Monday, May 02, 2016

Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Berminyak

Kulit wajah berminyak bisa membuat penampilan tidak optimal. Jika Anda memiliki jenis kulit wajah berminyak maka anda akan sangat membutuhkan perawatan khusus untuk mebantu mengatasi masalah kulit berminyak Anda.

Begitu banyak produk kecantikan yang ditawarkan di Iklan–iklan. Tapi kadang ketakutan bisa menghantui kita karena mengingat kebanyakan produk kosmetik menggunakan bahan kimia yang berbahaya dan bisa menimbulkan masalah baru bagi kulit. Pada artikel kali ini, Admin akan memberikan beberapa cara merawat kulit berminyak

cara mengatasi kulit berminyak
Apakah Anda memperhatikan kulit Anda sering terlihat mengkilap, riasan mudah luntur dari wajah Anda, dan Anda sepertinya tidak akan pernah bisa menghentikan tumbuhnya jerawat untuk menyerang kulit Anda? Inilah kesengsaraan setiap hari yang dialami orang-orang yang berjuang dengan kulit berminyak.

Apakah Anda megalami masalah wajah berminyak, atau atau memliki masalah kulit jenis kombinasi yaitu berminyak dan kering. Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang Anda miliki jika ingin melakukan perawatan khusus. Karena bisa saja apa yang Anda lakukan pada kulit tidak memiliki efek apa-apa namun justru menimbulkan masalah kulit yang baru seperti tumbuhnya jerawat.

Jenis Kulit Berminyak
Mereka yang memiliki wajah berminyak sering bersinar di wajah mereka, dan mungkin akan mengatasi jerawat secara teratur. Jenis wajah berminyak biasanya memiliki pori-pori yang lebih besar dan lebih mencolok.

Kombinasi Jenis Kulit
Ini adalah jenis kulit yang paling sering mengalami masalah. Jenis kulit ini menampilkan dua jenis kulit di wajah. Kulit di zona-T akan sering berminyak, sementara pipi dan bagian wajah lainnya mungkin kering dan pecah.

Apa Penyebab Kulit Wajah Berminyak?

Tubuh kita menghasilkan minyak untuk membantu menjaga kulit kita lembut dan kenyal, tapi jika produksi sebum terlalu banyak, ini bisa menyebabkan jerawat berkobar dan mudah tersinggung yang merupakan penyebab utama jerawat. Lain kali Anda bertanya pada diri sendiri "mengapa wajah saya sangat berminyak?", Ingatlah bahwa ada dua faktor utama yang harus disalahkan: hormon dan genetika.

Kulit berminyak dikenal secara medis sebagai seborrhea dan disebabkan oleh kelebihan minyak kulit yang diproduksi di dalam pori-pori. Selama masa pubertas dan kejadian kehidupan lainnya, hormon berfluktuasi dapat menyebabkan tingkat androgen meningkat - androgen dianggap salah satu penyebab kulit berminyak paling tinggi. Androgen adalah hormon laki-laki yang hadir pada laki-laki dan perempuan yang menandakan pematangan kelenjar sebaceous kulit. Seiring kelenjar ini matang, produksi minyak meningkat.

Jumlah androgens yang lebih tinggi hadir, sebum lebih disalurkan melalui pori-pori, yang kemudian berada di permukaan kulit, menciptakan kilau yang berminyak. Jika minyak berlebih ini terjebak dalam pori-pori dan bergabung dengan sel kulit mati dan bakteri di permukaan kulit dan di dalam pori-pori, jerawat, komedo, dan noda lainnya akan terbentuk.

Penting juga dicatat peran genetika dalam kulit wajah berminyak. Pada kebanyakan pasien jerawat, reaksi terhadap perubahan hormon bergantung pada gen dan hormon. Kejadian hidup seperti pubertas atau kehamilan dapat menyebabkan fluktuasi hormon, dan genetika dan faktor keturunan dapat menentukan bagaimana kulit wajah Anda bereaksi terhadap fluktuasi hormon ini.

