Thursday, March 03, 2016

6 Cara Alami Mengatasi Luka Bakar

Luka  bakar adalah luka atau cedera pada kulit dan tubuh yang disebabkan oleh panas (paparan sinar matahari yang berlebih ), listrik (tersambar petir dan kesetrum atau kena api saat memasak), radiasi (uap panas yang keluar dari peralatan operasi ), zat kimia (terkena percikan cairan kimia berbahaya saat bekerja atau saat melakukan praktikum di laboratorium).

Luka bakar awalnya hanya mengenai kulit dan bagian luar, namun juga bisa menembus lapisan kulit dibawahnya, Bahkan bisa mengenai seluruh lapisan kulit hingga kedalam jaringan tulang dan otot. Kondisi seperti ini terbilang cukup parah dan bisa saja menyebabkan seseorang yang mengalaminya menjadi cacat seumur hidup.

Mengatasi Luka Bakar secara Alami

Penyebab luka bakar

Kita harus mengenali beberapa sumber penyebab luka bakar yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah 4 penyebab luka bakar:

Panas (suhu di atas 60°C), contoh: api, uap panas, benda panas
Listrik, contoh: listrik rumah tangga, petir
Kimia, contoh: soda api, air aki (zuur)
Radiasi, contoh: sinar matahari (ultraviolet), bahan radio aktif

Tiga golongan luka bakar

Berdasarkan kedalamannya, luka bakar dibagi menjadi 3 tingkat, yaitu:

1. Luka bakar superfisial (derajat satu)
Luka bakar ini hanya meliputi lapisan kulit paling atas saja (lapisan epidermis). Biasanya luka bakar ini ditandai dengan kemerahan, rasa nyeri, dan terkadang membengkak.

2. Luka bakar derajat dua (sedikit lebih dalam dari derajat satu)
Luka bakar ini meliputi lapisan paling luar kulit yang rusak dan mengganggu lapisan bawahnya. Luka bakar tingkat ini merupakan jenis yang paling sakit, dengan ditandai munculnya gelembung-gelembung pada kulit yang berisi cairan, bengkak, kulit berwarna kemerahan atau bisa juga menjadi putih, kulit lembap, dan rusak.

3. Luka bakar derajat tiga
Pada luka bakar tingkat ini, lapisan yang terkena luka bakar tidak terbatas, bahkan bisa sampai ke tulang dan organ dalam. Luka bakar ini merupakan tingkat yang paling berat. Biasanya ditandai dengan kulit menjadi kering, pucat atau bahkan putih, namun bisa juga gosong dan hitam. Berbeda dengan derajat satu dan dua, luka bakar derajat tiga ini tidak menimbulkan nyeri.

Luas permukaan luka bakar

Dalam penanganan luka bakar dan penentuan derajat luka bakar, luas permukaan tubuh yang mengalami luka bakar sangatlah berperan. Pedoman untuk memperkirakan luas daerah yang terbakar dapat dilakukan dengan hukum sembilan (rule of nine), yaitu dengan membagi daerah tubuh dengan persentase sembilan per daerah tubuh.

Berikut adalah penjelasan hukum sembilan:

  • Kepala (9%): bagian depan = 4,5%; bagian belakang = 4,5%
  • Tubuh (36%): dada, perut = 18%; punggung = 18%
  • Lengan (18%): lengan atas depan-belakang (9%); lengan bawah depan-belakang (9%)
  • Kaki (36%): tungkai atas depan-belakang (18%); tungkai bawah depan-belakang (18%)
  • Alat kelamin (1%)

Cara lain untuk menghitung luas luka bakar adalah dengan membandingkan luka dan telapak tangan korban. Telapak tangan korban dianggap memiliki luas sebesar 1% dari luas permukaan tubuh. Perlu diingat bahwa penghitungan luas luka bakar dihitung berdasarkan masing-masing derajat luka bakar. Derajat luka bakar ditentukan oleh dua faktor utama, yaitu luas permukaan tubuh yang mengalami luka bakar dan lokasinya.

Luka bakar ringan


  • Luka bakar derajat tiga kurang dari 2% luas, kecuali pada wajah, tangan, kaki, kemaluan, dan saluran napas
  • Luka bakar derajat dua kurang dari 15% luas
  • Luka bakar derajat satu kurang dari 50% luas

Luka bakar sedang


  • Luka bakar derajat tiga antara 2%-10% luas, kecuali pada wajah, tangan, kaki, kemaluan, dan saluran napas
  • Luka bakar derajat dua antara 15%-30% luas
  • Luka bakar derajat satu lebih dari 50%

Luka bakar berat


  • Semua luka bakar yang disertai cedera pada saluran napas, cedera jaringan lunak, dan cedera tulang
  • Luka bakar derajat dua atau tiga pada wajah, tangan, kaki, kemaluan, atau saluran napas
  • Luka bakar derajat dua di atas 10%
  • Luka bakar derajat dua lebih dari 30%
  • Luka bakar yang disertai cedera alat gerak
  • Luka bakar mengelilingi alat gerak

Bagaimana cara menangani luka bakar?


