Wednesday, March 30, 2016

5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Punggung

Penyakit nyeri punggung adalah penyakit yang sering dianggap biasa, namun bisa berbahaya jika tidak segera ditangani secara serius. Hampir 90% orang dewasa pernah mengalami penyakit ini, entah itu dalam kondisi penyakit ringan atau nyeri berkepanjangan yang dapat membuat sekujur tubuh menjadi sakit.

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang merasakan nyeri pada bagian belakang. Misalnya sehabis mengangkat beban berat, sikap duduk atau posisi tidur yang salah.Bisa juga karena memang ada infeksi atau gangguan pada tulang belakang.

Cara Megatasi nyeri Punggung

Jika seseorang mulai merasa masalah ini, sebaiknya langsung melakukan pertolongan pertama. Misalnya berbaring dalam posisi telentang, dan memijat atau mengompres bagian yang sakit. Jika rasa sakitnya tidak kunjung sembuh dalam berapa hari, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyakit apa yang sebenarnya Anda derita dan cara untuk mengobatinya agar tidak semakin parah.

Penyebab Nyeri Punggung


Beberpa faktor yang bisa menyebabkan rasa sakit antara lain sebagai berikut:

1. Ketegangan Otot
  • Otot yang tegang dan kencang merupakan faktor penyebab paling umum timbulnya sakit bagian atas.
  • Duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lama atau mengangkat benda berat bisa menyebabkan otot tubuh bagian belakang menjadi kencang. Kondisi ini membuat otot menjadi tegang sehingga menimbulkan nyeri.
  • Cedera pada otot punggung juga bisa memicu bagian belakan nyeri.

2. Adanya Infeksi Ginjal
  • Infeksi ginjal berpotensi menyebabkan sakit bagian atas.
  • Masalah ginjal maupun masalah pada kandung kemih biasanya menyebabkan nyeri pada bagian bawah tulang belikat.

3. Faktor Kehamilan
  • Berat badan seorang wanita hamil biasanya akan bertambah. Penambahan berat badan akan memberikan tekanan tambahan pada belakang sehingga menimbulkan rasa nyeri pada punggung (back pain).
  • Back pain selama kehamilan bisa disertai dengan sensasi terbakar.
  • Bila wanita hamil memiliki sikap/postur tubuh yang jelek, maka rasa sakit yang terjadi bisa lebih parah.

4. Ruas Tulang Punggung Bermasalah
  • Proses penuaan menyebabkan sendi dan tulang menjadi semakin rapuh.
  • Kondisi ini membuat orang lanjut usia rentan terhadap herniasi tulang atau patah tulang punggung.
  • Rasa nyeri seperti terbakar di punggung bagian atas juga bisa disebabkan oleh pecahnya ruas tulang belakang.
  • Selain karena faktor usia, pecahnya ruas tulang bisa terjadi karena cedera saat olahraga atau kebiasaan mengangkat yang salah.

5. Masalah Lain
  • Spondilitis, masalah pernapasan,deep root ganglia, paresthesia, kerusakan saraf, atau diabetes neuropati dapat memicu nyeri yang tajam pada punggung bagian atas.

5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Punggung


"Mencegah lebih baik daripada mengobati", pastilah Anda sudah sering mendengar pepatah tersebut. Iya, pepatah tersebut memang benar adanya. Agar Anda terhindar dari penyakit ini. Tips berikut ini adalah cara alami yang dapat diterapkan dengan mudah dirumah. Berikut adalah beberapa langkah–langkahnya:

1. Banyak Berolahraga

Setiap bangun pagi, biasakanlah berolahraga. Cukup olahraga ringan yaitu jalan kaki selama 20 menit  sambil melakukan gerak badan atau gerakan pemanasan untuk merenggangkan otot–otot pungkur. Bisa juga dengan melakukan gerakan sit up setiap pagi. Lebih bagus lagi jika Anda selingi dengan olahraga renang, minimal sekali seminggu

2. Menjaga Pola Hidup Sehat 

Rajinlah mengomsumsi makanan yang mengandung kalsium (sebagaimana yang kita tahu, kalsium  sangat penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat). Hindari konsumsi kopi yang berlebih. Karena kopi mengandung kafein yang bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terus–menerus. Jangan mengomsumsi rokok ataupun alcohol. Istirahat yang cukup dan jangan membiasakan diri untuk begadang

3. Menghindari Posisi Duduk yang Salah

Bukan hanya bagian belakang yang bisa nyeri saat Anda duduk dengan posisi yang salah. Pinggang dan tengkuk Anda pun bisa ikut–ikutan sakit. Apalagi jika posisi tidur juga sering salah. Jika Anda sedang duduk, usahakanlah untuk duduk dengan posisi belakang yang tetap tegap. Dan jika Anda tidur atau berbaring, jangan berbaring dengan posisi tengkurap. Sebaiknya Anda tidur telentang agar tubuh tetap lurus atau sesekali menyamping dengan menyeimbangkan tubuh ke kiri dan kanan agar otot lengan tidak kaku sebelah

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Bila tubuh Anda terlalu gemuk, Anda juga akan harus mengeluarkan tenaga ekstra saat beraktifitas. Aktifitas yang  berat, tentu saja rentang dengan nyeri otot atau nyeri bagian belakang. Jagalah berat badan Anda dengan menghindari konsumsi lemak yang berlebih. Carilah makanan yang rendah lemak. Lebih baik memperbanyak makan buah–buahan ataupun sayuran. Untuk rekomendasi buah, Anda bisa memanfaatkan buah ketimun atau buah Alpukat karena kedua buah ini kaya nutrisi, mengenyangkan dan rendah lemak


5. Menghindari High Heels

Khusus untuk wanita, pemakaian high heels atau hak tinggi  tentulah menjadi pilihan untuk menunjang penampilan. Namun terlalu sering memakai high heels apalagi setiap hari, dapat menyebabkan nyeri pada otot kaki, sendi dan bagian tubuh lainnya seperti punggung. Karena kaki yang fungsinya sebagai penyeimbang tertekan untuk mengikuti posisi sepatu yang tinggi


Demikianlah artikel info kesehatan tentang cara mudah mengatasi nyeri punggung, semoga bermanfaat.