Beberapa orang melihat wajah mereka memudar seiring berjalannya waktu, terutama setelah pubertas selesai. Sayangnya, itu tidak terjadi pada semua orang.

Biasanya penyebab utama kulit wajah berminyak adalah karena pubertas dan masa remaja, dan tingkat keparahannya menurun saat seseorang dewasa sampai dewasa. Karena gen kami mengarahkan bagaimana kita menanggapi fluktuasi hormon, produksi sebum berlebih mungkin merupakan sesuatu yang melekat pada proses kulit dan tubuh Anda. Sayangnya, ini berarti sebagian dari kita tidak pernah tumbuh dari itu. Untungnya, detail panduan kulit yang jelas untuk menjaga wajah berminyak Anda tetap terjaga.

Jika memang Anda mengalami masalah dengan kulit berminyak dan ingin mengatasi serta mengetahui cara perawatannya. berikut beberapa tips yang bisa Anda coba :


Cara Merawat Kulit Berminyak


1. Kurangi komsumsi makanan yang mengandung minyak.
Makanan yang mengandung minyak seperti gorengan, adalah salah satu pemicu timbulnya jerawat. Selain mengurangi produksi minyak kulit, mengurangi makanan gorengan juga sangat baik untuk kesehatan dan menghidarkan kita dari penyakit berbahaya seperti kolesterol dan penyakit jantung

2. Rajinlah membersihkan wajah
Menbersihkan wajah minimal 2 kali sehari akan memberikan dampak positif pada wajah Anda.
Minyak pada wajah dapat menjebak kotoran dan partikel lainnya, yang pada gilirannya menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Gunakanlah pembersih wajah yang cocok untuk kulit Anda. Penggunaan sabun atau scrub pembersih wajah yang tidak cocok justru akan meninmbulkan masalah baru pada kulit Anda.

3. Gunakan exfoliator kulit yang lembut
Exfoliating (pengelupas kulit) berfungsi menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak.
Pilihlah produk exfoliator rekomendasi dari dokter atau ahli kecantikan agar tidak terjadi hal–hal yang tidak diinginkan pada kulit Anda.
Lakukan minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi wajah.

4. Cobalah untuk menggunakan air hangat ketika membersihkan wajah.
Air hangat lebih efektif mengurangi minyak dibandingkan dengan air dingin. Entah karena alasan apa tapi memang faktanya air hangat jauh lebih baik daripada air dingin

5.  Gunakan kosmetik dan produk perawatan wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.
Kosmetik juga memiliki peran penting untuk mengatasi minyak wajah. Kosmetik yang direkomendasikan untuk kulit wajah berminyak mampu menyerap minyak dan mengurangi produk minyak pada kulit

6. Jangan terlalu sering menggunakan kosmetik cair. 
Sekalipun memang harus menggunakannya, pilih yang diformulasikan khusus untuk kulit beminyak Anda.
Makeup cair dapat menyumbat pori-pori dan berkontribusi terhadap timbulnya jerawat. Hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah jika Anda rajin membersihkan bekas kosmetik tersebut dengan pembersih kosmetik khusus.

7. Gunakan masker lumpur atau masker tanah liat setidaknya dua kali seminggu.
Masker berguna menyerap kelebihan minyak dan membuat kulit terasa halus dan segar. Penggunaan masker lumpur  memang sangat disarankan oleh para pakar kecantikan


Bahan Alami Untuk Perawatan Kulit Berminyak


Perawatan kulit berminyak memerlukan perhatian khusus. Maka jangan aggap sepele masalah kulit berminyak Anda. Karena pada dasarnya, kulit berminya lebih rentan terkena jerawat dibanding jenis kulit lainnya. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah berminyak.

