Thursday, March 24, 2016

10 Jenis Makanan Untuk Kesehatan dan Kecerdasan Otak

Memiliki tubuh yang sehat tidaklah cukup jika tidak di barengi dengan otak yang cerdas. Otak yang cerdas sangat dibutuhkan untuk tetap melakukan kehidupan sehari–hari dalam hidup. Bayangkan jika Anda tidak memiliki kecerdasan ditengah jaman dimana segala sesuatunya serba canggih. Kemampuan otak untuk berdaptasi dengan jaman sangatlah diperlukan untuk menghadapi masalah ini.

Berotak cerdas bukanlah faktor keturunan yang selama ini mungkin sebagian orang menganggapnya demikian. Kita hanya perlu melakukan beberapa hal termasuk melatih dan mengonsumsi pangan yang memiliki faedah untuk mengencerkan otak.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli menjelaskan bahwa kemampuan berfikir seseorang bisa dilatih dan diasah oleh dengan cara–cara tertentu.


Pada artikel kali ini, Penulis akan memberikan beberapa daftar jenis makanan termasuk jenis buah dan sayuran yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak.
Untuk lebih jelasnya silahkan Anda baca cara melatih otak

Jenis makanan untuk kecerdasan otak ini sudah dirangkum dari berbagai sumber dan sudah diuji khasiat dan manfaatnya untuk meningkatkan kecerdasan otak manusia.

10 Jenis Makanan Untuk Kesehatan Otak

Berikut ini adalah 10 jenis makanan yang mampu meningkatkan kecerdasan otak kita, diantaranya adalah:

1. Gandum

Di Indonesia, gandum mungkin tidak terlalu popular, ini karena di Negara kita lebih memilih beras sebagai bahan makanan pokok untuk sumber karbohidrat. Namun tahukah Anda bahwa gandum ternyata memiliki begitu banyak manfaat dan khasiat untuk meningkatkan kecerdasaan otak. Kandungan vitamin B serta serat yang tinggi pada gandum sangat membantu untuk mencerdaskan otak kita

2. Buah berry

Jenis buah berry yang sering kita jumpai adalah cherry, blue berry dan strawberry. Kesemua jenis buah berry ini sangat baik untuk otak.
Kandungan vitamin serta anti oksidan dalam buah berry berkhasiat sangat baik untuk kesehatan otak. Kandungan anti oksidannya mampu mencegah penyakit otak yang berbahaya termasuk kanker otak
nutrisi untuk otak cerdas

3. Telur

Telur mungkin sudah sering Anda jumpai alam kehidupa sehari–hari. Sering dijadikan sebagai lauk, campuran kue atupun biasa dikonsumsi secara langsung karena telur sudah dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi.

Namun pernahkah Anda sadari bahwa telur ternyata memiliki zat kolin yang merupakan zat yang sangat diperlukan oleh perkembangan otak dan membantu proses kerja otak dalam berfikir dan mengingat. Zat pada telur ini sangat baik untuk memperbaiki sistem memori atau daya ingat pada otak. Olehnya sering seringlah mengonsumsi telur meskipun cuma sekali dalam sehari

4. Salmon

Ikan salmon sejak dulu sudah terkenal dengan banyak kandungannya yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu kandungan yang sering kita jumpai pada ikan salmon adalah Omega 3 dan DHA. Kedua kandungan yang terdapat dalam ikan salmon ini adalah zat yang sangat penting dalam proses pertumbuhan otak.

Olehnya itu, jika kita memiliki bayi, periksalah nutrisi bayi yang Anda berikan, apakah kandungan gizinya sudah lengkap, apa sudah terdapat Omega 3 dan DHA didalamnya. Tapi untuk perkembangan produk makanan bayi saat ini, hampir keseluruhan sudah memasukkan unsur DHA dan Omega 3 didalam produknya. Ini karena kandungan dari ikan salmon ini sangat baik untuk perekembangan pertumbuhan otak.

5. Sayuran

Anda suka makan sayuran?. Jika iya, maka Anda telah mengonsumsi salah satu jenis asupan yang dapat mencerdaskan otak. Sayuran hijau kaya akan kandungan mineral yang sangat baik untuk proses perkembangan otak. Jika Anda rutin makan sayuran segar, maka kualitas otak Anda akan semakin baik pula.

6. Susu

Susu merupakan pelengkap dari motto makanan sehat Indonesia “4 sehat 5 sempurna”. Susu merupakan penghasil vitamin D terbaik setelah matahari pagi. Kalsium yang terdapat dalam segelas susu sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Namun tahukah Anda bahwa penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang rajin minum susu dalam bentuk dan olahan atau produk apapun.

Dalam penelitian itu disebutkan bahwa susu mampu meningkatkan daya ingat seseorang yang meminumnya.
Hal ini dibuktikan pada sebuah test terhadap orang yang meminum susu dan yang tidak. Pada test tersebut, terbukti bahwa orang yang rajin minum susu lebih mudah mengerjakan soal daripada yang tidak. Hal ini disebabkan oleh kandungan susu yang diminum memberikan efek mudah menghafal atau meningkatkan daya ingat.

