikan kulit adalah sangat bergantung terhadap cara penanganannya.

                6. Beri perhatian khusus untuk daerah leher, dada dan tangan. 
                Usia kulit pada bagian ini sangat cepat prosesnya dan seringkali diabaikan setiap anda melakukan perwatan kulit. sangatlah tidak nyaman jika wajah kita sudah sangat cantik, putih, bersih dan lembut namun daerah leher, tangan dan dada tidak terawat, terlihat kusam, kering dan gelap. Padahal area ini adalah area yang sangat penting juga untuk dirawat. Karna itu diperlukan perwatan dengan menggunakan sunscreen, pelembab dan exfoliation. Pilihlah produk anti-aging yang mengandung vitamin A, kinetin dan Vitamin C.

                7.Jangan pernah membiarkan kulit anda kering
                Banyak perempuan yang membuat kesalahan ketika wajahnya bermaslah dengan jerawat . Dengan cara tertentu, mereka sengaja membuat kulit wajahnya kering dengan tujuan agar minyak penyebab timbulnya jerawat bisa hilang. Ini adalah kesalahan besar dan hanya membuat masalah bertambah buruk.

                Jika kulit terasa kering akibat hilangnya semua minyak alami maka kulit akan memproduksi sebum lebih banyak lagi dan menutupi pori-pori hingga menyebabkan munculnya jerawat.

                Membersihkan wajah secara rutin dengan menggunakan pembersih yang lembut disertai dengan melakukan exfoliation sangat baik untuk kulit dan cukup efektif untuk sebagian besar perempuan. Namun akan lebih baik jika anda mengunjungi ahli dermatologi bila anda bermasalah dengan jerawat.

                8. Jangan Merokok
                Rokok berada diperingkat kedua setelah paparan sinar matahari yang diketahui dapat memperpendek usia kulit anda. Nikotin dapat menyempitkan pembuluh darah dan menghalangi aliran oksigen ke kulit anda.

                Jangan lupa, kulit anda merupakan bagian yang paling mendominasi pada area tubuh. Karena itu, perlakukanlah kulit anda sebaik mungkin. Semoga dengan artikel ini Anda bisa memahami cara merawat kulit dengan benar agar terlihat cantik

                2 comments