Tuesday, March 08, 2016

9 Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Termasuk Untuk Awet Muda

Buah naga adalah buah yang berasal dari Amerika dan Meksiko. Namun, buah ini sudah banyak dibudidayakan di negara–negara Asia seperti Malaysia, Thailand, Filipina dan negara kita Indonesia.

Budidaya buahnya dapat dilakukan dengan cara vegetatif dan generative. Namun generative lebih banyak dipilih masyarakat petani karena caranya jauh lebih mudah.

Buah yang dapat dibudidayakan adalah buah yang telah dipilih dari kualitas terbaik, pohonnya tidak kerdil, dan diameternya cukup besar. Sehingga nantinya, buah yang akan dihasilkan juga seperti indukannya.

Manfaat Buah Naga untuk kesehatan dan kecantikan


Faedah buah ini sangat baik untuk berbagai macam hal termasuk pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Ada sekitar lebih dari 9 keistimewaan buah yang akan diuraikan lebih lanjut pada artikel ini, kegunaan buah ini sangat banyak jika dikonsumsi secara rutin maka akan membawa efek positif bagi tubuh.

Buah ini memiliki akar serabut yang berkembang di dalam tanah dan batang atasnya sebagai akar gantung. Buah ini juga memiliki beberapa sisik ditubuhnya sehingga sering disebut sebagai sisik naga. Buah ini memiliki biji–biji kecil berwarna hitam seperti biji selasih. Buah  yang baik rasanya manis dan agak pedas. Selain dimakan langsung dalam keadaan segar, juga dapat diolah menjadi agar–agar, jus buah dan salad.

Kandungan Buah

Dalam 100 g buah naga, mengandung kalori 60 kkal, protein 0, 53 g, karbohidrat 11, 5 g, serat 0,71 g, kalsium 134,5 mg, fosfor 87 mg, zat besi 0,65 mg, vitamin C 9,4 mg, serta kandungan airnya sebanyak 90%.

#Sumber Vitamin B12
  • Kandungan vitamin B12 membuat buah ini menjadi perangsang nafsu makan yang baik. Terutama bagi orang-orang yang sedang dalam masa penyembuhan, maka sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.
#Kaya Serat
  • Buah ini mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga berguna untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.
#Kaya Mineral
  • Mineral yang terkandung didalam daging buahnya adalah fosfor dan kalsium. Keduanya memiliki peran dalam pembentukan tulang, gigi, dan perkembangan sel.
#Anti Oksidan
  • Buah yang unik ini merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mencegah dari serangan radikal bebas yang menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya.
#Kandungan Protein Tinggi
  • Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk hormon, enzim, dan senyawa lain. Jagalah kadar protein dalam tubuh dengan mengonsumsi secara teratur buah ini.
#Rendah Lemak
  • Terdapat banyak biji-biji kecil dalam buahnya. Rupanya, biji ini merupakan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan karena menurunkan kolesterol baik dan menghilangkan kolesterol jahat.

Begitu banyak keistimewaan buah ini sehingga banyak yang membudidayakannya bahkan banya yang meraih banyak keuntungan dengan buah ini. Awalnya, buah ini diletakkan di antara dua buah patung naga karena dianggap memiliki berkah tersendiri, juga sering dijadikan pelengkap hidangan pada upacara keagamaan orang Tionghoa. Makanya buah ini kemudian dinamakan buah naga. Sebelum kita ulas tentang kegunaan dari buah ini, berikut ini adalah jenis dari buah tersebut.


Varietas Buah

Apa sajakah varietas buah naga?. Mengenal jenis atau varietasnya adalah hal penting untuk membantu Anda menemukan buah dan cara penggunaan serta fungsi yang tepat. Karena tiap jenis, umumnya memiliki kegunaan yang berbeda.

Secara umum, buah tersebut di bagi dalam empat varietas yaitu :

#Selenicereus megalanthus
Buah ini berwarna kuning kulitnya. Dan daging buahnya berwarna putih

#Hylocereus polyrhizus
Buah jenis ini berwarna berwarna merah muda, daging buahnya berwarna merah

#Hylocereus costaricencis
buah ini berwarna merah menyala

#Hylocereus undatus
buah ini berwarna merah bercampur pink, daging buahnya berwarna putih


Manfaat Buah Naga

Buah naga bisa berbuah setelah berumur 11 sampai 17 bulan. Agar buah ini dapat tumbuh dengan baik, harus mendapatkan sinar matahari yang cukup serta ditanam di tanah yang mengandung unsur hara. Tinggi Pohonnya dapat mencapai 3,5 m. buah ini juga mengandung senyawa alami seperti lemak, kalsium, protein, vitamin c, betakaroten dan fosfor .Mengkomsumsinya sangat dianjurkan karena buah ini adalah salah satu buah yang kaya akan kegunaan. Keutamaan buahnya untuk kesehatan sangatlah beragam, 9 diantaranya adalah