  1. Alirkan air biasa ke daerah yang luka. Bila ada bahan kimia alirkan air terus menerus selama 20 menit atau lebih.
  2. Lepaskan pakaian dan perhiasan. Jika pakaian melekat pada luka bakar, gunting pakaian di sekitarnya yang tidak menempel, dan jangan memaksa untuk melepasnya.
  3. Tutup luka bakar, gunakan penutup luka steril, dan jangan memecahkan gelembung.
  4. Jangan menggunakan mentega, odol, kecap, kopi, air es.
  5. Segera rujuk ke fasilitas kesehatan.


(Source : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/perawatan-luka/pertolongan-pertama-luka-bakar/)

Karena luka bakar berbeda–beda, maka berbeda pula penanganannya.
Tergantung seberapa parah luka  bakar yang dialami. Jika luka bakar sudah berada pada level terakhir atau sangat parah, maka jalan satu–satunya adalah operasi cangkok kulit atau operasi plastik.

Apabila seseorang mengalami luka bakar, harus segera diobati meski lukanya hanyalah luka ringan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi dan peradangan pada kulit yang dapat memperparah kondisi luka tersebut.

Menempuh jalan operasi untuk mengobati luka bakar, tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bisa mencapai puluhan juta rupiah. Luka bakar dapat menyebabkan kulit melepuh, hangus, mengelupas, memerah dan mungkin saja bengkak.

Cara Alami Mengobati Luka Bakar


Ketika anda mengalami luka bakar, sebaiknya segera melakukan penanganan dengan cara membersihkan luka dengan alat dan bahan yang steril, jangan mengompres atau membersihkan luka dengan air dingin (air es) karena luka tersebut justru bisa makin parah.

Selain  mengobati luka bakar dengan cara medis, kita juga bisa menggunakan cara tradisional sebagai langkah awal untuk penanganannya. Cara tradisional tersebut adalah :

1. Kentang
Sifat anti iritasi yang dikandung oleh sebuah kentang, dapat mencegah kulit melepuh dan mengurangi rasa sakit akibat luka bakar. Caranya :
  • Ambillah sebuah kentang segar
  • Cuci bersih lalu iris tipis
  • Gosok perlahan pada kulit yang luka terbakar atau melepuh

2. Teh
Seperti yang kita tahu, teh mengandung asam tannic yang dapat menghilangkan rasa sakit. Teh juga bisa digunakan untuk mengobati luka melepuh yang membuat kulit dan tangan merasa nyeri. Cara penerapannya adalah sebagai berikut :
  • Celupkan 1 kantung teh ke dalam segelas air hangat 
  • lalu ambil kantung teh tersebut dan celupkan lagi kedalam segelas air dingin. 
  • Ambil kantung teh tersebut dan oles pada bagian yang terluka
Rasa dingin dan manfaat teh akan terasa menyegarkan dan membuat luka bakar jadi cepat mengering. gunakan pengobatan ini setiap kali Anda mengalaminya, karena pengobatan ini terbukti sangat manjur dan ampuh.

3. Lidah buaya
Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman yang unik dan memilik banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat yang paling sering digunakan untuk lidah buaya adalah untuk kesehatan rambut. Namun tahukah Anda bahwa tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar.

Caranya pengaplikasinnya pun sangat mudah. Ambil daun lidah buaya segar, Lalu usapkan  pada luka bakar anda. Sensasi dingin menyegarkan dari lidah buaya akan membuat area sekitar luka bakar anda menjadi segar dan rasa sakitnya menjadi berkurang dengan sendirinya

4. Madu
Dalam pengobatan tradisional, madu sudah sangat sering digunakan karena mengandung antibiotik alami yang dapat menyembuhkan luka dan mencegahnya dari infeksi yang mungkin terjadi.

Saat anda mengalami luka bakar, anda juga bisa menggunakan madu untuk mensterilkan luka dan mencegah luka bakar dikulit agar tidak melepuh.

Cara penerapan pengobatan luka bakar dengan madu sangatlah mudah. hanya dengan mengoleskan madu pada bagian kulit yang terluka. Obat alternatif ini sudah ada sejak dahulu kala. Jadi jangan pernah meragukan kedahsayatan manfaat madu.


Cara Mengobati Luka Bakar Secara Cepat

Selain cara diatas, ada juga cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan luka bakar. Diantaranya :

#Menggunakan Pasta gigi
Pasta gigi dipercaya dan terbukti secara ilmiah sebagai pembersih gigi dan mulut. Namun tahukah Anda bahwa telah ada penemuan tentang pemanfaatan pasta gigi sebagai obat luka bakar. Caranya cukup mudah. Hanya mengoleskan pasta gigi di area yang luka dan biarkan hingga pasta gigi mengering. Jika mulai mengering, bersihkan kemudian ganti lagi dengan pasta baru

#Mengatasi dengan Buah Pisang
Luka bakar yang terjadi secara mendadak biasanya membuat kita panik dan tidak tahu harus berbuat apa untuk menanganinya. Buah pisang adalah alternatif terbaik saat Anda digunakan. Buah yang digunakan adalah jenis buah pisang kecil yang sudah masak. Caranya, dengan menghancurkan pisang kemudian oleskan pada daerah yang sakit.

Cara diatas merupakan cara yang sudah sering dilakukan dan sudah terbukti khasiatnya. Silahkan dicoba di rumah, Jika ada tambahan atau masukan silahkan isi dikolom komentar. Terima kasih telah membaca artikel dari kumpulan tips terkini tentang cara alami mengatasi luka bakar