Monday, July 04, 2016

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Mengatasi Diare

Jambu biji atau dengan nama lain jambu klutuk / jambu batu yang dalam bahasa inggris disebut Guava adalah salah satu dari sekian banyak buah tropis yang ada di dunia. Buah berwarna hijau ini berasal dari Negara Brazil dan banyak dikomsumsi karena mengandung anti oksidan yang cukup tinggi.

Buah ini banyak dibudidayakan di Negara kita (Indonesia) karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jambu biji memiliki tekstur kulit yang agak lunak ketika matang, seperti buah–buahan pada umumnya. Salah satu manfaat daun jambu biji adalah untuk emngobati diare, dan pada artikle kali ini, yutips.com akan memberikan cara alami mengobati diare dengan menggunakan daun jambu biji.

manfaat daun jambu biji untuk diare

Daging buahnya berwarna putih dan ada juga yang berwarna merah muda dengan banyak biji didalamnya. Buah ini sangat dianjurkan bagi mereka yang harus menjaga daya tahan tubuh atau kekurangan ion dan vitamin C agar tetap sehat.

Buah ini kaya akan serat dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Jambu biji sangat baik dikomsumsi oleh mereka yang ingin menjaga kesehatan mata agar terhindar dari segala jenis penyakit mata yang bisa diaalami kapan saja. Misalnya rabun mata.

Ada berbagai jenis jambu biji yang dijual di toko buah, supermarket ataupun pasar–pasar tradisional. Salah satunya adalah jambu Bangkok. Jambu biji jenis ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jambu pada umumnya dengan diameter sekitar  11–13 cm .

Pohonnya pun lumayan tinggi, tidak jauh beda dengan pohon waru. Mungkin 4 atau lima meter. Jambu biji juga berwarna hijau kulitnya dan berwarna hijau kekuningan ketika sudah matang dan siap panen.daging buahnya juga sama dengan jambu biji yang sering kita jumpai disekitar kita, yaitu berwarna putih atau berwarna merah muda (pink) ketika matang. Rasanya manis. Jika ingin mengkomsumsi langsung, cocok dikomsumsi pada siang hari saat cuaca panas karena buah ini sangat segar, apalagi jika disimpan dalam lemari es

Manfaat lain dari jambu biji adalah dengan menggunakan daunnya. Daunnya yang berwarna hijau dengan tekstur agak kasar pada bagian bawah serta memiliki ruas tipis, ternyata ampuh untuk mengobati penyakit diare. Namun sebaiknya kita pahami dulu seperti apa penyakit diare itu sendiri.

Diare adalah proses pembuangan feses yang telah berubah menjadi cairan dan terjadi secara berulang–ulang. Bisa 3, 4,  atau beberapa kali dalam sehari disertai rasa sakit pada bagian perut. Penyakit ini dapat dialami oleh semua orang, tetapi paling sering dialami oleh anak–anak, terutama balita.

Diare dapat disebabkan oleh bakteri, komsumsi buah tertentu (misalnya mangga dan pisang dalam jumlah banyak), komsumsi makanan pedas dan bersantan, bermain di tempat kotor atau air tergenang, dan berlebihan dalam komsumsi alkohol.

Seseorang yang diare menjadi dehidrasi parah (kekurangan cairan) yang berujung pada kematian bila tidak ditangani secara serius. 1 hal lagi, penyakit diare juga sangat mudah menular pada orang–orang disekeliling. Selain rasa mulas yang tak kunjung hilang, gejala diare juga biasanya langsung diiringi mual dan muntah serta nyeri pada bagian perut dan punggung.

Jika seseorang diserang diare, biasanya obat yang dikomsumsi adalah oralit dan garam atau teh sepat. Tetapi ada juga obat alami yang cukup ampuh untuk menghentikan diare., yaitu daun jambu biji. Tidak sulit untuk menemukan pohon jambu biji. Masih banyak masyarakat yang menanamnya di kebun atau di pekarangan rumah karena sudah tahu manfaatnya.

Cara mengobati diare dengan daun jambi biji

Dibawah ini merupakan cara meramu daun jambu biji untuk dijadikan sebagai obat diare. Dibagi menjadi 2 bagian, yaitu untuk Anak-anak dan orang dewasa. Ini supaya memastikan dosisnya.
  • Untuk orang dewasa : siapkan 7 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segelas air matang. Cuci bersih daun tersebut dan tumbuk hingga halus. Peras dan saringlah, lalu campurkan dengan air matang, aduk hingga rata. Diminum  sebanyak 2 atau 3 kali sehari 
  • Untuk anak–anak : siapkan 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan ½ gelas air matang. Cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Peras dan saringlah, lalu campurkan dengan air matang, aduk hingga rata. Diminum sebanyak 2 kali sehari (pagi dan sore) lakukan terus hingga diare sembuh 
Itulah beberapa Manfaat daun Jambu biji untuk kesehatan utamanya sebagai obat diare. Semoga bermanfaat