7. ASI

Pemberian Asi atau susu murni dari seorang ibu kepada bayinya juga akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak.

Mungkin memang belum ada penelitian yang bisa membuktikan secara terperinci tentang perbandingan kecerdasan antara orang yang meminum Asi saat bayi dengan yang tidak. Namun Asi memang sangat banyak manfaatnya untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi

8. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk meningkatkan energi pada anak ataupun orang dewasa untuk beraktivitas.

Selain untuk meberikan energi pada tubuh, daging sapi tanpa lemak ternyata juga dapat mendatangkan efek baik bagi otak. Kandungan zat besi pada daging sapi mampu memperbaiki proses kerja daya ingat otak.

Namun bagi Anda yang vegetarian atau tidak punya alergi pada daging sapi, Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis kacang–kacangan yang juga mengandung banyak zat besi seperti kacang hitam dan juga burger kedelai atau jenis olahan kedelai lainnya.

Kacang jenis ini memiliki jenis zat besi nonhome, yaitu zat besi yang membutuhkan vitamin C agar mudah diserap oleh tubuh. Selain kacang, Anda juga bisa memanfaatkan tomat, strawberry dan jus jeruk sebagai suplay zat besi agar kebutuhan zat besi pada tubuh bisa dioptimalkan.

9. Yoghutr

Yoghurt berada di urutan kesembilan di tips tentang jenis nutrisi yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak. Yoghurt dikenal memiliki banyak manfaat. khasiat yang sering banyak di aplikasikan pada adalah sebagai pelancar pada proses pencernaan. Yoghurt mampu menekan bakteri jahat atau berbahaya yang masuk kedalam saluran pencernaan bersama makanan.

Bakteri yang menekan bakteri jahat tersebut dikenal sebagai mikroorganisme probiotik.

Selain rasanya yang asam, ternyata yoghart juga memiliki manfaat yang baik untuk otak. Hal ini dibuktikan dari sebuah riset yang diakukan oleh Universitas California dan dirilis oleh Genius Beauty bahwa, mikroflora yang terdapat pada yoghurt tadi ternyata sangat meberikan pengaruh pada perkembangan dan produktivitas otak. Hal ini terungkap dalam studi terbaru yang dilakukan Universitas California.

Seperti dirilis Genius Beauty, mikroflora di dalam usus mampu memberikan pengaruh bagi produktivitas otak.
Mikroflora tersebut memberikan rangsangan pada fungsi otak dalam hal berfikir ataupun dalam memaksimalkan daya ingat.

Dalam studi tersebut melibatkan 36 wanita sehat yang di berusia antara 18 sampai 55 tahun. Para wanita ini kemudian dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama dihimbau untuk mengonsumsi yoghurt yang memiliki mikroorganisme yang befungsi meningkatkan kinerja mikroflora usus. Kelompok kedua juga diminya untuk mengonsumsi yoghurt tapi tanpa mikroorganisme atau probiotik.

Sementara kelompok ketiga atau kelompok terakhir tanpa minum yoghut sama sekali. Alhasil, dari ketiga kelompok tersebut, wanita yang meminum yoghurt dengan mikroorganisme peghasil probiotik lebih memiliki ketenganan emosional yang cukup tinggi dibandingkan dengan kelompok wanita yang hanya meminum yoghurt tanpa mikroorganisme apalagi yang tanpa minum sama sekali.

Selain memiliki ketenangan emosional, khasiat dari meminum yoghurt juga mampu memberikan pengaruh terhadap reaksi rangsangan dari luar. Dan dengan hasil riset ini, maka terbukti bahwa meminum yoghurt yang memiliki probiotik akan membantu meningkatkan kerja otak Anda.

10. Oat

Oat adalah jenis sereal yang sangat popular dikalangan anak dibawah umur. Tapi ini hanya berlaku pada kalangan anak–anak Eropa dan sekitarnya. Namun di Indonesia, keberadaan Oat atau Oatmeal sudah sering dijumpai dalam bentuk olahan pabrik. Oat meal diketahui sangat baik untuk kesehatan jantung.

Selain baik dikonsumsi untuk penyakit jantung, ternyata Oat juga memiliki manfaat sebagai sumber nutrisi bagi otak Manusia. Kandungan Vitamin B dan Vitamin E serta kandungan lainnya seperti seng dan potesium sangat memiliki pengaruh penting untuk mengoptimalkan kinerja tubuh dan otak.

Jenis makanan diatas hanya untuk suplemen pembantu kerja otak saja. Bukan berarti ketika anda sudah mengonsumsi semua jenis nutrisi dan minuman tersebut sudah membuat anda pintar, cerdas atau berotak encer. Hal yang paling penting untuk membuatnya otak jadi cerdas adalah dengan. Terimakasih sudah membaca artikel 10jenis makanan untuk kecerdasan otak

2 comments