# Menggunakan putih telur
  • Gunakan putih telur (setelah dipisahkan dari kuningnya) kemudian kocok hingga terbentuk busa.
  • Oleskan ke wajah dan biarkan kering kemudian bilas dengan air.
  • Sebagai variasi, putih telur bisa ditambahkan dengan 1 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh madu. 
  • Oleskan ke wajah dan bilas setelah 15 menit dengan air hangat.

# Menggunakan Sari lemon
  • Campur sari lemon dan air dalam perbandingan yang sama dan oleskan pada wajah menggunakan kapas.
  • Biarkan hingga kering, kemudian bilas dengan air dingin.

# Menggunakan Butter Milk
  • Rendam bola kapas dalam buttermilk dan oleskan pada wajah. 
  • Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

# Menggunakan Kentang
  • Iris kentang dan gosokkan ke wajah. Biarkan air kentang membasahi semua bagian wajah.
  • Biarkan air kentang sampai kering kemudian bilas dengan air hangat.


Keuntungan Memiliki Kulit Berminyak

Kulit berminyak bukan berarti masalah yang tidak mendapatkan keuntungan pada wajah Anda. Orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan wajah berminya haruslah juga bersyukur karena wajah berminyak ternya memiliki manfaat yang cukup baik. dintaranya

Memperlambat Proses Penuaan dini
Kerutan pada wajah merupakan masalah umum yang dihadapi hampir seluruh wanita. Jika wajahnya terdapat kerutan maka pasti kaum hawa akan berusaha untuk menghilangkna kerutan tersebut. Namun beruntunglah jika Anda termasuk tipe perempuan yang memiliki wajah yang berminyak karena dengan adanya minyak pada wajah yang Anda miliki akan membantu Anda dalam melembabkan kulit. Kulit lembab tidak akan mudah mengalami proses penuan.

Aman dari Kulit Kering dan Bersisik
Hal buruk yang bisa saja terjadi pada wajah adalah ketika mengalami kulit kering dan bersisik. Ini juga dapat menghabiskan biaya yang banyak bagi kaum perempuan untuk menjadikan kulitnya tidak kering. Dan hal ini justru tidak perlu dilakukan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, karena dengan minyak pada wajah akan menjadi pelembab yang alami sehingga kulit kering dan bersisik tidak ada lagi

Kulit Lembab Alami
Tidak usah menggunakan pelembab yang mahal ataupun membuat ramuan khusus untuk melembkan kulit wajah karena kulit berminyak sudah memiliki kulit wajah yang lembab alami, yang berasal dari produksi kelenjar minyak di wajahnya. Kelembaban alami tentu akan menjadikan wajah jadi tetap lembut dan terhindar dari kulit kering serta kulit bersisik


Nah, ternyata memiliki kulit berminyak ada untungnya juga dan tidak hanya merugikan saja ya. Bahkan tidak perlu khawatir tentang masalah penuan dini, kelembaban kulit serta kluit kering bersisik karena dengan memiliki kulit berminyak semuanya bukan lagi masalah yang serius.


Kulit wajah berminyak adalah hasil produksi sebum berlebih, yang bisa disebabkan oleh fluktuasi hormon dan dipengaruhi genetika.
Asam salisilat adalah ramuan perasa jerawat yang kuat yang dapat membantu mengurangi munculnya minyak dan noda pada kulit.
Mereka yang memiliki kulit berminyak sebaiknya tetap menggunakan pelembab, karena mengeringkan kulit bisa memberi isyarat kelenjar minyak untuk menghasilkan sebum lebih banyak lagi.
Kebiasaan gaya hidup dapat mempengaruhi penampilan kulit, jadi penting untuk mendapatkan jumlah istirahat yang tepat, pertahankan rutinitas pembersihan yang konsisten, dan hindari produk yang mengganggu.

Jika cara diatas sudah dilakukan dengan benar, maka impian Anda untuk mengatasi Kulit wajah berminyak akan terwujud

8 comments