Thursday, March 31, 2016

3 Cara Alami Mengobati Penyakit Asma Dengan Cepat

Penyakit asma adalah salah satu penyakit yang menyebabkan seseorang menjadi sesak nafas atau sulit bernafas akibat terjadinya penyempitan saluran pernafasan pada bagian paru–paru (udara yang berada di paru–paru sulit dikeluarkan).

Ketika seseorang terserang asma, akan muncul gejalanya terlebih dahulu. Seperti mual dan muntah, hidung mampet, batuk–batuk, mudah lelah, tenggorokan terasa gatal, tubuh berwarna kebiruan akibat kurangnya udara yang masuk ke dalam tubuh, nafas pendek dan tersengal–sengal, bersin-bersin, mudah berkeringat terutama pada bagian kening, susah tidur, posisi duduk selalu berubah agar bisa merasa nyaman dan bisa bernafas dengan lebih  baik.

cara mengobati penyakit asma dengan cepat


Penyakit ini juga termasuk penyakit yang patut diwaspadai karena bisa muncul secara tiba–tiba dan dapat mneyerang siapa saja (anak–anak, remaja atau orang dewasa)
Penyakit asma termasuk salah satu penyakit yang sifatnya menurun. Yang berarti jika seseorang terserang asma, kemungkinan itu adalah penyakit bawaan dari salah satu orang tua atau kakek dan neneknya. Seseorang yang terserang asma harus menghindari beberapa hal yang dapat memperparah keadaannya. Penderita asma tidak boleh menghirup asap rokok, debu, polusi, dan obat nyamuk bakar.

Jika seseorang mulai mengalami gejala asma, sebaiknya segera melakukan penanganan secara serius agar kondisinya tidak semakin memburuk atau sampai pada tahap kronis. Meski sampai saat sekarang, penyakit ini belum bisa disembuhkan secara total, namun kita harus tetap berusaha dan memiliki keyakinan yang kuat untuk bisa sembuh.

Penyebab Penyakit Asma


1. Faktor lingkungan
  • Penyebab utama yang terjadi dari sesak nafas adalah karena faktor lingkungan yang berdebu, selain itu penuh dengan polusi dan juga asap yang mempunyai potensi membuat seseorang mengalami nafas sesak. 
  • Cara mengatasinya adalah sebaiknya mulailah untuk membiasakan diri Anda dengan hidup sehat dengan cara tidak merokok dan tidak melakukan olahraga dengan berlebihan di pagi hari. Aturlah jadwal rutin untuk membantu membersihkan rumah dari serangan debu.

2. Faktor makanan
  • Penyebab asma pada anak salah satunya adalah karena makanan. 
  • Asupan makanan dan juga minuman yang bisa memicu terjadinya penyakit asma sebaiknya dihindari. 
  • Jangan makan makanan yang mengandung kadar MSG tinggi, makanan yang mengandung bahan pengawet, kacang, cokelat hingga minuman yang bersoda yang  super dingin. Dan hal ini mungkin sangat berakitan dengan tingkat dari alergi yang dimunculkan.

Cara Alami Mengobati Penyakit Asma

Selain berobat ke dokter atau ke rumah sakit, tidak ada salahnya jika kita juga berusaha mengobati asma dengan tumbuhan dan cara alami yang dijamin lebih aman untuk tubuh dan tidak memiliki efek samping jika dikomsumsi. Beberapa tanaman herbal tersebut adalah :

1. Mengobati Asma Dengan Bunga kenanga
Ternyata selain berfungsi sebagai tanaman hias, bunga kenanga juga bisa digunakan sebagai obat. Untuk mengobati penyakit asma, caranya adalah ;
  • Ambillah tiga kuntum bunga kenanga yang telah dikeringkan, serta 3 gelar air mineral. 
  • Kemudian rebus hingga mendidih dan airnya tersisa hanya segelas saja. 
  • Saringlah air rebusan bunga kenanga tersebut dan diamkan selama 15 menit, kemudian minumlah. 
  • Minumlah ramuan ini secara teratur setiap hari

2. Obati Asma Dengan Madu
  • Madu telah lama dikenal dengan manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan
  • Madu memiliki zat yang dapat mengatasi penyakit asma
  • Kadangkala banyaknya lendir pada tenggorokan membuat seseorang menjadi sulit untuk bernafas. 
  • Untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernafasan, caranya cukup mudah. Ambillah 2 sendok makan madu alami dan tuangkan ke dalam segelas air hangat. Aduk rata lalu diminum.  
  • Minumlah 2 kali sehari agar perasaan sesak bisa berkurang dan pernafasan kembali lancar

3. Mengatasi Asma Dengan Jahe
  • Untuk mengencerkan lendir dan mengobati asma, gunakanlah jahe. 
  • Caranya, ambillah sebuah jahe berukuran sedang, cuci bersih dan kupas kulitnya, kemudian dipotong–potong atau ditumbuk hingga halus. 
  • Tambahkan segelas air dan sedikit garam halus serta 2 atau 3 tetes madu alami. Aduk rata dan saring. Minumlah ramuan ini setiap pagi. 
  • Jahe juga dapat menghangatkan badan. Sangat cocok untuk diminum pada saat cuaca dingin

Demikianlah beberapa tips tentang cara alami mengobati penyakit asma, semoga artikel ini bisa membantu untuk anda yang sedang atau sudah lama mengalami sakit asma