1. Sebagai Obat Awet Muda
Buah ini dipercaya mampu membuat seseorang awet muda karena mengandung vitamin C cukup tinggi yang cocok untuk meremajakan kulit. Proses peremajaan kulit dari buah ini bisa dilakukan dengan menerapkannya sebagai masker. Masker buah naga merupakan masker yang sangat baik untuk menjadikan wajah putih, bersih, halus, mulus lembut serta masker ini juga bisa mencerahkan wajah gelap dan kusam. Hal tersebut menjadi keistimewaan tersendiri dari buah ini

2. Menetralisir Gula Darah
Buah naga dapat menetralisir gula darah sehingga mampu menurunkan kolesterol tinggi serta menyembuhkan batuk dan penyakit asma. Kandungan anti oksidan tinggi dimiliki oleh buah ini. Itulah sebabnya buah ini sangat berdampak baik bagi penderita gula darah.

Dari sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa, ekstrak kloroform daun buah  berdaging putih mengandung senyawa pentacyclic triterpene taraxast-20-ene-3a-ol dan taraxast-12,20(30)-dien-3a-ol. Kedua senyawa itu telah terbukti memproteksi sifat lentur pembuluh darah kelinci.

Peneliti memperkirakan keampuhan kedua senyawa itu hampir menyamai troxerutin, salah satu obat pelindung pembuluh darah mikro yang beredar di pasaran. Obat itu berfaedah mengurangi risiko pecahnya pembuluh darah. Hasil uji dari in vitro yang dilakukan oleh Li-chen Wu, peneliti Department of Applied Chemistry, National Chi-Nan University, menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah  berdaging merah berpotensi menghambat pertumbuhan sel tumor B16F10 pada dosis 25mg. Ini membuktikan buah ini tak hanya lezat bila disantap, tetapi juga berfungsi sebagai obat. 


3. Mengobati Diabetes
Penyakit diabetes adalah jenis penyakit mematikan. penyakit ini terjadi karena peningkatan kadar gula darah. karena rasa manisnya yang natural, bukan berasal dari glukosa maka bisa dijadikan pemanis alternatif. Hal ini akan mengurangi sedikit demi sedikit penyakit diabetes yang dialami.

4. Sebagai Obat Terapi Penyembuhan & Penangkal Kanker
Kandungan buah yang dimiliki kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

5. Mencegah Pengapuran Pada Tulang & Osteoporosis
Jumlah kadar kalsium yang tinggi dari buah ini sangat berfungsi untuk mencegah pengapuran tulang dan osteoporosis, sehingga baik juga untuk mengobati nyeri punggung

6. Menjaga Kesehatan Mata
Penting untuk mengkomsumsi buah naga bagi anda yang mengalami tanda-tanda rabun jauh ataupun rabun dekat karena buah ini mengandung beta karoten sehingga mampu mencegah rabun jauh dan rabun dekat

7. Mencegah & Mengurangi Keputihan Bagi Wanita
Buah ini juga sangat berkhasiat untuk masalah keputihan pada wanita. Dimakan langsung atau dibuat sebagai Jus kemudian minum setiap pagi. ini akan memberikan faedah untu mengurangi masalah keputihan

8. Memperbaiki Proses Metabolisme
Komsumsi setiap hari dalam jumlah yang cukup akan memperbaiki proses metabolisme tubuh. Hal ini juga menjadi sangat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh

9. Mencegah Serangan Jantung & Stroke
Dengan mengkonsumsi buah tersebut secara rutin akan menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang berguna bagi tubuh kita. Jika di konsumsi setiap hari dan teratur tentu akan lebih berkhasiat.


Selain sembilan keistimewaan diatas, berikut ini juga mempunyai faedah lain yaitu :
  • Menjaga keseimbangan ion dalam tubuh 
  • Buah Naga Baik untuk kecantikan Kulit
  • Dapat dijadikan sebagai masker
  • Mencegah agar tidak mudah kram
  • Menjaga kelembaban kulit dan menjaga kulit tetap segar
  • Mencegah kelumpuhan pada otot
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Sebagai sumber anti oksidan tinggi
  • Baik untuk orang tua lanjut usia
  • Menjaga kesehatan sistem syaraf
  • Baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri sehingga kita tidak mudah sakit
  • Dapat digunakan untuk membasmi jerawat dan membersihkan flek-flek hitam
  • Mencegah kerapuhan tulang karna memiliki jumlah kalsium sangat tinggi
  • Baik untuk pencernaan dan proses pertumbuhan bayi di atas 1 tahun
  • Menjaga kestabilan sistem peradaran darah
  • Baik untuk meningkatkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui
  • Dapat menjaga kulit wajah agar tetap kencang
  • Ampuh mengatasi panas dalam, tenggorokan kering dan sariawan


Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa sampai saat ini belum ada efek samping dari mengomsumsi jenis buah ini, begitu juga dengan kegunaan lainnya selain dikomsumsi.
Sering-seringlah untuk mengkomsumsinya agar anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dan khasiat buah naga

26 comments